5 fakta rahasia penerbangan
Friday, July 20, 2018

Quote:

Quote:

Quote:
Masing-masing profesi punya rahasia yang tak boleh dibocorkan pada pihak lain, tak terkecuali para penerbang atau pilot
Meski saat ini pesawat menjadi alat transportasi andalan untuk mengangkut jutaan manusia tiap tahunnya, dunia penerbangan terus diselubungi misteri.
tak banyak orang yang tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam kokpit selama penerbangan, apalagi soal kode-kode rahasia yang digunakan para pilot dan awak kabin di dalam pesawat.
Berikut adalah 5 rahasia tentang penerbangan
Meski saat ini pesawat menjadi alat transportasi andalan untuk mengangkut jutaan manusia tiap tahunnya, dunia penerbangan terus diselubungi misteri.
tak banyak orang yang tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam kokpit selama penerbangan, apalagi soal kode-kode rahasia yang digunakan para pilot dan awak kabin di dalam pesawat.
Berikut adalah 5 rahasia tentang penerbangan
1. Suhu Kabin
Quote:

Ada alasan di mengapa suhu di dalam kabin pesawat selalu dingin, tak peduli iklim atau lokasi di mana pesawat terbang beroperasi.
Berdasarkan penelitian, ada keterkaitan antara temperatur, tekanan, dan risiko kehilangan kesadaran akibat hipoksia di dalam penerbangan. Selain peningkatan risiko pingsan, menjaga suhu kabin tetap rendah juga untuk menghindari dehidrasi.
Udara dalam kabin pesawat pun sudah kering. Jadi, kalau suhunya lebih hangat, semakin bertambahlah dehidrasi yang dialami para penumpang sehingga mereka bisa mual dan pusing.
Jadi, pakailah pakaian hangat selama penerbangan.
2. Pintu Anti Peluru
Quote:

Benar bahwa pilot dilindungi pintu antipeluru dengan kode khusus untuk membukanya.
Untuk mengecek kondisi para pilot, pramugari akan berkomunikasi dengan para penerbang lewat telepon.
Komunikasi tersebut harus dilakukan setiap 40 menit pada siang hari dan tiap 20 menit di malam hari.
3. Lampu Redup Saat Pendaratan
Quote:

Lampu pesawat akan diredupkan saat lepas landas dan mendarat. Ternyata, ada alasan di balik itu.
Hal tersebut adalah bagian dari prosedur keamanan yang mungkin bisa menyelamatkan nyawa para penumpang.
Meredupkan lampu kabin dan menutup jendela sebelum pesawat menurun dimaksudkan untuk mempersiapkan para penumpang untuk menemukan jalan ke pintu darurat, terutama untuk menemukan rambu-rambu menuju pintu darurat yang sengaja dibuat terang di lorong kapal terbang.
4. Masker Oksigen
Quote:

Oksigen di dalam masker ternyata hanya cukup untuk seperempat jam saja alias 15 menit. Tapi, jangan buru-buru panik!
Lima belas menit adalah waktu yang cukup bagi pilot untuk mengarahkan pesawat ke ketinggian yang lebih rendah, di mana para penumpang dapat bernapas normal.
5. Hard Landing
Quote:

Saat mengalami pendaratan kasar (hard landing) di tengah cuaca buruk, bisa jadi itu bukan lantara pilot kurang pengalaman.
Faktanya, dalam sejumlah kasus, mereka sengaja melakukannya. Jika landasan dalam kondisi tergenang air, pesawat harus didaratkan secara keras untuk 'memecah' lapisan air untuk menghindari terjadinya aquaplaning atau terpeleset saat landasan basah.
:malu::malu::malu::malu::haijangan lupa mampir dan sub channel kami di http://www.youtube.com/kicktheclip:hai:malu::malu::malu::malu: