BI Sebut QR Code Metode Pembayaran Praktis


Bank Indonesia (BI) sedang menggodok standar sistem pembayaran berbasis kode respon cepat atau QR Code agar seluruh penyelenggaraan bisa saling terhubung. Dengan melakukan standarisasi diharapkan level tingkat kemudahan dan kenyamanan pengguna bisa tercapai


Kepala Departemen Sistem Pembayaran BI Onny Wijanarko mengatakan bahwa implementasi QR Code yang terstandarisasi diharapkan dapat meningkatkan efesiensi dalam sistem pembayaran

Dilansir dari media Bisnis.com, Onny Wijanarko mengatakan bahwa penggunaan QR Code tidak memerlukan ongkos pemeliharaan atau alat khusus seperti halnya mesin Electronic Data Capture (EDC) ataupun Payment Online System (POS)

BI optimistis sistem pembayaran berbasis QR code bisa dipakai hingga ke wilayah pelosok, bukan hanya di kota besar seperti Jakarta. Pasalnya, beberapa prakondisi yang ada sangat mendukung penerapan QR code di berbagai wilayah terutama di level bawah baik di kota dan di desa.

Salah satunya adalah penetrasi ponsel pintar yang cukup tinggi dan ketentuan pemerintah sudah ada terkait simcard wajib. Selain itu, tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi, user experience dan belum adanya pemain yang mendominasi membuat peluang penetrasi QR code lebih terbuka.
 
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel