Duduk dengan postur tubuh menjauh ke belakang menunjukkan kesan malas atau sombong. Sementara condong ke depan ialah agresif dan membungkuk memberikan kesan malas. Untuk menimbulkan kesan yang netral, menurut para ahli, duduklah tegak seperti ada tali yang yang menghubungkan kepala Anda dengan langit-langit jadi sebaiknya gan tegak lurus gan.
Jagalah kontak mata Anda dengan tidak terlalu sering berkedip. Kita memang cenderung merasa tidak nyaman melakukan kontak mata dengan seseorang terlalu lama. Jangan tatap, tetapi cobalah untuk menahan pewawancara menatap Anda untuk satu dua detik sebelum pergi. Lakukan ini terutama ketika berjabat tangan
Jangan Memotong pembicaraan atau menunjuk jari ke arah pewawancara akan memotong ruang yang terjadi antara anda dan pewawancara dengan cara yang agresif jadi ketika hendak berbicara tetap jaga ruang antara wilayah agan dan sang pewawancara
Quote:
"Menyilangkan tangan di depan dada memperlihatkan sinyal defensif dan melawan," kata Ahli Komunikasi, Karen Friedman. "Ketika kedua tangan anda terbuka maka akan terasa lebih dekat," tambahnya
, jadi usahakan ketika tahap interview jangan lakukan kegiatan menyilangkan tangan tetapi sebaliknya tetap jaga tangan agan tetap terbuka terhadap pewawancara Terlalu berlebihan menganggukkan kepala dapat membuat fokus pewawancara menjadi terpecah. Kebiasaan ini sangat sering dilakukan wanita. Mengangguklah sekali atau dua kali, jangan lupa diselipi dengan senyuman.
kalau masalah yang 1 ini , anda harus pandai berakting karena pada saat ini lah yang menentukan kepribadian kita seperti apa,usahakan senyum dengan lebar dan gigi yang terbuka karena itu menunjukan bahwa kita sebagai peserta adalah peserta yang yakin bahwa kita yang akan terpilih sebagai karyawan perusahaan, dan ketika tertawa jangan terlalu lama tertawa karena itu akan membuat staff HRD merasa terganggu usahakan nada ketawa kita lebih rendah dari staff hrd, dan ketika staff hrd berhenti tertawa kita juga berhenti,setelahnyanya jangan senyum senyum sendiri.
perhatikan tema yang dibicarakan sama "Jika nada bicara Anda tidak cocok dengan ekspresi wajah anda, maka Anda dapat menemukan diri Anda di dalam suasana tidak aman," ujar Matt Eventoff. "Jika seseorang menanyakan hal apa yang dapat membuat Anda paling bersemangat dan wajah anda menjawabnya dengan ekspresi datar, itu tidak dapat menerjemahkan dengan baik," tambahnya. jadi ketika topik yang dibicarakan serius usahakan pasang ekspresi seperti kita belajar gan, serius mengamati dan condongkan arah badan kedepan seolah olah kita tahu itu adalah hal yang sangat penting, dan ketika temanya dia bertanya kembali kepoin nomor 1
ketika berbicara terhadap staf HRD perhatikan 5 poin berikut:
1.senyum,senyum adalah bahasa universal yang menularkan respon positif sehingga ketika kita berbicara akan menimbulkan kesan postif erhadap staff HRD
2.kontak mata, tatap mata HRD kalau bisa karena hal tersebut berguna suapaya ketika kita berbicara staff HRD atau manager selalu memperhatikan anda jika anda tidak bisa menanap mata nya , tatap saja garis hidung diantara matanya
3.bergairah, menunjukan kesan anda orang yang sangat semangat dalam melakukan sesuatu sesungguhnya didunia kerja semangat itu poin yang sangat penting
4.bahasa tubuh, sampaikan komunikasi ke 2 dengan gerak tubuh karena untuk memastikan staff HRD paham apa yang kita sampaikan
5.Intonasi, hati hati terhada yang 1 ini gan,intonasi sangat penting jika yang anda bicarakan serius usahakan gunakan intonasi yang pelan tapi jelas,menunjukan keputusan akhir selalu diatangan HRD
ketika mengulurkan tangan pastikan tangan yang anda ulur mengarah miring kebawah seolah olah kita memberikan respect terhadap staff HRD dangan jangan lupa senyuman lebar, dan ditutup dengan kalimat
Quote:
semoga saya bisa diterima dan bisa bekerja sama dengan ibu untuk kedepannya