6 Cara Merancang Identitas Brand untuk Kamu para Fashion Designer

Halo agan-sista
:cool

Ada agan-sista yang punya bisnis fashion gak nih? Ingin mengembangkan bisnis fashion lebih serius? Jika iya, kamu harus memiliki brand untuk produk hasil design-mu. Bingung menentukan brand fashion kamu akan seperti apa? Gak tau harus mulai dari mana? Cek thread ini sampai selesai, yuk!

1. Tentukan Design Style-mu Seperti Apa

Yang pertama kali perlu kamu lakukan adalah mengenali "barang dagangan"-mu sendiri. Apa sih yang kamu tawarkan kepada masyarakat sebagai calon konsumenmu. Tentunya kamu harus memiliki produk yang jelas. Jangan menawarkan banyak produk dengan jenis dan style yang terlalu luas. Tentukan spesialisasimu apa. Misalnya, kamu khusus melayani pembuatan kebaya, atau tuxedo, atau menjual produk daily wear berpotongan simple, dll.


2. Tentukan Target/Segmen Brand Kamu

Tentukan juga sasaran dari brand kamu ini siapa saja. Pikirkan usianya, jenis kelaminnya, pendapat rata-rata perbulannya, hingga selera berpakaiannya. Ini akan mempermudah kamu dalam menciptakan brand. Misalnya, jika target brand kamu adalah perempuan muda dengan kemampuan ekonomi menengah, maka hindari menciptakan brand yang mewah dan justru terkesan mahal sehingga tampak lebih cocok untuk ibu-ibu sosialita.

3. Tetapkan Misi dari Brand Kamu

Jika sudah jelas produk dan targetmu seperti apa, selanjutnya adalah menentukan misi dari brand kamu. Apakah kamu ingin membantu orang-orang ber-budget terbatas untuk tampil fashionable dan percaya diri, atau membantu mewujudkan dongeng manis para calon pengantin, atau mungkin menawarkan orang-orang untuk tampil sesuai style distinctive mereka masing-masing.

4. Tentukan Karakter Brand Kamu

Tentukan karakter brand kamu seperti apa. Misalnya, kamu ingin brand-mu dikenal sebagai spesialis pembuat kebaya yang mewah dan terbatas, spesialis busana muslim yang sederhana tapi nyaman, spesialis daily wear lelaki yang simple dan macho, dll.
 
5. Buat Logo dan Tagline yang Sesuai

Jika sudah jelas semuanya, barulah kamu bisa membuat logo beserta  tagline yang sesuai dan menggambarkan brand kamu. Kamu bisa meminta bantuan graphic designer untuk mendapatkan logo yang kamu inginkan sekaligus berkonsultasi soal nilai dari tampilan visual logo brand kamu.
 
6. Pahami Distinction Brand Kamu
Semuanya sudah selesai? Belum dong. Kamu perlu memahami distinction alias keunikan dari brand kamu agar mudah mengkomunikasikannya pada konsumen ataupun rekan kerja. Kamu bisa membuat semacam profil singkat dari brand kamu agar karakternya melekat, at least di benakmu dulu.
 
Itulah 6 cara merancang brand yang perlu kamu ketahui jika memiliki fashion dalam fashion design.  Kamu juga bisa mengikuti kegiatan seperti pelatihan atau seminar seputar fashion untuk memperdalam ilmu fashion business-mu, termasuk mempelajari cara merancang brand. Contohnya kegiatan DCODE Fashion Mentorship Program yang sempat digelar beberapa waktu lalu, sebuah program di mana para fashion designer muda yang terpilih bisa mengikuti mentorship dari 5 fashion designer tanah air yang sudah sukses dan profesional. Kamu bisa cek instagram @dcode.id untuk mengetahui kelanjutan kegiatan mereka, atau siapa tau ada Mentorship Program selanjutnya dan kamu bisa ikutan.


Segitu dulu thread-nya ya, gansis. Makasih buat yang udah nyimak thread ini. Yang mau komen, rate 5,atau cendolin, ane tunggu :toast

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel