7 Hal Berbahaya Yang Membuat Seseorang Dipecat Dari Perusahaan
Wednesday, October 24, 2018
Tak jarang sering kita dengar si fulan atau si ini dan si itu dipecat dari tempat ia bekerja, nah banyak sekali faktor yang mempengaruhi sehingga jatuhnya surat keputusan untuk seorang karyawan dipecat. Pokoknya banyak deh alasan untuk karyawan dipecat dari alasan yang rasional sampai alasan yang paling aneh bin tidak rasional.
1. Sifat malas yang terus dipelihara
Kata orang kambing baru dipelihara, kalau sifat malas jangan dipelihara nanti bisa beranak sifat-sifat negatif dari rasa malas yang terus dipelihara. Nah sifat malas ini didaerah atau negara manapun pastinya bukan sesuatu yang baik untuk perkembangan sebuah perusahaan, dan bukan hal yang baik untuk dipertahankan, jadi wajar kalau seseorang diberhentikan dari pekerjaannya karena malas. Contohnya hari ini masuk kerja, besok udah alpa lagi, bos mana yang bisa tahan dengan karyawan seperti ini, dikasih surat teguran rajinnya satu minggu doang, sampai akhirnya bossnya juga jadi ikut malas menegur secara lisan maupun tulisan ya sudah kalau udah seperti itu surat pemecatanlah yang berbicara. Semoga kita agan semua yang membaca thread ini tidak termasuk orang malas bekerja, apa sich manfaat jadi orang malas???
2. Suka membangkang kepada pimpinan
[img]file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg[/img]
Nah kalau diatas tadi dibahas mengenai sifat malas yang dipelihara, yang kedua ini sifat seorang karyawan yang tidak patut dicontohi apalagi diamalkan dalam kehidupan dunia kerja, karena kalau diamalkan ane yakin pasti tidak akan dapat bertahan lama ditempat kerja malah sudah dikasih angpao berupa surat pemecatan. Apalah artinya rajin masuk kerja, tapi keseringan membangkang kepada pimpinan. Contoh : pimpinan nyuruhnya bikin SK malah si karyawan asyik main Hp, sampai pimpinan suruh bikin SK pemecatannya untuk dirinya sendiri malah pembangkangannya makin menjadi-jadi, ya iyalah siapa juga yang mau bikin surat pemberhentian kerja untuk dirinya hehehehehehe
3. Sok tahu dan sok pintar
[img]file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.jpg[/img]
Inilah salah satu sifat yang paling menjengkelkan dimuka bumi ini, tapi memang ada didunia kerja. Ada karyawan yang seolah dia juga maha tahu, mau nyaingi Tuhan kayaknya. Apa saja yang dibahas karyawan lain pastinya dia juga ikut campur dan bilang "Oh iya itu gampang saja, saya tahu itu caranya" tapi ketika dikasih tanggung jawab malah tak bisa bikin apa-apa, besok-besoknya begitu lagi dikasih tanggung jawab malah kabur. Karyawan yang sok tahu dan sok pintar biasanya suka bikin malu diri sendiri dan dampaknya membuat orang lain menjauh darinya, moga saja kita semua terhindar jauh dari sifat buruk yang seperti ini.
4. Kurang ahli dibidangnya
[img]file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg[/img]
Kadang-kadang seseorang dipecat atau dimutasi dari pekerjaanya kareng kurangnya pengetahuan orang tersebut tentang pekerjaan yang ditangani, sehingga pekerjaannya jadi menumpuk dan mengganggu proses berkembangnya perusahaan. Biasanya efek dari kurangya keahlian dalam bidang yang ditangani membuat pegawai atau karyawan jadi malas karena terbebani dengan banyak kerjaan yang tidak bisa diselesaikan, nah biasanya karyawan seperti ini akan dievaluasi, setelah dievaluasi dan ternyata hasilnya nihil, maka tak lama kemudian surat yang bikin dada berkeringat akan muncul yaitu surat pemberhentian. Jadi kalau mau melamar kerjaan usahakan kita ahli dalam bidang yang kita lamar biar karir kita juga bagus dalam dunia kerja.
5. Sering Keluar Temapt Kerja Dijam Kerja
[img]file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image005.jpg[/img]
Seorang karyawan sejatinya selalu berada ditempat kerja selama jam kerja, namun ada sebagian karyawan yang memang hobinya datang ke tempat kerja hanya untuk absen doang, setelah itu hilang entah kemana, akhirnya pelayanan didalam kantor pun jadi terlambat dan membebani karyawan yang lain. Nah kalau sudah seperti ini biasanya seorang pegawai akan dipecat secara tidak terhormat.
Jangan sampai kita makan gaji buta hanya karena sering keluar dijam kerja sehingga karyawan lainnya yang harus menyelesaikan pekerjaan kita sementara setiap bulan dengan enak kita terima gaji.
6. Ngerumpi atau bergosip dijam kerja
[img]file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg[/img]
Kalau ini ane sendiri sering menyaksikan kelakuan karyawan yang sering ngumpul-ngumpul dijam kerja hanya untuk membahas aib karyawan yang lain atau ngomongin hal – hal yang tidak ada manfaatnya. Sikap yang seperti ini tentunya mengganggu karyawan lain yang sedang bekerja, tak jarang sikap seperti ini membuat karyawan lain menjadi tersinggung dan marah akhirnya terjadilah adu mulut berujung adu jotos, ya sudah kalau sudah seperti ini seorang pegawai yang memang sudah sering kedapatan ngumpul-ngumpul untuk hanya bergosip tak akan dipertahankan. Yang lebih gilanya lagi ada karyawan yang sering ngegosipin dan memfitnah pimpinannya. Yang kayak gini tinggal nunggu aja kapan ketahuan pimpinan, maka pemecatan adalah win-win solution.
Gosip dan memfitnah tidak ada manfaatnya dan bahayanya amat jelas, tinggalkan yang tidak baik biar hidup lebih baik.
7. Hobi menyalahkan orang lain
[img]file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image007.jpg[/img]
Ada dari kalangan kita sebagian manusia memang seakan hadirnya dia di dunia ini untuk menyalahkan orang lain, ketika ia membuat kesalahan yang dicari bukan solusinya malah ia berusaha sebaik mungkin untuk mengkambing hitamkan karyawan lain. Memag aneh, namun memang didunia kerja ada saja karyawan yang seperti ini dan biasanya karyawan seperti ini suka mengklaim kesuksesan orang lain sebagai kesuksesannya di depan pimpinan apalagi kalau tidak ada orang lain selain ia dan pimpinan ouuuuuuu.... kiamatlah dunia ini dibuatnya.
Dalam bekerja diutamakan kejujuran, buang jauh-jauh sifat munafik dan suka menyalahkan rang lain. Yakinlah bahwa sifat seperti itu tidak akan membantu perkembangan untuk lebih baik.