Mau Membeli Emas? Perhatikan 7 Hal Berikut Ini



Siapa di sini yang berencana untuk membeli emas batangan dalam waktu dekat? Membeli emas batangan sama sekali tidak sulit, tapi agan dan aganwati juga tidak boleh asal membeli.

Jika agan tidak memiliki pengalaman, agan bisa bertanya pada teman atau keluarga yang sudah pernah membeli emas, nih. Agan bisa tanya seputar tempat dan kualitas emas. Jika tidak ada keluarga atau teman, gansis bisa mencari petunjuk ke tempat-tempat terpercaya agar lebih memahami dunia investasi, salah satunya emas batangan.

Nah, agan dan aganwati bisa juga mencari banyak tips berinvestasi emas batangan apa saja yang perlu agan perhatikan dan ketahui saat akan membeli emas. Seperti tips berikut ini nih, gansis!


1. Cari Banyak Informasi

Untuk agan dan aganwati yang masih baru memulai dunia investasi, mencari informasi merupakan kegiatan yang sangat penting. Dengan memiliki banyak referensi, agan dan aganwati bisa memahami dan mendapat gambaran utuh mengenai dunia investasi logam mulia.

Kalau bisa, agan juga harus banyak bertanya pada ahli keuangan agar informasi yang didapat lebih akurat dan terpercaya. Gali informasi sebanyak mungkin hingga agan dan aganwati paham untung dan ruginya dalam berinvestasi emas batangan.

2. Pantau Harga Emas




Agar investasi emas batangan nanti menguntungkan, gansis harus rajin memantau harga emas. Agan harus tahu perubahan harga emas sehingga agan tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas.

Jika baru pertama kali membeli emas, agan mungkin tidak akan memperhatikan perubahan harga tersebut. Namun, seandainya pun tidak memantau setiap hari, pastikan beberapa hari sebelum membeli, agan sudah memeriksa harga emas.

3. Bandingkan Harga

Nah, ini juga hal yang penting nih, gan. Selain memantau harga emas, agan dan aganwati juga harus melihat harga di berbagai tempat dan bandingkan. Dengan begitu, agan dan aganwati bisa mendapat harga beli terbaik.

Agan cukup perhatikan harga di tempat-tempat jual beli emas terpercaya, ya. Selain itu, jangan hanya satu ukuran berat, tetapi lihat perbandingan harga untuk berbagai berat emas.

4. Cari Tahu Reputasi Penjual

Beli emas di tempat yang memang dianjurkan, gansis. Kenapa? Bukan hanya untuk menjamin kualitas dan keaslian emas, tetapi juga untuk jaminan dalam menjual kembali emas tersebut. Saat agan memilih tempat untuk membeli emas, perhatikan pula mengenai sertifikat serta proses untuk menjual kembali emas tersebut.

5. Perhatikan Kemurnian Emas

Dalam berinvestasi emas batangan, pastikan emas yang gansis beli merupakan emas murni dengan kadar 99,99%. Emas dengan kadar seperti itu akan lebih mudah untuk dijual kembali. Jadi, periksa dan teliti baik-baik sebelum membeli, ya.

6. Pastikan Emas Memiliki Sertifikat

Emas batangan umumnya akan dilengkapi sertifikat. Oleh sebab itu, pastikan agan dan aganwati juga mendapatkannya saat membeli. Adanya sertifikat memberi jaminan bahwa emas tersebut asli dan kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Dengan sertifikat, agan juga akan lebih mudah untuk menjual kembali emas yang dibeli.

Sertifikat umumnya terdiri dari alamat resmi pembuat, tingkat kemurnian, berat, dimensi, serta kode seri emas jika tersedia.

7. Variasikan Ukuran Emas Batangan yang Dibeli

Emas batangan dijual dengan beragam ukuran berat dan ada baiknya agan juga memiliki emas dalam berat yang berbeda. Bukan berarti harus memiliki setiap satuan berat emas yang dijual, melainkan variasikan berat emas yang ingin agan beli.

Jangan hanya membeli satu ukuran dan jangan pula habiskan uang agan hanya untuk membeli emas. Hal ini agar agan mudah untuk menjualnya kembali jika sedang membutuhkan dana darurat.



=========

Selain membeli emas dengan cara biasa, agan sekarang juga bisa membeli emas dalam nominal kecil, lho. Cara ini merupakan salah satu alternatif agar agan dan aganwati dengan dana terbatas tetap bisa membeli emas batangan.

Kini, ada banyak tempat yang menyediakan layanan seperti itu, gan. Salah satunya setahu ane adalah aplikasi e-mas. Melalui aplikasi itu, agan dan aganwati bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an melalui aplikasi tersebut.

Kok murah banget? Bisa dibilang, agan beli emasnya pelan-pelan hingga mencapai berat yang umum ada di pasaran. Agan dan aganwati bisa langsung cek website-nya untuk informasi lebih jelas, ya. Namun, gan di aplikasi e-mas, emas yang bakal agan dapatkan merupakan emas Antam. Jadi, aman dan terjamin kualitasnya!


Nah, sekian dari ane, jangan sampai salah jika membeli emas di masa depan, ya!



Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel