Penasaran Nggak Sih Gimana Email Bisa Masuk ke Tab Promosi? Ini Dia Penyebabnya!
Wednesday, July 11, 2018
Halo agan-agan dan sista :peluk :peluk
Selama ini kalian suka ngeuh nggak sih kalau nggak semua email masuk di kotak masuk (inbox)? :matabelo :matabelo Beberapa email masuk di tab promosi.
Penasaran nggak bagaimana Gmail menentukan bagaimana email yang masuk ke inboxnya agan dan sista ke tab promosi? :cystg :cystg
Jadi gan, Gmail itu memiliki algoritma kompleks yang mampu memfilter banyak faktor dari sebuah email untuk menentuka kategori dari tab email tersebut.
Nah, ane dah baca blog dari MailTarget tentang informasi ini daaaaannnnnnnn kali ini ane mau share nih ke agan sista semua alasan yang menyebabkan email masuk ke dalam tab promosi.
Spoiler for Tidak Ada Personalisasi Email:
Alasan sederhana mengapa email bisa masuk di tab promosi adalah ketika tidak ada personalisasi email, yaitu pengirim tidak menambahkan nama penerima email pada email yang dikirim. Ane juga baru tau nih, gan.
Spoiler for Jumlah Link dalam Email:
Ternyata, semakin banyak link yang kita masukkan ke dalam email bisa dianggap sebagai email promosi oleh Gmail lho, gan. Jadi, kalau agan sista mau email yang dikirim masuk ke inbox, jumlah linknya dibatasi, ya!
Spoiler for Jumlah Gambar:
Tidak jauh berbeda dengan peraturan jumlah link, jika dalam suatu email mengandung gambar yang terlalu banyak, maka Gmail bisa mengidentifikasi email tersebut sebagai email promosi. Mungkin niatnya biar nggak boring ya gan, tapi efeknya email malah bisa masuk ke tab promosi.
Spoiler for Desain Gambar:
Email yang didesain dengan layout tertentu biasanya akan langsung dikategorikan sebagai email promosi. Karena memang biasanya email dengan layout tertentu adalah email khsusus yang menandakan bahwa email ini bukan email pribadi dari teman, keluarga atau kolega.
Spoiler for Pemilihan Kata pada Email:
Ini juga penting nih, gan. Ternyata Gmail punya smart filter yang bisa mendeteksi setiap kata yang terdapat dalam email dan hasilnya bisa menentukan apakan email tersebut akan masuk ke tab utama, tab promosi, hingga ke spam.
Spoiler for Tidak Ada Opsi Reply-to:
Kejelasan nama pengirim email juga bisa menentukan kategori apakah email tersebut seharusnya masuk ke tab utama atau tab promosi agan sista semua. Jika tidak ada pilihan untuk membalas email, biasanya email tersebut akan langsung dikategorikan ke tab promosi oleh Gmail.
Itu dia gan informasi yang ane dapatkan dari blog MailTarget. Jangan lupa kasih cendolnya ya gan! :cendolbig :cendolbig :cendolbig