Profesi Human Resource Sebagai Tulang Punggung Perusahaan



Aspek Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Resources (HR) menjadi salah satu posisi profesi penting yang bahkan disebut sebagai 'tulang punggung' perusahaan. Profesi di bidang SDM menjadi salah satu pekerjaan yang paling dicari oleh perusahaan apapun karena setiap perusahaan yang berkembang akan terus menambah karyawan baru.
 
Apa Tugas Profesi di Bidang SDM
Apa tugas utama profesi ini? Tugas untuk merekrut dan mengelola karyawan menjadi peran sentral profesional di bidang SDM. Itulah mengapa, setiap perusahaan membutuhkan tenaga-tenaga yang andal untuk mengisi pos ini. Merekrut calon karyawan dan menempatkannya pada posisi yang tepat dalam perusahaan menjadi tugas bagian ini. Divisi SDM punya peranan yang penting dalam mengembangkan perusahaan. Yang dibutuhkan sekarang adalah kemampuan teknis yang mumpuni dan memiliki orientasi bisnis yang kuat.
 
Ruang Lingkup Pekerjaan Divisi SDM
Lingkup pekerjaan divisi SDM kini menjadi lebih luas yaitu tentang seni menangani setiap hal yang berkait dengan manusia di dalam lingkup organisasi. Karena yang dihadapi adalah manusia dengan segala keunikannya, maka orang sdm perlu memiliki kemampuan interpersonal yang baik.
 
Jenjang Karir Divisi SDM
Kesempatan jenjang karier di bidang SDM sangat terbuka karena mereka sendirilah yang menciptakan jenjang itu bersama pimpinan perusahaan. Untuk berkarier di bidang SDM, seseorang tidak harus memiliki latar belakang pendidikan psikologi, tapi seseorang yang memiliki latar pendidikan yang terkait ilmu manajemen bisnis  juga bisa berkarier di bidang ini. Yang pasti, bidang SDM tidak mensyaratkan pendidikan khusus tentang SDM. Keahlian di bidang SDM lebih banyak diperoleh dari lapangan. Pendidikan tentang SDM bisa saja mulai dari training-training atau pelatihan untuk meningkatkan skill masing-masing orang di divisi SDM.
 
Memanfaatkan Jasa Konsultan SDM
Tugas utama konsultan manajemen SDM perusahaan adalah membantu perusahaan dengan cara mengelola kualitas SDMnya untuk mencapai tujuan. iBizCoach sebagai lembaga konsultasi bisnis juga meyediakan jasa konsultan SDM untuk berbagai perusahaan, UKM, atau start up.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel