5 Golongan yang Terbebas dari Siksa Kubur, Pastikan Kamu Masuk Nomor 4!


Setiap Muslim meyakini bahwa kelak saat kematian tiba dan berada di dalam kubur (alam barzakh), dia akan didatangi malaikat dan akan ditanya beberapa hal: tentang Tuhannya, agamanya, dan orang yang diutus kepadanya.

Bila mampu menjawab, maka selamatlah dia. Tapi bila tidak, siksa kubur yang menjadi ganjarannya.

Kali ini kami membahas lima golongan yang akan terbebas dari pertanyaan malaikat di dalam kubur? Juga dijamin terhindar dari siksa kubur? Siapa saja mereka? Mungkinkah kamu salah satunya?



Pertama: orang yang mati syahid

Rasyid bin Sa'ad berkata, bahwa ada seseorang yang bertanya pada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, "Wahai Rasulullah, mengapa orang-orang beriman akan diuji dalam kubur, kecuali para syuhada?" Beliau menjawab, "Kilatan pedang yang berkelabat di atas kepala mereka sudah cukup menjadi ujian bagi mereka."


Kedua: orang yang berjaga di perbatasan wilayah kaum muslimin untuk mencegah serangan musuh karena Allah

Fadhdhalah ibn Ubaid berkata, dia mendengar Rasûlullâh Shallallahu 'alaihi wa sallam, bersabda "Ribath sehari semalam lebih baik dari puasa dan shalat malam sebualan. Kalau seseorang mati dalam kondisi seperti ini, amalnya akan mengalir dan dicurahkan rizki atasnya serta dijamin bebas dari ujian (kubur)."

Sumber gambar: zakirnaikstory.blogspot.com/siksa


Ketiga: Orang yang meninggal karena sakit perut yang dideritanya

Rasulullah shallallahu 'alahi wa sallam bersabda, "Syuhada itu ada lima, yaitu orang yang meninggal karena penyakit tha'un, orang yang meninggal karena penyakit perut, orang yang mati tenggelam, orang yang meninggal karena tertimpa reruntuhan, dan orang yang gugur di jalan Allah." 
Abu Ishaq As-Syu'aiby berkata, bahwa Sulaiman bin Shord berkata kepada Khalid bin Urfathah atau sebaliknya, Khalid berkata kepada Sulaiman, "Apakah kamu mendengar Rasulullah bersabda, 'Barang siapa meninggal karena sakit perut, tidak akan diazab dalam kuburnya'." Salah seorang dari mereka menjawab, 'Ya'."


4. Orang yang sering membaca surat Al-Mulk

Surah ini juga dinamai dengan "Al-Maani'ah" (pencegah, penahan dari siksaan).

Rasulullah bersabda, "Dialah surah Pencegah (Al-Mulk) yang mencegah pembacanya dari siksa Kubur." Beliau juga bersabda, "Barang Siapa yang pada setiap malam membaca Tabaarak .. , maka dia akan dicegahkan oleh Allah ' Azza Wa Jalla dari siksa Kubur."
Abu Hurairah dan Jaabir bin Abdullah pernah menjelaskan bahwa Rasullullah saw tidaklah tidur malam sebelum membaca Surah alif laam miin Al Kitaab ( QS. As Sajdah ) dan Tabaarak (Al-Mulk).


5. Meninggal pada hari Jum'at

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada seorang Muslim yang meninggal pada hari Jum'at atau malam jumat kecuali Allah pasti akan menjaganya dari fitnah kubur." Dalam riwayat Abdullah bin Amr, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda, "Setiap Muslim yang meninggal pada hari Jum'at akan dijaga oleh Allah dari fitnah kubur."

Sumber gambar: yasinan.com/ilustrasi


Semoga kita termasuk ke dalam salah satunya. Aamiin.



Sumber:

sholihah.web.id/ada-lima-golongan-yang-terbebas-dari-siksa kubur

islamidia.com/5-golongan-inilah-yang-akan-terbebas-dari-pertanyaan-malaikat-di-kubur

muslimafiyah.com/syahid-mati-karena-sakit-perut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel