Fakta Menarik Seputar Asian Games 2018 yang Perlu Anda Ketahui


Asian Games 2018 direncanakan akan dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 nanti. Perhelatan Asian Games ke-18 ini, Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah pada ajang pertandingan olahraga antar negara-negara Asia. Salah satu fakta unik yang dilakukan oleh pemerintah untuk mulai menggaungkan perhelatan ini dari jauh-jauh hari adalah dengan mengadakan countdown satu tahun Asian Games pada 18 Agustus 2017 lalu, dengan mengundang girlband asal Korea Selatan SNSD. Tak hanya fakta tersebut, nyatanya perhelatan Asian Games ke-18 yang akan dipusatkan di Jakarta dan Palembang ini juga menyimpan beberapa fakta menarik lainnya yang perlu Anda ketahui, seperti 5 fakta menarik berikut ini!
Indonesia Menggantikan Vietnam sebagai Tuan Rumah

Pada mulanya gelaran olahraga yang berlangsung dua tahun sekali ini akan diadakan di Hanoi, Vietnam setelah mengalahkan dua kandidat lainnya, Surabaya dan Dubai pada pemungutan suara di tahun 2012. Namun, karena sekitar tahun 2014 Vietnam sedang mengalami krisis ekonomi maka Vietnam mengundurkan diri sebagai tuan rumah Asian Games ke 18. Kemudian melalui Olympic Council of Asia (OCA) General Assembly memutuskan bahwa Indonesia terpilih untuk menggantikan Vietnam sebagai tuan rumah Asian Games 2018.
Untuk Pertama kalinya Asian Games Diselenggarakan di Dua Kota

Sepanjang sejarah 17 kali penyelenggaraan Asian Games , baru pada penyelenggaraan yang ke-18 ini Asian Games akan diadakan langsung di dua kota. Indonesia menjadi negara pertama yang menyelenggarakan pertandingan Asian Games di dua kota sekaligus yaitu di Jakarta dan Palembang dalam waktu yang bersamaan. Tak hanya itu perhelatan Asian Games kali ini, terdapat 426 pertandingan yang akan diadakan. Sehingga pertandingan yang berlangsung pada Asian Games ke-18 ini, menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah perhelatan Asian Games.
Surabaya Awalnya Terpilih Sebagai Kota Penyelenggara Asian Games

Sebelum memutuskan Jakarta sebagai salah satu kota penyelenggara Asian Games, Surabaya sebenarnya merupakan kota yang difavoritkan untuk menyelenggarakan event ini. Namun, pemerintah daerah setempat mengundurkan diri karena terpilih menjadi tuan rumah untuk perhelatan Asian Youth Games 2021, sehingga mereka ingin memfokuskan seluruh sumber daya yang ada untuk penyelenggaraan Asian Youth Games 2021 mendatang. Hingga akhirnya Jakarta pun terpilih sebagai Games Hosting dengan alasan kota yang merupakan Ibu kota Indonesia ini memiliki sarana dan prasarana yang mendukung, sementara Palembang ditunjuk sebagai kota pendukung, dengan beberapa kota di Jawa Barat juga akan mendukung perhelatan ini.
Maskot Unik Asian Games 2018 Penuh Filosofi

Pada penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini terdapat 3 maskot unik asli Indonesia, yaitu Bhin Bin karakter yang diambil dari Burung Cendrawasih asli dari Papua, kemudian Atung yang merupakan Rusa Bawean, dan Ika (Kaka) si Badak Jawa. Maskot-maskot tersebut dipilih karena dianggap melambangkan strategi, kecepatan dan kekuatan. Tak hanya itu, maskot-maskot tersebut juga merupakan binatang endemik yang mewakili wilayah Indonesia bagian Timur, Tengah, dan Barat.
Indonesia Mempersiapkan Asian Games 2018 dalam Kurun Waktu 4 Tahun

Sejak diumumkan sebagai tuan rumah untuk perhelatan Asian Games ke 18 pada tahun 2014 lalu, Indonesia hanya diberikan waktu 4 tahun guna mempersiapkan segala sarana dan prasarana untuk event ini. Meskipun memakan waktu hingga bertahun-tahun, tapi jangka waktu ini tergolong cukup singkat bagi sebuah negara dalam mempersiapkan, memodernisasi, hingga membangun tempat dan infrastrukur dibeberapa kota sekaligus. Semoga saja, setelah event ini selesai, semua fasilitas baru yang tersedia, masih bisa terus digunakan dan dirawat dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel