Kasus Penipuan?

Siang gan, mau minta pendapat dan saran nih, 

Ada temen ane yg lagi kebingungan apa dia salah secara hukum apa nga

Jadi temen ane menerima pesanan barang dari seseorang, sebut saja erwin. Erwin ini tuh sales freelance dan erwin ini ada pesen 2 jenis barang (Barang A dan Barang B) dari temen ane ini. 

Sudah jalan bbrp lama erwin ini mengirimkan bukti transfer lunas ke temen ane via whatsapp dan bilang kalau ini untuk melunasi Barang A, dan karena mmg sudah betul temen ane pikir yasuda Barang A boleh diambil, tapi Barang B belum boleh diambil karena belum lunas. 

Nah masalah nya, tiba-tiba ada datang orang sebut saja fendi, temen ane nga kenal dan baru pertama kali ketemu fendi ini, dan dia mengaku bahwa dia memesan Barang B ke temen ane via si erwin ini, dan bukti transfer yang diterima oleh temen ane ini adalah milik dia untuk melunasi Barang B. Si fendi ini di cek oleh temen ane trnyata mmg betul pemilik nomor rek yang transfer ke temen ane ini. 

Temen ane langsung telepon si erwin ini untuk ketemuan bertiga sama fendi, setelah ketemuan, fendi marahin temen ane ini kenapa uang dia dipakai untuk melunasi Barang A bukan Barang B yang punya dia. Temen ane bales bilang kalau yg order ke dia itu si erwin (bukan fendi) dan erwin yang mengirimkan bukti transfer nya ke temen ane via whatsapp bilang kalau uang itu untuk melunasi Barang A, bukan Barang B. Erwin bilang akan membereskan masalah ini, kalau ini cuma salah paham. Tapi lama-lama si erwin nya hilang dan belum bisa dicari sampe sekarang.

Fendi ini kan merasa dia dirugikan / ditipu dan meminta temen ane lagi untuk transfer balik lagi uang dia, tapi temen ane menolak. Temen ane ini menolak dengan alasan:

  • Yang pesen ke temen ane ini si erwin bukan si fendi, yang sampai ada kasus ini belum pernah ada kontak sama skali sama temen ane
  • Bukti transfer temen ane dapat nya dari si erwin via whatsapp dan diarahkan oleh erwin ini untuk melunasi Barang A, bukan Barang B.
  • Penawaran harga, kwitansi dan surat jalan semuanya atas nama erwin

Temen ane bilang ke fendi ini, kalau ini sebetulnya urusan antara dia sama si erwin, ngomong kasar si fendi ini ditipu calo lah, dan temen ane mau keluarin Barang B kalau dia sudah ada terima pelunasan nya, cuma si fendi ini nga mau terima dan tetep meminta temen ane untuk transfer balik uang dia, dan malah katanya mau melaporkan ke koran dan menuntut temen ane ini karena tidak mau kembalikan uang dia 

Temen ane sih pikir nya dia nga ada salah, malah kalau sampai dilaporkan dia mau melaporkan balik karena mencemari nama baik dia. Temen ane juga mikir mungkin juga ini permainan si fendi sama erwin tp ga ada yg tau ya. 

Mnurut agan bagaimana? Apa temen saya salah? Apa dia bisa dikasusin secara hukum?



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel