5 Soft Skill yang Harus Dimiliki Oleh Pekerja Masa Depan
Sunday, July 22, 2018
Soft Skill merupakan hal yang sangat penting saat anda sudah memasuki dunia kerja, Karena Soft Skill itu sangat berguna buat kalian dalam mencari tahu sebuah informasi contohnya saja kamu mempunyai kemauan untuk belajar memperdalam ilmu bahasa pemrograman agar dapat membangun website.
Bukan hanya itu saja tetapi Hard Skill juga harus dimiliki untuk kalian menjalankannya dengan skill yang kamu miliki contohnya saja kamu mempunyai kemampuan yaitu dapat mengoperasikan komputer.
Jadi bisa dirangkum soft skill itu adalah kemauan dan hard skill itu adalah kemampuan, beda ya kemauan dengan kemampuan heheh.
Tetapi menurut survey yang saya cari baru-baru ini, 63 perusahaan mengatakan salah satu kandidat yang dicari adalah soft skill. Karena memang soft skill itu memang lebih penting dibanding hard skill. Karena dengan adanya soft skill walaupun kamu tidak punya hard skill maka kamu bisa dong berniat untuk belajar agar dapat mempunyai hard skill.
Tapi sebaliknya, Coba saja kamu bayangin kamu punya hard skill nih yang luar biasa tetapi kamu tidak mempunyai soft skill atau niatan buat kamu jalaninnya, maka semua itu akan sia-sia dong.
Tapi tetap saja yang terpenting agar pekerjaan kamu dapat diselesaikan dengan sempurna yaitu dengan kamu memadukan antara soft skill dan hard skill.
Kali ini saya akan mencoba menjelaskan 5 Soft Skill yang Harus Dimiliki Oleh Pekerja. Info selengkapnya simak berikut ini.
Soft Skills yang Harus Dimiliki dalam Dunia Kerja
1. Haus pengetahuan
Adrian Ridner, CEO dan Pendiri situs pembelajaran online Study.com, mengatakan bahwa perusahaan menempatkan nilai tinggi pada kandidat yang memiliki kemauan untuk belajar, Karena menurut dia kebutuhan tempat kerja terus berubah dan berkembang. Jadi untuk itu kami membutuhkan karyawan yang mau belajar dan beradaptasi di sepanjang jalan untuk dapat memenuhi perubahaan tersebut.
Jadi pada intinya seorang pekerja yang baik itu dia haus pengetahuan dan tidak pernah merasa puas dengan ilmu yang sekarang dia miliki, tapi dia malah berusaha untuk dapat meningkatkan ilmu tersebut.
BACA JUGA : Tips Berguna Buat Karyawan Baru, Biar Cepat Akrab & Lebih Produktif!
2. Komitmen
Apa sih sebenarnya komitmen itu? Selama ini kita sering menggunakan kata komitmen untuk cita-cita ataupun dalam pekerjaan.
Jadi maksudnya itu komitmen dalam bekerja itu yaitu kamu harus yakin kalau kamu itu profesional dan bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan walaupun kamu sedang menghadapi masalah ataupun yang menggangu pekerjaan kamu.
Jadi Soft Skill yang satu ini sangat penting untuk kalian miliki untuk bersaing di dunia kerja ataupun diluar dunia kerja.
BACA JUGA : 5 Sifat Pengusaha Sukses yang Perlu Kamu Contoh dari Sekarang
3. Empati
Kenapa Empati ini sangat penting untuk dunia kerja? Jadi gini untuk setiap perusahaan, pasti ingin membangun hubungan yang kuat dengan klien atau pelanggan dan rekan kerja adalah hal yang sangat penting. Untuk itu kita pastikan kalau kita ini memiliki empati dan kemampuan untuk bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain.
Tanpa rasa empati, komunikasi antara anda dan orang lain hanya sebatas transaksional saja. Karena umumnya klien dan pelanggan tidak akan begitu ingat dengan apa yang anda katakan, melainkan bagaimana anda membuat mereka merasakan pengalaman yang baik.
BACA JUGA : 5 Syarat Ini Harus Dimiliki Kalau Mau Jadi Freelancer Sukses
4. Kreatif
Seseorang yang kreatif itu pasti dia dapat menciptakan hal-hal yang baru dan tentunya berbeda dari yang lain. Karena dia berpikir bahwa hasil yang dia lakukan akan berguna dan dapat meningkatkan perubahan yang signifikan.
Jadi tentunya soft skill yang satu ini cukup penting dalam dunia kerja untuk dapat menciptakan hal-hal yang baru bagi perusahaan.
BACA JUGA : Terapkan 7 Hal Ini, Kalau Kamu Pengen Sukses Di Usia Muda
5. Gigih
Seseorang yang gigih sangat diperlukan dalam tim. Apalagi jika tim tersebut sedang menghadapi masalah yang harus diselesaikan. Untuk itu orang yang gigih pasti berusaha untuk bisa menyelesaikan masalah dengan baik dengan kemampuan yang dia miliki. Untuk menguji soft skill ini, perekrut biasanya akan menanyakan pengalaman anda dalam menyelesaikan masalah di tempat bekerja anda sebelumnya.
BACA JUGA : 5 Keuntungan Jika Kamu Memilih Pekerjaan Berdasarkan Passion
Akhir Kata
Nah itu dia 5 Soft Skill yang Harus Dimiliki Oleh Pekerja, Jadi pada intinya Soft Skill itu sangat penting dalam dunia kerja, tetapi Hard Skill jangan dilupakan juga ya, karena soft skill dan hard skill tidak bisa dipisahkan hehe.
Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian semua, khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.
Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya terima kasih
SUMBER : [url]http://www.laptopsiipat.com/2018/07/5-soft-skill-yang-harus-dimiliki-pekerja.html[/url]