Mau Jadi HRD Handal ? Baca dulu Kisah Inspiratif dari para HR Profesional

Semakin banyak jumlah karyawan di perusahaan Anda, kebutuhan akan HRD yang handal menjadi semakin urgent. Hal ini dikarenakan produktifitas akan meningkat ketika memiliki karyawan yang berkompeten. Divisi Human Resources-lah yang bertugas menemukan dan memoles aset manusia di dalam perusahaan.

Anda harus terus belajar agar bisa menjadi HR profesional yang cemerlang. Kinerja Anda sedikit-banyak akan mempengaruhi stabilitas perusahaan, karena Anda harus mampu memotivasi karyawan agar loyal pada pekerjaannya. Tokoh HR berikut telah berhasil membawa perusahaan tempat mereka bekerja, bersaing, dan mengelola karyawan yang efektif dan efisien. Mereka merupakan contoh dari best practice HR di Indonesia, berikut profil singkat mereka:



1. Josef Bataona
30 tahun lebih malang melintang dunia SDM, Josef Bataona membuktikan bahwa manajemen SDM yang bagus akan membuat karyawan menjadi betah dan loyal kepada perusahaan. Karena ia sendiri telah menghabiskan 31 tahun di perusahaan yang sama yaitu Unilever Indonesia sebelum berpindah ke Danamon dan akhirnya bertambat di Indofood sebagai Direktur SDM.


Pengalaman yang dimiliki oleh Josef tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia sudah menulis buku berjudul #Curhat Staff dan juga masuk ke jajaran orang terpenting di bidang HR. Pria berkacamata ini juga tidak pernah bosan memotivasi karyawan agar meniti karir hingga maksimal.


2. Herdy Rosadi Harman
Pada tahun 2016, Herdy Rosadi Harman meraih Chief Officer Terbaik (Best CHCO) pada ajang BUMN Leaders Award 2016 yang diselenggarakan oleh IPMI International Business School. Sebuah penghargaan bergengsi yang menjadi bukti bahwa kinerjanya selama ini membuahkan hasil manis. Sebagai perusahaan BUMN, tantangan adalah memberikan pelatihan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan dalam rangka menunjang peningkatan kinerja agar maksimal.


Hal tersebut memang menjadi pekerjaan rumah bagi Divisi SDM: bagaimana agar karyawan memiliki semangat tinggi dan produktivitas yang maksimal. Anda bisa melakukan sendiri pelatihan HR gratis di Jakarta sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk karyawan perusahaan agar dapat berkembang seperti yang dilakukan okleh Herdy Rosadi Harman.

3. Ripy Mangkosoebroto
Perempuan yang murah senyum ini membawa perubahan besar-besaran ke dalam kantor Indosat Ooredoo beberapa tahun lalu. Apa saja yang dilakukan oleh seorang Ripy Mangkoesobroto? Mulai dari merombak suasana kantor dari yang semula kaku menjadi lebih enerjik; dengan cara menghilangkan sekat kubikel. Hal ini jelas mempermudah alur komunikasi di antara tim kerja. Selain itu, perubahan yang paling kentara dari Indosat adalah pergantian logo, yang merupakan inisiatif darinya.

Karir HR Ibu Ripy melalui proses yang panjang. Dimulai dari menjadi manajer pada Divisi Learning and Development, alumni Jurusan Psikologi Universitas Indonesia ini turut belajar tentang bisnis agar dapat membuat kebijakan yang seimbang antara perusahaan dan pekerja. Minatnya yang luar biasa terhadap bidang ini membuat setiap pekerjaan yang dilakukannya benar-benar total. Sebuah pelajaran yang bisa diambil dari Ibu Ripy adalah, ia tak segan melakukan observasi dan pendekatan setiap harinya, agar para karyawan nyaman dan semakin semangat berkarya.


Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel