Hadirnya media sosial tak dapat di pungkiri menambah ramainya dunia maya, banyak hal positif yang bisa di hasilkan dari media sosial mulai dari bisa mengupload status dan juga kegiatan diri kita, media hiburan dan juga menambah jaringan pertemanan. Dalam perkembangan setiap waktunya media sosial semakin bertambah banyak setiap waktunya.
Credit : tribunnews.com
Maraknya media sosial membuat sebagian orang yang suka dengan dunia bisnis menggunakan media sosial untuk bisa menghasilkan keuntungan. Terkadang seseorang giat mempromosikan produknya di media sosial, namun apakah dengan sembarang promosi begitu saja? Tentunya tidak Gan Sis, setidaknya inilah beberapa yang harus di perhatikan dalam mempromosikan produk atau jualan di media sosial, apa sajakah itu? Berikut paparannya...
Quote:
1. Hindari Promosi yang Terlalu Massif Credit : uc.blogdetik.com
Apa yang terlintas dalam pikiran kita saat melihat orang yang promosi di media sosial secara massif di media sosial? Tentunya hal itu kadang membuat merasa tak nyaman. Promosi yang terlalu massif sebaiknya di hindari karena itu bisa membuat orang lain akan merasa kurang enak dan nyaman untuk kita, meskipun dengan banyak testimoni yang dibuat tentang produk belum tentu membuat menarik para calon pembeli.
Quote:
2. Sapa Para Sahabat di Medsos Credit : rsinewsupdate.files.wordpress.com
Bukan hanya sekedar mengeluarkan status promosi saja di media sosial, tapi juga sapalah setiap sahabat-sahabat yang ada di media sosial biar mereka tak jenuh dan bosan dengan status promosi kita, seperti membuat status kata-kata mutiara atau jokes yang mampu menghibur para sahabat di media sosial, tentunya hal ini hanya sebagai selingan saja karena target utama tetaplah promosi. Ane sendiri sering melihat orang yang menggunakan cara seperti ini justru menarik banyak orang. Membangun kedekatan sangatlah penting untuk dilakukan agar bisa meraih banyak simpati dan banyak orang yang mau membeli produk yang kita tawarkan.
Quote:
3. Buat Desain yang Menarik Credit : photoshop.kampusrahasia.com
Untuk melakukan promosi tentunya harus bisa mengemas promosi itu dengan menarik. Jago dengan desain? Tak salahnya coba buat desain untuk promo produk yang bagus dan tentunya tentukan untuk gambar yang akan di pajang di media sosial, bukan sekedar bagus dari desainnya semata namun juga harus pas dalam ukuran gambarnya, tidak terlalu besar atau terlalu kecil ukurannya agar tampilan gambarnya indah untuk dilihat.
Quote:
4. Hindari Promosi di Kolom Komentar Credit : tulisbaca.com
Hindarilah promosi produk di kolom komentar status seseorang meskipun di kolom komentar itu ramai yang memposting komentar. Alih-alih mendapat banyak konsumen, justru itu akan menggangu orang yang membaca komentar karena orang yang membaca status tersebut sedang terfokus pada status, bukan fokus pada promosi jualan. Seringkali orang ada yang menggunakan promosi di kolom komentar, maka sebaiknya sudah seharusnya hindari promosi jenis ini.
Quote:
5. Hindari Kebohongan dan Penipuan Credit : lintasterkini.com
Tentunya dalam ilmu marketing kita diajarkan untuk membangun relasi jangka panjang, maka untuk itulah hindari segala bentuk promosi yang mengandung unsur penipuan atau kebohongan, karena itu akan merugikan diri sendiri dan juga bisa membuat berurusan dengan pihak hukum. Begitu juga dengan produk yang memiliki citra yang negatif dimata komsumen bagi reseller lebih baik jangan di promosikan dan alangkah baiknya teliti produk dulu sebelum memutuskan untuk menjadi reseller sebuah produk.
Quote:
6. Gunakan fanspage jika memungkinkan Credit : alfarts.com
Fanspage itu penting, hal ini bertujuan untuk bisa menambah bukan hanya hubungan produsen dan kinsumen di media sosial, namun juga membangun loyalitas antara keduanya, dengan adanya fanspage ini bisa membuat hubungan produsen dan konsumen suatu produk bisa semakin erat lagi.
Quote:
7. Perdalam ilmu marketing Credit : lebahmaster.com
Promosi saja tidaklah cukup, maka sudah seharusnya perdalam kembali ilmu tentang marketing agar bisa diaplikasikan saat berjualan di media sosial, hal yang terpenting yang harus di pelajari adalah hal yang berkaitan dengan psikologi konsumen entah itu keinginan konsumen, kebutuhan konsumen dan lain sebagainya.
Quote:
8. Pemberian Hadiah Credit : carabisnisonline.co.id
Siapa yang tak suka dengan hadiah? pastinya setiap orang suka dengan hadiah. Tak salahnya sembari kita promosi kita bisa memberi hadiah kepada para konsumen yang loyal, tak perlu yang mewah-mewah namun bisa mengena di hati konsumen mulai dari pulsa atau gratis produk dari setiap pembelian.
Sumber :
Opini Pribadi dan Pelajaran semasa kuliah
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber gambar via google images