Pengemis di China Pakai QR Code buat Mengais Rejeki


Masih di negeri yang dikenal dengan sebutan negeri kain sutera dengan milyaran penduduk, trend penggunaan QR Code di China  sudah sangat luas dan hampir semua masyarakat dari berbagai kalangan menggunakan QR Code sebagai alat pembayaran


Lucunya di ibu kota China, Beijing dan kota besar lain seperti Jinan, QR Code digunakan para pengemis setempat untuk mengais rejeki dan bahkan pengemis disana memiliki smartphone dan itu sudah menjadi suatu pemandangan yang biasa

Biasanya para pengemis berkumpul di area yang popular dengan kehadiran para turis dan mereka meminta sedekah sambil menunjukan cetakan QR Code.

Orang-orang yang menggunakan Alipay, WeChat Wallet dan pembayaran via ponsel lainnya bisa dilakukan dengan hanya melakukan scan dan memberikan donasi kepada para pengemis

Meskipun begitu, kode QR nampaknya tak hanya menjadi ladang pendapatan bagi para pengemis yang menggantungkan nasibnya pada keberuntungan. Para pengemis juga diberikan pendapatan lain dari bisnis lokal.
Mereka akan dibayar untuk setiap kode QR yang dipindai oleh orang-orang yang berbaik hati memberikan donasi kepada mereka.

Nantinya, para pengusaha lokal akan menggunakan hasil pemindaian itu untuk mengumpulkan data dan profil orang. Pengusaha tersebut bisa memberikan banyak iklan kepada akun pengguna yang bersangkutan.
Oleh karena itu, biasanya para pengimis di Tiongkok justru lebih gencar membuat orang-orang melakukan pindai terhadap kode mereka. Orang-orang yang lewat tak selalu harus dipaksa memberikan uang saat melakukan scan kode.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel