Facebook Siarkan La Liga Secara Gratis di India, Indonesia Kapan?



Raksasa media sosial, Facebook akan menyiarkan liga utama Spanyol atau La Loga secara langsung di India dan negara Asia Selatan lainnya secara gratis.

Diumumkan Selasa (14/8/2018), Facebook dan La Liga menyepakati perjanjian tiga musim untuk membawa sepak bola ke delapan negara di benua India: Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Maladewa, Sri Lanka dan Pakistan. Pertandingan pertama dimulai pada hari Jumat.

Presiden La Liga Javier Tebas memuji perjanjian itu sebagai kemenangan bagi penggemar sepak bola India :

"La Liga menetapkan standar untuk sepakbola di dunia dan kami senang lebih banyak orang yang akan memiliki kesempatan untuk menonton pertandingan kami secara langsung dan gratis melalui Facebook di wilayah ini."

Terobosan ini diambil Facebook untuk membayar kesalahan di masa lalu. Pada 2015, Facebook meluncurkan produk yang setahun kemudian disetop pemerintah India.

Demografi India tetap menarik, mencakup pasar konsumen lebih dari 1,3 miliar orang. Hal ini juga diharapkan menjadi ekonomi utama yang tumbuh paling cepat di dunia tahun ini.

Facebook memiliki 348 juta pengguna di sub-benua India. India juga merupakan salah satu basis pengguna terbesarnya, dengan 270 juta mendaftar ke jejaring sosial ini. Negara ini juga pasar smartphone yang tumbuh paling cepat di dunia.

Peter Hutton, Kepala Facebook dari Global Live Sports Programming mengatakan La Liga adalah rumah bagi dua klub olahraga yang paling banyak diikuti di Facebook, yakni Real Madrid dan FC Barcelona, menambahkan bahwa "La Liga memiliki kehadiran global yang besar di platform kami."

Bertambahnya penggemar sepak bola India juga bisa meningkatkan pendapatan La Liga. Sepak bola domestik di India masih dalam tahap awal. Facebook dan La Liga belum mengungkapkan nilai bisnis dari kesepakatan itu. Namun, menurut Reuters, pemegang hak sebelumnya Sony Pictures Network membayar US$ 32 juta yang dilaporkan untuk menyiarkan La Liga di wilayah antara 2014 dan 2018.

Pengumuman itu menandai perjanjian siaran pertama La Liga dengan platform media sosial. Facebook, untuk bagiannya, telah merambah ke ruang siaran olahraga. Jejaring sosial telah menyaring Major League Baseball di AS.

Ini bukan satu-satunya platform media sosial yang merambah bisnis menonton olahraga, strategi ini digunakan agar pengguna tak pindah. Amazon akan menyiarkan 20 pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris musim depan melalui layanan berlangganan Prime-nya. Ini hanya akan tersedia secara online.

Tapi, kemampuan Facebook untuk memonetisasi bisnis baru di anak benua India menimbulkan tanda tanya untuk Elisavet Manoli, seorang dosen pemasaran dan komunikasi olahraga di Loughborough University di Inggris. Dia menunjukkan bahwa pertandingan yang akan ditampilkan di anak benua India akan diiklankan secara gratis.

"Facebook bukan layanan berlangganan, tetap harus dilihat bagaimana investasi ini akan terbayar," tulisnya dalam catatan pada hari Selasa.


LA LIGA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel