Tolong bantu verifikasi.
Kita tidak tahu pasti ini penipuan, penyesatan, atau tidak ada itikad baik, atau semuanya, atau tidak satupun. Anda check sendiri, simpulkan sendiri.
Kita tidak bermaksud menuduh. Kemungkinan besar begini, bukti kita lampirkan. Kurang lebih.
Mungkin ada kesalahan. Kalau ada yang salah kita betulkan ya? Misal, ternyata ada manfaat yang kita tidak tahu. Atau mungkin sebetulnya biaya ditulis lebih jelas "somewhere". Itu sudah ditanyakan berkali kali ke avrist sendiri tapi tidak dijawab. Jadi semuanya ya setau kita.
Atau mungkin ini secara hukum bukan penipuan. Ibaratnya anda makan di warteg harga tidak ditulis jelas tau tau anda ditagih 10 juta untuk nasi goreng. Ya mungkin secara hukum bukan penipuan tapi kalau anda tau warteg A seperti itu anda mau makan di tempat yang sama? Buat banyak orang ini penipuan. Kita masih menanyakan berbagai sumber.
Anda simpulkan sendiri ya. Ini sumber sumbernya cukup publik dan bisa diverifikasi.
Banyak orang bilang beli unit link itu ide jelek. Lebih mahal?
Tapi 100 kali lebih mahal?
Di Avrist bisa.
Dugaan kita adalah itu terjadi bukan karena produk avrist 100 kali lebih bagus tentunya. Namanya juga produk financial. Itu terjadi karena
1. Biaya sengaja tidak ditulis jelas di kontrak
2. Agen agen avrist tidak bilang bilang ada biaya akuisisi yang besarnya bisa 100 kali lipat dari kalau beli asuransi terpisah dengan manfaat asuransi sebanding
3. Agen agen avrist berbuat seolah olah tidak ada biaya besar. Mereka mengatakan "semua investasi", "ada investasi yang tidak bisa diambil lebih dulu", "ada penalty kalau tutup awal". Kita menduga itu semua bohong. Yang betul sebagian besar uang nasabah tidak diinvestasikan karena ada biaya.
4. Customer service avrist pun akan mengclaim kalau "memang semua investasi" kalau ditanya lisan.
5. Agen agen dan customer service avrist tau kalau claim "semua investasi" itu salah atau menyesatkan. Itu mengapa kalau ditanya di depan umum mereka tidak pernah mau beritikad baik menjawab dengan jelas. Sampai sekarang, ini betul tidak ada biaya 100 kali lipat hanya dugaan 99% benar. Kalau ditanya "betul tidak?" Mereka tidak jawab. Kita test lagi tanya 100 agen. Lihat berapa persen yang jawab.
6. Karena mendapatkan keterangan di depan umum dari avrist luar biasa susah, kita menduga mendapatkan keterangan yang jujur jelas dan benar dari agen agen avrist sebelum beli pasti lebih susah lagi. Keterangan lisan kan orang lebih gampang bohong daripada keterangan publik yang bisa didiskusikan.
7. Kesimpulan kita ini bukan satu atau dua agen nakal. Setiap customer avrist beresiko besar membayar jauh lebih mahal karena memang mendapatkan keterangan tentang satu fakta penting, yaitu adanya biaya yang bisa 100 kali lipat, luar biasa susah.
Beberapa bukti bisa ditaruh di depan. Bukti lain juga ada
Bukti

Tuh lihat ya. Ini asuransi jiwa yang amat sederhana. 250 juta setahun. Kalo beli terpisah biayanya paling 500 ribu.
Dibawahnya ditulis Alokasi Investasi. 100% masuk Avrist Link Aggresive Rupiah. Agen akan bilang semua investasi. Kelihatannya memang begitu.

Di situ ada tulisan Avrist Xtra 50 juta, top up berkala 50 juta.
Ini nanti mungkin agak penting.
Nah kemudian

Jadi manfaat asuransi seharga 500 ribu. Ada biaya 50 juta. Mereka tidak tulis ada biaya 50 juta. Mereka tulisnya seperti diatas itu. Dan ini ada dibalik 20 halaman kontrak. Kalau customer baca sekilas, majoritas customer pasti tidak tahu itu artinya ada biaya 50 juta. Tidak dari 1 pharagraph itu.
Basically di tahun pertama ada biaya 100% dari "premi dasar berkala". Nah premi dasar berkala ini bisa dibuat besar sekali oleh agen agen avrist meskipun manfaatnya kecil. Saya dengar caranya dengan menambahkan unapplied premium. Informasi tentang unapplied premium masih simpang siur.
Basically, unapplied premium fungsinya hanya untuk menambah komisi agen dengan menambahkan biaya akuisisi. Customer tidak tahu besarnya.
Ini tidak saja terjadi di avrist tetapi juga terjadi di banyak perusahaan asuransi lain. Banyak customer bisa membayar 2 kali, 3 kali, 10 kali lipat harga normal. Tetapi khusus buat Avrist, biaya akuisisi bisa 100 kali lipat.
Untuk tau kalau ada biaya 50 juta, customer harus baca paragraph yang tidak jelas itu. Menduga ada sesuatu yang tidak wajar. Di paragraph itu ada tulisan kalau 0% dari premi dasar berkala akan diinvestasikan. Berapakah besar premi dasar berkala? Dimana itu ditulisnya? Di halaman yang sebelumnya ada tulisal premi berkala 50 juta setahun.
Jadi ditulisnya beda. Di tempat biaya ditulis 0% premi dasar berkala diinvestasikan. Di tempat lain, di lembaran lain, ada tulisan premi berkala 50 juta.
Jadi kalau customer mau tau ada biaya 50 juta customer harus tau
1. Kalau 0% dari premi dasar berkala diinvestasikan. Itu artinya sisanya biaya.
2. Customer harus cari lagi premi dasar berkala berapa, dan di lembaran lain, Avrist sengaja menggunakan phrase yang berbeda yaitu premi berkala bukan premi dasar berkala.
3. Agen agen avrist (beberapa agen dan customer service mereka) bilang semua investasi. Majoritas customer pasti tidak menyangka kalau semua investasi itu artinya 100% masuk biaya.
4. Customer yang curigaan bisa melihat kalau di simulasi uang memang berkurang 55 juta lebih di tahun pertama. Ini umumnya dijelaskan agen dengan "adanya investasi yang tidak bisa diambil dulu". Kita menemukan indikasi indikasi kalau agen "model gini" bukan minoritas.
Lucunya Avrist tidak kesulitan menulis dengan jauh lebih jelas biaya yang jauh lebih kecil. Biaya administrasi rupiah 27500 ditulis dengan jelas dan explicit. Biaya akuisisi 50 juta tidak ditulis explicit. Kita menduga ini sengaja karena memang tidak ada itikad baik dari avrist untuk membuat biaya jelas. Karena hampir tidak mungkin customer normal mau beli barang seharga 500 ribu kalau tau ada biaya 50 juta.
Avrist sudah ditanya berkali kali dimana biaya 50 juta itu ditulis tetapi tidak dijawab. Jadi kita cari sendiri. Setau kita ditulisnya ya seperti yang kita tulis diatas.
Benar salah? Masih research