Direktur Visa Indonesia Optimis Terhadap Metode Pembayaran QR Code



Metode pembayaran dengan Quick Response Code (QR Code) memang tengah berkembang pesat di Indonesia. Namun demikian, sejumlah perusahaan uang menyediakan layanan pembayaran dengan QR Code masih menunggu ijin resmi dari Bank Indonesia

Menurut deputi Gubernur BI Sugeng, salah satu cakupan dalam aturan mengenai QR Code adalalah standarisasi teknologi yang digunakan. Aturan ini juga mencakup kemampuan interkoneksi dengan jaringan pembayaran lain.

PT Visa Worldwide Indonesia menyatakan telah memiliki produk pembayaran QR Code yang bisa dimanfaatkan oleh kliennya, yakni institusi keuangan. Visa pun telah melakukan serangkaian studi mengenai metode pembayaran dengan menggunakan QR Code.

Dilangsir dari media Kompas.com, dalam wawancaranya dengan pimpinan atau direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan bahwa QR Code sudah bagus dan tidak memerlukan terminal khusus, hanya perlu stiker untuk dipindai.

Menurut Riko, kunci sukses penggunaan QR Code adalah ekosistem yang telah terbentuk. Ia memberi contoh seperti layanan pesan instan Wechat di China sudah membentuk ekosistem yang kuat dan matang sehingga apabila Wechat meluncurkan layanan lain bagi penggnanya, termasuk metode pembayaran dengan QR Code, bisa dipastikan sukses.

Begitupula dengan Alipay dari Alibaba, perusahaan e-commerce yang sudah dikenal luas di seentaro China dan sudah memiliki ekosistem yang kuat. Ia berpandangan metode ini juga akan sukses diimplemetasikan di Indonesia.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel