Kritik Pendidikan Indonesia dari Seorang Rakyat Jelata
Saya lulusan SMA tahun ini, selama dua belas tahun belajar, saya punya pendapat yang saya ingin utarakan namun takut karena dianggap saya masih bocah ingusan, walaupun realitanya benar, saya masih bocah ingusan, trit ini bisa dibilang kritik sistem pendidikan indonesia dari sudut pandang pelajarnya sendiri.
Sumber : tzuchi.or.id
Sebelum saya bahas permasalahan-permasalahan yang sudah ada di Indonesia sejak jaman dulu, atau mungkin belum lama. Trit ini murni opini saya, saya gak ada niatan menggurui atau malah terkesan memaksa sistem pendidikan indonesia harus begini atau begitu. Kalau agan-agan gak setuju, atau punya pendapat yang mungkin kontra sama ane, bisa di reply trit ini :D .
Ane cuma mau bahas beberapa poin-poin yang menurut ane paling biasa menurut masyarakat tapi sebenarnya gak biasa.
Quote:
1. Belajar cuma buat lulus dan cari nilai
Quote:
Ini poin yang ane rasa paling universal, dari SD, SMP dan SMA, siapa yang gak mau punya nilai bagus, ane juga mau, orang lain juga, tapi yang bikin ane miris, dari pihak siswa, guru, bahkan orang tua, kadang gak peduli apa yang sudah dipelajari, coba deh agan kalo ditanya tentang ulangan, sebagian besar orang tua biasanya cuma lihat nilai, dan orang tua juga gak salah, mungkin mereka udah capek abis kerja, jadi gak mau mengungkit lebih dalaem tentang hasil belajar anaknya.
Dari persepsi siswanya sendiri, yang namanya prestige, gengsi pasti kalau dapet nilai jelek malu, dan daripada dapet nilai jelek mending nyontek aja, toh semua orang kaya gitu kan?, mereka berpikir dengan logika banyak orang yang ngelakuin kok, apa salahnya gak ikutan, apalagi kalo remaja, yang masa-masanya cari temen, mereka gak mau bikin musuh, daripada dimusuhin dengan alesan pelit, atau sombong, mending ikutan. Jadi? yang buat budaya nyontek meraja lela bukan karena moral siswa jelek , tapi karena emang peer pressure dari teman lain, dengan alesan kompak dan solid.
Sumber : Hipwee.com
Dan ini yang ane amatin sejak masuk SMA, mayoritas siswa siswi yang belajar di kelas, kadang gak peduli sama apa yang di ajarin Bapak/Ibu Guru di dean kelas, pinginnya cepet istirahat, cepet pulang, gimana ane bisa tahu? Karena ane ngerasain, sebelum ane ngerubah paradigma ane yang ngikutin arus, ane juga pernah nyontek, dan alesan ane bukan karena ane takut nilai jelek tapi takut gak punya temen.
Belajar buat nilai, tanpa tahu apa yang kita pelajarin itu bahaya, gak semua siswa Indonesia kayak gini, tapi mayoritas iya, dan semua ini cuma ngikutin arus, "Belajar yang benar, biar nanti dapet kerja yang bagus." Gak ada yang salah sama kutipan itu, cuma menurut ane melenceng aja dari arti belajar sendiri.
Kalo orang yang disuruh belajar atas dasar terpaksa bukan karena motivasinya sendiri, pasti susah, kalopun dia tahu apa yang dia pelajarin, itu un sekedar tempelan doang, gak tahu apa arti kalimat yang dipelajarin.
Jatuhnya nanti malah rote learning, atau asal hafal yang penting ulangan dapaet nilai bagus.
Ane kutip dari wikipedia yang disebut ROTE LEARNING
Quote:
Rote learning is a memorization technique based on repetition. The idea is that one will be able to quickly recall the meaning of the material the more one repeats it. Some of the alternatives to rote learning include meaningful learning, associative learning, and active learning.
Quote:
2. Kesenjangan antara siswa satu sama yang lain
Quote:
Untungnya masalah ini udah ada yang sadar di sekolah ane, tapi masih banyak di sekolah lain yang seakan murid yang memang sulit dalam belajar, mngkin karena kurang mtivasi, atau ada masalah, itu malah dijadiin cautionary tales atau di cap "Tuh jangan jadi kayak dia". Sekolah itu harusnya semua sama, dan siswa nya setidaknya gak terlalu jauh kalo pun nilainya berbeda-beda.
Mungkin kayaknya sepele, tapi dimata masyarakat malah timbul stigma lain, kaya orang bodoh pasti madesu, atau malah sebaliknya orang pintar itu paling cuma jadi pekerja, orang bodoh jadi bos.
Bullshit
Menurut ane stigma pintar bodoh itu salah banget, ane percaya semua orang bisa beljar kalau ada kemauan, dan ane udah bilangin hal ini ke temen temen sma ane, tapi sama aja, pintar bodoh ini jadi kambing hitam kalo ada yang mereka gak bisa.
Jadi untuk poin ini ane harap kaskuser yang baca trit ini tau atau kalo peduli bisa share, kalo stigma pintar bodoh itu salah dan bisa bikin potensi sdm berkurang.
Ane punya narasumber, temen ane sendiri, ini mungkin cuma percakapan wa, tapi apa ang dia jawab, dia jawab dengan jujur. Nama Ane sensor karena privasi .
Spoiler for awas bandwidth killer:
Bisa dilihat sendiri,
Hal ini juga gak terlepas dari pengajaran guru yang seakan paling benar, memang sebagai siswa kita harus respect, dan kalo pas belajar ane lebih suka kalau gruu dan murid berdiskusi, dan guru pun gak malu kalau beliau sendiri salah.
Sumber : punkrockscientist.files.wordpress.com
Quote:
3. Sekolah yang lebih baik itu seperti apa
Quote:
Ini menurut ane aja, sekolah yang lebih baik itu pasti kontra semua dari hal diatas, tapi menurut ane secara realsitis, pemerintah gak mungkin bisa benahin hal-hal diatas secara instan :ngakak.
Kendala pertama karena hal-hal yang ane sebut diatas itu murni pemikiran bukan masalah fisik kaya sarana prasarana, yang bisa dibenahin secara nyata. Masalah diatas itu perlu semacem virus yang baik, virus disini berupa informasi yang nantinya bisa menular ke orang lain, secara horizontal, dan akhirnya setidaknya banyak orang tahu kalo hal-hal diatas itu gak bener.
Jadi kita emang butuh revolusi mental, bukan promosi, tapi emang butuh revolusi mental, revolusi pemikiran, pola pikira yang harus diubah, tidak harus sempurna tapi seenggaknya lebih baik, seenggaknya hal-hal diatas disadari banyak orang.
Ya pelajar Indonesia emang belum sadar kalau mereka salah dalam belajar, sebagai bukti kalau mayoritas pelajar di Indonesia gak terlalu tahu apa yang mereka pelajarin
Ane kutip dari Jakarta Post :
Quote:
The most recent PISA survey discovered that 75.7 percent of Indonesian students who sat the tests — science, mathematics and reading — performed below average.
75 persen, ya mungkin gak bisa mencakup seluruh pelajar di Indonesia secara 100% tepat, tapi setidaknya data itu ngasih tahu kita, kalau Pendidikan Indonesia itu bisa sia-sia.
Coba logikanya kita belajar 12 tahun tapi gak dapet apa-apa, iya dapet temen kenalan, pacar, tapi sekolah tujuannya bukan itu kan, belajar itu gak sekedar hafal kalimat di buku, tapi melatih pola pikir pelajar untuk kritis, dan punya bahasa sendiri dari yang dia pelajarin.
Sebenernya banyak teknik teknik belajar yang bagus, kaya Teknik Feynman, diambil dari nama Fisikawan terkenal Richard Feynman, agan bisa lihat videonya dibawah :
Ane gak bilang ini sebagai acuan abslut, harus ini, tapi sebagai reminder aja dimana posisi Indonesia dibanding edukasi dari negara lain.
Nah ternyata, soal UN kemarin yang ane kerjain sama temen-temen, yang disebut sebagai HOTS, itu terlalu dini aja, logikanya Sistem Edukasi Indonesia yang nerapin Rote Learning/Yang penting hafal terus dikasih soal yang harus mikir dalem dan gak cuma hafalan.
Jadinya ya gitu, walau nilai ane gak jelek jelek amat, tapi kasihan temen-temen ane yang nilainya doremifasol :ngakak
Sampe pelajar Indonesia pun buat komen atas Kesulitan UN kemarin, gak heran menurut ane
Kesimpulan ane, kalo hal ini didiemin aja, efeknya ke negara pasti signifikan, karena nantinya generasi yang sekarang masih duduk di bangku smp sd bakal jadi pengganti generasi yang sekarang jadi pekerja, pengusaha, dan yang menjalankan negara. Itu udah jelas gak perlu ane ulangin sebenernya.
Edukasi yang bener itu perlu, kalau semua orang edukasinya sesuai standar, pasti cara berpikir masyarakat lebih terbuka, hampir seluruh aspek masyarakat bisa tahu dengan internet, gak ada lagi kasus anak yang gak diimunisasi, cuma karena percaya orang gak dikenal di internet tanpa bukti.
Dan semua masalah diatas gak bisa kita bebanin ke Pemerintah, semua warga Negara harus tahu dan bisa ngebuang stigma dan masalah-masalah diatas, makanya kalo agan peduli agan boleh share trit ini :D
Tambahan buat referensi orang tua yang pingin anaknya belajar dengan efisien :