Coworking Space, Tempat Pengganti Kantor yang Asik dan Murah



Maraknya bisnis startup yang cenderung lebih fleksibel dibanding korporasi besar memunculkan tempat bekerja baru seperti coworking space. Nggak hanya solusi untuk biaya yang terbatas, coworking space juga cocok untuk menuangkan ide dan mengembangkan bisnis kreatif.Masuknya era digital di Indonesia membawa perubahan di pelbagai sektor salah satunya tren pekerjaan. Munculnya profesi-profesi baru seperti pengembang startupcontent creatorsocial media specialist juga menggeser tren tempat kerja yang nggak melulu harus di kantor. Sejumlah istilah baru pun mulai muncul, seperti nomaden worker hingga nomaden digital.

Kebiasaan [i]nomaden worker
 dan nomaden digital yang bebas bekerja di mana saja telah melahirkan tren tempat kerja baru yang disebut coworking space. Tempat ini menawarkan efisiensi bekerja dengan fasilitas yang memadai bagi para nomaden workersCoworking space secara umum diperuntukkan bagi mereka para pekerja lepas, pebisnis startup, atau berbagai kegiatan industri kreatif lainnya.

Iklim yang santai tapi kondusif membuat tempat ini digandrungi para pekerja kreatif. Sistem penyewaan yang lebih fleksibel karena bisa diatur menjadi harian, bulanan, atau tahunan membuat coworking space menjadi pilihan pebisnis pemula yang masih terkendala masalah dana.
Konsep coworking space yang transparan dan terbuka memungkinkan beberapa perusahaan rintisan berada pada satu tempat. Mereka juga dapat membangun interaksi antarperusahaan sehingga dapat saling bertukar ide untuk mengembangkan perusahaan. Tempat ini juga dinilai cocok untuk perusahaan startup yang bekerja dalam tim kecil.

Salah satu coworking space yang ada di Semarang yakni Genius Idea. Sejak didirikan pada 2017 lalu, banyak startup yang bernaung di sana. Suasana yang mendukung kolaborasi antar perusahaan startup menciptakan sebuah ekosistem bisnis ideal yang dikenal dengan prinsip co-creation.
"Adanya coworking space membuat kami leluasa berkolaborasi dan membentuk jaringan," jelas tim startup Investree yang memanfaatkan Impala Space.

Selain menawarkan penyewaan tempat untuk bekerja, Genius Idea juga kerap mengadakan kegiatan yang biasanya bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan perekonomian dan industri kreatif dalam negeri.

Anda berminat untuk Sewa Coworking Space?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel