Awas Nyasar, 7 Jalan Ini Punya Rute Paling Ruwet Di Dunia Gan

Buat kamu yang pertama kali tahu persimpangan semanggi yang ada ibukota dengan segala hiruk pikuknya dan kerumitannya, kamu pasti merasa sangat bingung dengan banyaknya rute yang ada. Belum lagi kalau sistem ganjil-genap sedang diberlakukan di beberapa ruas jalan tertentu di ibukota yang apabila kamu sedang mengendarai kendaraan sendiri mungkin saja kamu sudah tersasar jauh dari jalan awal yang akan kamu tuju.

Nah, kalau menurutmu jalanan ibukota Jakarta sudah ramai dan seruwet itu, kira-kira beranikah kamu mengendarai kendaraanmu di jalanan-jalanan yang ada di dunia ini dengan tingkat kerumitan rute yang lebih parah. Berikut ulasan selengkapnya.
 

1. The Judge Harry Pregerson Interchange – Los Angeles, USA



Persimpangan ini merupakan simpang susun yang berada di negara bagian California, Los Angeles, USA.  Rute persimpangan The Judge Harry Pregerson Interchange sebenarnya sudah dibuka pada tahun 1993 dan menghubungkan 2 jalur jalan tol. Jalur tol pertama adalah Glenn M. Anderson Freeway yang menghubungkan  El Segundo, LAX Airport (Bandara Los Angeles dan Norwalk) sedangkan jalur tol kedua adalah Harbor Freeway yang menghubungkan San Pedro dan Los Angeles.

Selain itu, lalu lintas di simpang susun ini memungkinkan untuk dilintasi oleh kendaraan dari semua asal dan keluar menuju segala arah. Tak cukup sampai di situ, simpang susun ini juga menjadi titik jalur transit lalu lintas publik seperti Metro Green Line (kereta api), HOV. MetroExpressLane dan koridor bus Harbor Transitway.

Kalau kamu sudah nonton film La La Land,  kamu pasti taka sing dengan pemandangan di persimpangan ini karena juga dipakai sebagai lokasi syuting adegan pembuka film tersebut, lho.
 

2. Nanpu Bridge Interchange – Shanghai, China



Simpang susun ini berlokasi di Shanghai, China dan  dikenal dengan istilah spiral-bridge karena struktur jalanannya yang berbentuk spiral. Bentuk spiral jalanan ini akan terhubung pada Nanpu Bridge yang berdiri di atas sungai Huangpu. Struktur jalan yang berbentuk spiral dengan menghubungkan beberapa wilayah di distrik Pudong dan Puxi, sehingga pengendara yang melintasi juga dihadapkan pada situasi "roller coaster driving".

Dikarenakan struktur jalan paling rumit di dunia ini seperti lintasan roller coaster dan memungkinkan pengendara "terlempar" pada sisi lain kendaraan mirip saat menaiki roller coaster tergantung dari kecepatan berkendara. Dengan rutenya yang cukup 'mematikan', jadi pengendara yang mau melintasi persimpangan ini harus memiliki konsentrasi tingkat tinggi.
 

3. Expressway 9 and Interchange 6 – Tokyo, Jepang



Sebagai salah satu negara yang memiliki mobilitas tingkat tinggi, tak heran jika Jepang juga mempunyai simpang susun terumit yang mampu dilewati dan menghubungkan cakupan area yang besar yang berada di daerah Tokyo. Jika kamu bukan penduduk lokal, kamu harus siap-siap untuk tersasar karena selain rumitnya jalur keluar-masuk yang ada, seluruh papan nama jalur tertulis dalam bahasa Jepang. Simpang Susun Semanggi di ibukota nggak ada apa-apanya deh kalau dibandingkan dengan salah satu jalan paling rumit di dunia ini.
 

4. Jacksonville Interchange Spiral – Jacksonville, Florida



Persimpangan ini terletak di Jacksonville, negara bagian Florida, Amerika Serikat. Struktur jalanan yang berbentuk spiral serta yang menghubungkan antar wilayah di Florida membuatmu harus ancang-ancang untuk tersasar. Sebab, walaupun pemandangan dari atas persimpangan ini terlihat cantik, namun jalan paling rumit di dunia ini juga lumayan sangat membingungkan.
 

5. Marquette Interchange – Milwaukee, Wisconsin, USA



Saking rumitnya serta banyaknya jalur yang terhubung pada Marquette Interchange, Marquette Interchange bahkan disebut sebagai "Spaghetti Junction" untuk wilayah Wisconsin. Karena kalau diperhatikan, jalanan paling rumit di dunia ini juga rupanya mirip dengan spaghetti yang sering kita makan itu.
 

6. High Five Interchange – Dallas, Texas



High Five Interchange merupakan simpang susun yang terdiri dari 5 tingkat dan berlokasi di Dallas, Texas, Amerika Serikat yang menghubungkan Lyndon B. Johnson Freeway dan Central Expressway. Bukan hanya turis asing, jalanan ini bahkan masih dirasa cukup membingungkan bagi penduduk lokalnya, lho.
 

7. Red Cow Interchange – Dublin, Irlandia



Red Cow Interchange menjadi jalur persimpangan yang menghubungkan jalan M50 dan N7 Road (mengubungkan Limeric dan Dublin) di Irlandia. Kalau di Wisconsin, Amerika Serikat ada Marquette Interchange yang mendapat julukan sebagai "Spaghetti Junction", di Dublin rute inilah yang medapat julukan tersebut karena rumitnya persimpangan yang mereka miliki.

Meski rumit dan membingungkan, tapi sebenarnya persimpangan dengan rute-rute rumit memang sangat membantu karena mereka memiliki banyak jalur yang bisa dituju. Asalkan mengisi kendaraan dengan bahan bakar yang penuh, tak ada salahnya bila tersasar, bukan? Yang penting kita bahkan akan jadi lebih hafal dengan rute jalan tersebut.


Sumber: http://www.mobilipo.com/berita/awas-...uwet-di-dunia/















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel