Yakinkah Brosur Anda Sudah Tepat Sasaran?
Thursday, June 7, 2018
Brosur merupakan perangkat marketing yang umum digunakan untuk menginformasikan sebuah produk atau jasa, dengan material kertas dalam format bi-fold atau tri-fold. Sebuah brosur sebaiknya mudah untuk diambil, dibawa, dan mendorong pelanggan melakukan apa yang diharapkan.
Anda harus tahu terlebih dahulu apa tujuan pembuatan brosur.
- Apakah untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon customer?
- Apakah untuk menginformasikan mengenai produk tertentu?
- Apakah sebagai kelanjutan dari event pameran atau yang lainnya?
Karena dari sini barulah Anda bisa meramu konten yang sesuai.
Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam pembuatan brosur:
- Target audience
- Content
- Printing
- Metode distribusi
- Dana
Dalam merancang brosur pun dibutuhkan elemen- elemen yang membuatnya menjadi efektif.
- Judul yang menarik perhatian
Buatlah judul yang singkat dan langsung pada intinya.
Contoh:
- Jasa cetak serba bisa
- Lihat langsung satwa langka!
- Cantumkan detil yang unik
Detil yang unik pada brosur dapat membuat orang merasa ingin menggunakan produk atau jasa Anda
Contoh:
- Menerima cetak brosur ukuran extra mini
- Ikan aneh ini hanya ada di Indonesia
- Testimonial
Kesaksian dari pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda
Contoh:
- "Spanduk dan poster saya selesai dalam 2 hari. Recommend banget!"
- "Udah nyari kemana-kemana nggak ada yang bisa terima order saya. Cuma di sini yang sanggup."
- Call to Action
Arahkan orang agar segera bertindak setelah membaca brosur Anda
Contoh:
- Jangan sampai kehabisan! Hubungi nomor 021-735242 sekarang juga!
- Hubungi kami sebelum jam 10 pagi di 021-735242, dan dapatkan harga khusus!
Contoh brosur yang tepat sasaran
Sumber: kopywritingkourse.com
Bagian-bagian dari brosur yang langsung menarik perhatian dalam 3-5 detik pertama.
Sumber: kopywritingkourse.com
Kemungkinan arah pandangan orang saat melihat brosur
Sumber: kopywritingkourse.com
Sumber: kopywritingkourse.com; brochuredesignservice.com
Gambar: unsplash