Assalamualaikum wr. wb . Salam sejahtera untuk kita semua penghuni forum tercinta ini :iloveindonesia :iloveindonesia
Ane pengen ngajakin agan dan aganwati sekalian buat liat gimana kitchen hotel pada umumnya . Section-section apa aja yg ada dihotel . terus alurnya gimana, kali aja bisa jadi gambaran buat agan dan aganwati yg mau kerja di hotel . langsung aja gan
Spoiler for 1. Cold Kitchen :
Ini tempat dimana para pasukan dapur buat bikin prepare-an yg berhubungan sama sayur ama buah . Bisa salad bar, slice fruit, sama condiment2 (pelengkap) yg ada di makanan (bisa di buffet atau di ala carte). Ini tempat biasanya enak buat tidur . Karena umumnya tempat paling dingin selain section yg lain (selain chef office sama walk in chiller/freezer). Nyang incharge disini biasanya sebuatannya garde manger, tulisannya Garde Manger bacanya Gard-mahn-zheye , maklum gan , bahasanya Negeri Ayam Jantan :hammer . Nama lainnya Pantry Chef
Spoiler for 2. Butchery:
Naaaah ini tempat potong2 protein, terutama meat sama poultry (unggas). Biasanya yg incharge disini badannya gede2 :ngakak . Soalnya perlu me "mutilasi" protein2 yg dipake . Disini pisau golok (chinese knive) jadi senjata utama.
Spoiler for 3. Hot Kitchen:
Hot Kitchen itu tempat para pasukan dapur buat eksekusi bahan2 yg udah diprepare . dan biasanya dilengkapi sama chinese wok juga selain stove 6 burner sama deep fryer. Disini nih yg sering ribet, apalagi klo orderan rame . bedeeeeeeuh :hammer ditambah juga harus jeli sama orderan yg pertama masuk biar masakan yg keluar sesuai urutannya . Selain itu juga harus masak dengan enak dan dengan standard yg udah ditentuin . Klo gak ya alamat di complaint :lehuga
Spoiler for 4. Pastry and Bakery:
Klo di section ini tempatnya yg manis2 sama wangi2 susu (bukan susu yg lain ya gan :maho) Yang incharge disini punya tugas khusus buat bikin aneka macam roti, donut, jajanan pasar, puding, bubur manis buat keperluan breakfast. Sampe cake yg diperluin buat showcase (kalo ada) Biasanya yg incharge di pastry and bakery perhitungan :ngakak soalnya bikinnya sesuai sama jumlah tamu kamar/acara plus cadangan . dan kalo kurang satu biji aja . minimal harus bikin setengah resep dan itu bikin gedeg apalagi klo roti2 an, bisa bikin perang ama temen sendiri klo kurang gara2 mereka yg makan :hammer
Spoiler for 5. Kitchen Office / Chef Office:
Biasanya yg nempatin ruangan ini itu kitchen admin, executive chef, sous chef sama chef de partie . Disini biasanya digunain buat order2 barang ke store hotel dan bikin segala macam budgetting, menu planning sampe buat ngadem doang :hammer . atau buat nge jus gandum :malu
Spoiler for 7. Walk in Chiller/Frezeer :
Intinya ini kulkas ama freezer yg gede . gedenya bisa satu kamar tidur . Digunain buat nyimpan bahan2 yg harus disuhu dingin/beku
Spoiler for 8. Dry Storage :
Klo ini kebalikan dari nomer 7 . biasanya dipake buat nyimpan bahan2 suhu ruangan . Dari yg kalengan . sampe yg plastik pack . Beberapa hotel gabungin dry storage sama cold kitchen.
Spoiler for 9. Steward Area:
Kalo diruangan ini difungsikan buat cuci2 . Dari piring, alat makan, sampe utensils (alat-alat) yg dipakai section lain . Steward juga bagian dari Food and Beverage Kitchen (Product) dimana klo gak ada mereka . Koki2 juga bakalan cape buat nyuci sendiri . Ada beberapa temen ane yg awalnya steward bisa diangkat jadi koki . Bahkan Chef Juna sekalipun di awal karirnya tugasnya cuman dishwasher (ya sama lah ama steward).
yaaaaaaak sampe disini jalan-jalan ke kitchennya gan . Nanti kalo ada kesempatan ane runutin orang-orang yg ada dikitchen sama fungsi mereka apa aja . Salam koki jahanam :iloveindonesia
Spoiler for Bonus:
Oiya , ane ketinggalan gimana alur kerjaan kitchen itu, jadi nanti barang-barang yang masuk ke kitchen itu sebelumnya udah di sortir sama bagian purchasing, dan harus sesuai sama standar kualitas yang telah ditetapin sama hotel/resto atau chef nya. Sebelum masuk ke kitchen, barangnya di masukkin ke store dulu, baru nanti orang kitchen bikin yang namanya form SR (Store Requisition) buat pengambilan barangnya, ini yang ngerjain kitchen admin biasanya, kalo gak ada kitchen admin, koki jahanam yang dikasih kepercayaan oleh chef yang order , terus nanti di tanda tangan sama chefnya. Ada juga yang namanya Daily Market LIst, itu buat barang-barang yang gak ada di store, contoh : sayur sama buah. Barnag-barang tadi terus dinaikkin ke kitchen, di simpan di chiller/freezer, atau dry store. Baru dieksekui sama section-section yang udah ditentuin di kitchen nya. Semoga bermanfaat gan :toast :toast
Sumber : Pengalaman ane Photo: Mbah google (kaga boleh upload photo kitchen kerjaan, nanti di sp :ngakak ) Bonus : Instagram :malu