Xilinshui, Desa QR Code di Provinsi Hebei, China

Quick Response Code atau disingkat QR Code adalah teknologi perkembangan dari barcode yang membaca data yang tersimpan pada gambar kotak berwarna hitam dan putih dan data yang dibaca biasanya berupa URL atau informasi lain yang nantinya dipindai melalui kamera pada smartphone .

Sebagai Negara dengan penduduk terpadat di dunia, China merupakan negara pengguna teknologi QR Code terbesar dimana kegiatan ekonomo,  bahkan aktivitas perokonomian masyarakat sudah menggunakan QR code sebagai transaksi pembayaran mereka dan sistem ini sudah berlaku hingga ke pasar tradisional.

Desa bernama Xilinshui yang terdapat di provinsi Hebei, China memiliki taman labirin yang jika dilihat dari atas terlihat seperti QR Code. Hal itu bertujuan untuk mengingatkan pengetahuan warga Xilinshui akan teknologi QR Code yang sudah familiar bagi masyarakat Xilinshui

Dikutip dari media BBC, QR Code tersebut terbuat dari 130.000 pohon juniper China dan bisa dipindai dari ketinggian dengan menggunakan ponsel.

Tidak diketahui dengan jelas berapa ketinggian yang dibutuhkan seseorang untuk dapat memindai QR Code itu namun seorang pengunjung berhasil memindainya dan hasilnya diarahkan kea kun pariwisata desa melalui WeChat, salah satu platform obrolan dan sosial media terkenal di China.

Menurut laporan South China Morning Post, kode tersebut memiliki panjang masing-masing sisi 227 meter dan tinggi pohonnya berkisar antara 80 cm hingga 2,5 m.

Pada tahun 2015, Xilinshui dinobatkan sebagai desa terindah di Hebei dan atas penghargaan itu, Xilinshui menerima hibah pembangunan dari pemerintah China.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel