#AslinyaLo, sebenarnya seorang Introvert






           Perkembangan system(kurikulum) di dalam  pendidikan di Indonesia juga menuntut perubahan kepada tenaga pengajar atau pun murid disekolah. Seperti diberlakukannya  kurikulum 2013 untuk sekolah Dasar hingga sekolah menenggah atas, salah satu yang cukup mencolok dalam kurikulum ini adalah mengharuskaskan atau menuntuk siswa untuk berani belajar berbicara di depan atau menjadi lebih aktif. Beberapa aspek yang dirubah dari kurikulum sebelumnya yang berhubungan dengan hal tersebut yang dilakukan di kurikulum 2013 adalah, mengubah system pembelajaran yang semula terfokus kepada guru kini lebih ke Murid, yang semula pembelajaran berjalan secara satu arah kini murid dan guru harus saling berinteraksi (berjalan dua arah).  Beberapa upaya untuk menjalankan hal-hal tersebut melalui Presentasi,diskusi, bertanya.


            Hal ini pun masih sempat saya rasakan saat masih SMA hingga kuliah saat ini, seperti presentasi bertanya, diskusi  dan lain-lainnya, Banyak yang mengira bahwa saya adalah sorang yang cukup berani dan percaya diri untuk berbicara di depan, hal tersebut mungkin dikarenakan mereka melihat saya cukup lancar dan tidak terbata-bata saat berbicara di depan, namun sebenarnya hal tersebut tidak semuanya benar dan seperti yang mereka lihat, Karena nyatanya saya adalah seorang yang Introven lebih suka di tempat-tempat sepi malas berada di kerumunan dan yang paling jarang orang lain ketahui adalah bahwa saya seorang yang cukup pemalu dan sangat grogi.  Untuk hal-hal yang berhubungan dengan presentasi, diskusi atau yang berhubungan dengan orang banyak (public) saya terlebih dahulu berlatih berkali-kali mulai dari menyusun apa yang ingin saya bicarakan saat resentasi, menghafalkannya, memahaminya hingga berlatih dengan cara berbicara sendiri dikamar seolah-olah saya sedang presentasi hal inilah yang menyebabkan saya terlihat berani berbicara di depan namun nyatanya saya sangat lah pemalu dan grogi. Maka karena itu setiap pulang kuliah saya lebih sering pulang karena untuk mempersiapkan presentasi-presentasi dan apa yang harus saya bicarakan saat berbicara di depan.


       Itulah sedikit tentang diri saya dimana Sistem pendidikan dapat merubah pandangan orang tentang diri saya yang sebenarnya.



Gan jangan lupa

:rate5:cendolgan:sup2

 dan jangan lupa comen, betapa sepinya thread ini tampa comen ente-ente semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel