6 Naskah Kuno yang Berasal dari Berabad Lalu



Tahukah Anda bahwa sebelum dan setelah ditemukannya kertas pertama kali oleh bangsa Cina berabad lalu, manusia seakan berlomba-lomba mendokumentasikan berbagai macam kejadian. Kebanyakan dari naskah-naskah kuno yang ditemukan berupa gulungan kertas ataupun lembaran lertas yang dibukukan. Mengenai isinya, sebagian besar manuskrip yang masih bertahan hingga sekarang mengisahkan mengenai kehidupan pada suatu masa atau ajaran-ajaran religi yang dianut oleh manusia kala itu. Beberapa diantara naskah tua yang masih bisa kita lihat saat ini diantaranya:

1. Dead Sea Scrolls


Gambar: theculturetrip.com

gulungan Dead Sea Scrolls paling terkenal di antara peninggalan dokumentasi lain yang berasal dari masa lampau. Keseluruhan isi dari Dead Sea Scrolls terdiri dari g72 naskah religius dengan penggunaan bahasa Hebrew, Aramaic, serta Greek yang tertera di atasnya. Naskah-naskha kuno ini ditemukan pada tahun 1g46 oleh tiga 0rang penggembala Bedouin. Sejak itu pencarian demi pencarian dilakukan hingga seluruh bagian Dead Sea Scrolls ditemukan.   

2. Diamond Sutra


Gambar: theculturetrip.com

British Library menyimpan text Diamond Sutra yang tertanggal 11 Mai 868. Text yang ditemukan diantara manuskrip di dalam goa Dunhuang ini menyeritakan tentang tradisi Mahayana Buddhist dalam versi Cina.


3. Regula Sancti Benedicti (The Rule of St Benedict)

Gambar: theculturetrip.com

Ini adalah buku religi yang disimpan di Bodleian Library, Oxford, Inggris. Tidak banyak yang bisa diketahui mengenai asal muasal manuskrip ini kecuali bahwa pada abad ke 11 hingga ke 17, buku ini pernah disimpan di Katedral Worcester.

Bac juga: Kertas Sebagai Representasi Era Moderen

4. Garima Gospels


Gambar: theculturetrip.com

The garima gospel adalah dua buah buku  dari Abba garima Monastery di Ethiopia. Diketahui bahwa buku inimerupakan versi komplit dari manuskrip Kristen iluminati. Sebuah tes carbon mendapati bahwa buku ini diperkirakan dibuat pada tahun 330 - 650 AD.

5. Nag Hammadi


Gambar:oldest.org

Seorang petani bernama Muhammed al-Samman menemukan naskah Nag Hammadi, di Mesir. The Nag Hammadi sendiri merupakan koleksi dari 13 naskah kuno yang tersimpan di salam tabung bersegel. Kebanyakan dari naskah-naskah ini berisi tentang ajaran gnostic.

6. The Pseudo-Apuleius Herbarius


Gambar: theculturetrip.com

Perpustakaan di Universitas Leiden, Belanda menyimpan sebuah manuskrip berjudul Pseudo-Apuleius Herbarius. Manuskrip ini penuh berisi mengenai ilustrasi tumbuh-tumbuhan yang bisa digunakan sebagai ramuan herbal seperti herbarium. Herbal memang sempat berjaya di Eropa hingga masa Middle Ages.   



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel