Bangladesh, Mayoritas Islam Terbesar Ke 3 di Dunia , Larang aktivitas Dakwah

Bangladesh, Mayoritas Islam Terbesar Ke 3 di Dunia , Larang aktivitas Dakwah di Negeri itu

Redaksi – Jumat, 14 Maret 2014 08:35 WIB

?Da`wah adalah  bagian dari setiap tugas Muslim terhadap imannya , ulama Muslim Bangladesh serukan umat muslim untuk tetap melanjutkan da`wah kepada Allah  di negara Asia timur selatan itu , seruan ini sebagai respon adanya larangan dari  pemerintah sekuler Bangladesh yang  mengambil  kekuasaan sejak  tahun 2009 .

" Saya dahulu  mengajar ratusan jamaah ' Waj Mahfil ' di seluruh Bangladesh setiap tahun . Ribuan orang diajarkan tentang Islam dan ajaran Islam , nilai-nilai Islam melalui ' Waj Mahfil ' ( konferensi Dawah ) , " ujar Maulana Abdus Sobhan , presiden Jamiatul mufassirin Bangladesh , sebuah organisasi mufassirin.

" Tapi hampir 95 persen jamaah ' Waj Mahfil ' dihentikan karena adanya pembatasan dakwah oleh pemerintah selama beberapa tahun terakhir , " tambahnya .

Sejak beberapa dekade yang lalu , da`wah  berkembang di Bangladesh di mana pertemuan massa ( dikenal sebagai Waj Mahfil ) yang dihadiri oleh ribuan Muslim  untuk mendapatkan bimbingan  Islam , nilai-nilai Islam dan spiritual.

Situasi telah berubah menjadi  sekuler setelah partai politik Liga Awami Bangladesh mengambil kekuasaan pada Januari 2009 , memutuskan untuk menghentikan kegiatan  da`wah di masjid-masjid di seluruh negeri .

" Karena pembatasan pemerintah , kita tidak lagi adakan pengajian yang lamanya  5 hari kajian  ' Waj Mahfil ' di Chitagong sejak tahun 2007 , " ujar Nasir Uddin Ahmad Chowdhury , sekretaris Islami Samaj Kalayn Parisad Chitagong ( Dewan Kesejahteraan Sosial Islam Chitagong ).

" pemerintahan lokal dan polisi tidak mengizinkan diselenggarakannya kajian ' Waj Mahfil ' sejak tahun 2007 , " ujar Faruque Ahmad Sahin , sekretaris kantor dewan tersebut.

Seiring dengan larangan kegiatan da`wah  , banyak ulama  menuduh pemerintah Bangladesh telah memenjarakan ratusan ulama dan da'i .

Maulana Abdus Sobhan , seorang ulama Islam , menambahkan bahwa ratusan Ulama dan khotib  ditangkap oleh pemerintah sekuler selama lima tahun terakhir .

Bangladesh adalah negara terbesar ketiga di dunia dengan  mayoritas Muslim dengan populasi sekitar 148 juta .

Saat ini pemerintah Liga Awami memang diduga melakukan  " de – islamisasi " negara dan mengubahnya menjadi sebuah negara sekuler . (OI.net/KH)

https://m.eramuslim.com/berita/dunia...negeri-itu.htm

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel