Cari Mencari Karyawan Yang Tepat Melalui LinkedIn



LinkedIn merupakan media sosial tempat berkumpulnya para professional, di sana mereka berbagi pengalaman ataupun hal-hal lainnya yang mampu meningkatkan professionalitas diri. Namun kini bukan hanya para professional saja yang ada di sana, freshgraduate dan pencari kerja juga ikut bergabung untuk dapat belajar dan berhubungan dengan perusahaan. LinkedIn juga telah berubah menjadi curriculum vitae para penggunanya yang dapat dilihat oleh siapa saja.

Dengan beragam keunggulan tersebut linkedin dapat dimanfaatkan para HR untuk mencari karyawan baru yang berkualitas. Namun anda tidak dapat begitu saja mendapatkan calon karyawan terbaik di likedini. Maka dari itu di sini kami akan memberikan tips cara mencari kandidat karyawan terbaik melalui linkedIn. Mari kita simak tips-tips berikut ini.

1. Perbanyak koneksi
Dengan selalu memperbanyak koneksi ataupun teman di LinkedIn, itu artinya anda akan lebih banyak berpeluang menemukan kandidat yang akan anda jadikan calon karyawan. Hal ini karena anda akan melihat banyak orang di dalam linkedin dengan beragam karakter, sehingga anda dapat mengetahui siapa yang lebih berkualitas dan cocok untuk jadi kandidat karyawan di perusahaan anda.

Saat anda memiliki koneksi yang banyak, ini akan meningkatkan nilai personal branding anda menjadi lebih baik. Dengan banyaknya koneksi, orang akan lebih percaya jika anda adalah sosok yang professional dan dapat di percaya. Sehingga ketika anda menawarkan pekerjaan, maka akan banyak yang menanggapinya. Selain dengan koneksi yang banyak, anda juga perlu membuat profil linkedin anda tampak lebih menarik untuk memikat banyak orang.

2. Mencantumkan tulisan "we're hiring" di profile anda
Ini merupakan salah satu tips paling jitu untuk menarik perhatian banyak orang.  Coba anda tuliskan kata-kata "We're hiring" dalam profil, hal ini akan menandakan anda sedang mencarai ataupun merekrut karyawan baru. Bahkan dengan adanya tulisan ini, orang-orang akan menghubungi anda untuk menanyakan untuk posisi apa yang sedang di cari. Karena orang-orang yang menghubungi anda, maka dengan kata lain anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempublikasikan tentang lowongan pekerjaan.

3. Kirim Pesan langsung kepada kandidat berpotensi
Layaknya sosial media, Linkedin ini juga dapat digunakan untuk mengirim pesan langsung seperti chat.  Maka dari itu, jika anda tertarik dengan salah satu koneksi di linkedin, anda dapat menghubunginya langsung untuk menawarkan pekerjaan bagi dirinya. Sehingga anda dapat langsung mengetahui tanggapan secara langsung atas tawaran yang di kirimkan. Uniknya lagi, selain dapat menghubungi secara langsung, anda juga dapat menghubungi via email pribadi kandidat jika anda telah menggunakan fitur premium linkedin. Jika mereka minat anda juga dapat menggunakan software HR yang mampu digunakan untuk interview kandidat.

4. Aktif share, like atau memberikan komentar
Memberikan like dan komentar merupakan sarana awal untuk menjalin hubungan dan komunikasi pada network linkedin anda. Di linkedIn, apapun yang anda like dan komentar, akan dapat di ketahui oleh network anda. Sehingga network anda dapat memahami lebih jauh kepribadian anda melalui apa yang di like dan koemntar. Selain itu dengan anda mengshare sesuatu di linkedin, maka apabila ada yang like dan kometar, semua network yang di miliki network anda juga akan mengetahuinya.
Dengan menerapkan 4 tips di atas, sekarang anda tidak perlu lagi bergantung pada portal kerja untuk mencari kandidat calon karyawan. Apalagi di linkedin, kita dapat mengetahui kepribadian dan karakter kandidat dengan lebih nyata di bandingkan sekedar melihat dari CV mereka.

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel