Kebanggan Tim Nasional Panama Di Piala Dunia 2018

Panama's Pride





Piala Dunia sebentar lagi memasuki fase 16 besar. Setelah ada beberapa tim yang tersingkir di fase grup, pesta sepak bola terbesar di dunia ini mulai mendekati puncaknya.

Ada satu hal yang terus terngiang di kepala, meskipun bukan penikmat olahraga kulit bundar ini, ane sedikit-sedikit mengikuti perkembangan nya juga.

Tanggal 24 Juni kemarin, Panama harus melawan tim tangguh sekelas Inggris di Piala Dunia 2018. Bertempat di Nizhny Nogorov Stadium, Panama tidak mengharapkan hasil yang besar. Bisa menahan Inggris dengan skor sama pun bagus, atau minimal tidak kebobolan lebih dari lima gol.

Perjuangan selama 40 tahun akhirnya menuai hasil, pertama kali dalam sejarah Panama lolos putaran final Piala Dunia. Seluruh warga Panama bersorak, bahagia karena negaranya akan berlaga di kasta tertinggi dalam dunia sepak bola.

Tentu mimpi bisa mengangkat trophy Piala Dunia sempat terbesit di dalam angan para pemain Panama, namun apadaya, faktanya mereka baru sekali ini merasakan atmosfir Piala Dunia. Jangankan trophy berhasil lolos ke fase 16 besar sudah menjadi pencapaian terbaik bagi mereka, mungkin.

"Kami hanya ingin pergi ke Rusia dan tampil baik" kata salah seorang pemain Panama, Ramon Torres.

Pertandingan pun berjalan, kemenangan bagi Inggris dengan skor telak 6-1 sekaligus menorehkan sejarah baru; kemenangan paling besar di Piala Dunia.

Waktu itu ane lagi buka twitter, baca-baca trending topic yang lumayan seru sambil menyiapkan beberapa hal untuk Pilkada serentak karena ane juga anggota PPS. Di timeline ada cuplikan yang menjadi gagasan ane menulis thread ini.

Cuplikan itu memperlihatkan dua orang komentator acara sepak bola di Panama menangis saat menyaksikan sebelas pemain Panama berdiri rapat-dengan tangan yang melingkar pada bahu setiap pemain-dan lagu kebangsaan Panama diperdengarkan. Sebelum pertandingan dimulai, tim sepak bola Panama telah menjadi pemenang bagi rakyat Panama.

Kemudian cuplikan selanjutnya memperlihatkan selebrasi pemain Panama dan fans nya saat Baloy mencetak gol. Sekali lagi, kesebelasan Panam menjadi juara bagi rakyat nya. Tak peduli meski kemasukan 6 gol, bagi Panama satu gol balasan yang mereka ciptakan adalah sebuah kemenagan. Gol perdana mereka di Piala Dunia.

Yang ane lihat dari kedua hal di atas adalah apresiasi dan penghargaan kepada kesebelasan sepak bola Panama yang sangat besar. Dengan kedewasaan rakyat Panama, kekalahan telak dari Inggris seakan bukan hal yang menyakitkan.

Kemudian apresiasi datang dari banyak orang atas sikap suporter Panama. Pun begitu dengan thread ini, yang ane tulis sebagai bentuk apresiasi bagi tim nasional Panama.
~~~

Sekian thread gaje tentang sepak bola dari cowok yang gak suka sepak bola, semoga ada manfaatnya.

See you~

sumber: pemikiran pribadi ts



Quote:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel