Ingin Memiliki Bayi Kembar? Yuk Intip Cara Membuatnya



Memiliki dua bayi dalam waktu bersamaan mungkin akan terlihat menyenangkan. Tingkah mereka yang menggemaskan kerap menjadi pusat perhatian. Mungkin beberapa diantara kita ada yang sangat menginginkan memiliki bayi kembar namun dari faktor gen yang tidak memiliki riwayat anak kembar. Cara membuat anak kembar sampai saat ini masih dalam penelitian karena belum ada cara yang menjamin anak akan terlahir kembar. Namun ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan bayi kembar.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kemungkinan memiliki bayi kembar.


Program Bayi Tabung

Quote:

Program bayi tabung merupakan proses penggabungan sel telur dan sperma di ruangan laboratorium, bukan di dalam organ kelamin wanita. Sel telur akan diambil menggunakan jarum khusus dan dipertemukan dengan sel sperma pada hari yang sama. Embrio hasil dari penggabungan akan ditransfer ke rahim wanita umumnya hingga tiga embrio untuk memperbesar tingkat kehamilan. Embrio akan tumbuh menjadi bayi. Dengan menggunakan metode bayi tabung, kemungkinan untuk mendapatkan bayi kembar 1:5. Tergantung dari seberapa banyak embrio yang diletakkan di dalam rahim wanita.


Konsumsi Obat Penyubur

Quote:

Pada umumnya obat penyubur berfungsi untuk memperkuat rahim agar telur dapat menempel. Dan tentunya menjaga rahim tetap dalam kondisi sehat agar terhindar dari keguguran. Namun mengkonsumsi obat penyubur juga diyakini mampu meningkatkan kemungkinan mendapatkan bayi kembar. Karena dengan mengkonsumsi obat penyubur dapat meningkatkan kemungkinan mengeluarkan sel telur lebih dari satu pada saat yang bersamaan. Dengan metode ini juga menambah kemungkinan mendapatkan bayi kembar non identik. Terdapat berbagai macam obat penyubur yang beredar dengan kandungan dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengkonsumsi obat penyubur tentunya harus dengan arahan dokter agar cocok dengan kondisi badan kita.


Inseminasi Intrauterin dan Obat Penyubur

Quote:

Tujuan dari inseminasi buatan adalah untuk meningkatkan jumlah sel sperma yang dapat mencapai tuba falopi. Tindakan ini biasanya dilakukan pada pasien yang mengalami masalah infertilitas (yang diketahui penyebabnya maupun tidak). Terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan untuk menjalankan tindakan ini yang harus dengan arahan dokter. Singkatnya, inseminasi buatan akan memperpendek jalan sperma sehingga dapat melewati hambatan yang mungkin akan terjadi. Sebagian wanita menggunakan cara ini dan mengkonsumsi obat penyubur, bisa mendapatkan anak kembar. Walaupun proses ini sebenarnya tidak meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi kembar.


Perlu kita ketahui juga terdapat beberapa faktor yang mendukung agar mendapatkan bayi kembar. Faktor-faktor berikut ini hanya penambah kemungkinan memiliki bayi kembar. Faktor-faktor diantaranya;


Usia Wanita
Quote:


Pada umumnya wanita yang memiliki bayi kembar memiliki kadar FSH yang tinggi dalam tubuh. Hormon FSH menstimulasi salah satu folikel ovarium agar matang dan dapat memproduksi hormon estrogen. Estrogen akan mendorong lapisan rahim untuk pulih kembali. Ketika sel telur dibuahi, hormon estrogen akan menghentikan produksi SFH. Biasanya kadar SFH tinggi pada wanita yang berusia 35 tahun. Sehingga memungkinkan wanita tersebut melahirkan bayi kembar.

Selain itu, terdapat kembar dizygotic twin (DZ) atau kembar yang berasal dari sel-sel telur yang berbeda. Prinsipnya kembar DZ terjadi karena keluarnya lebih dari satu sel telur dalam sekali ovulasi. Faktor yang memberi kontribusi pada kembar DZ diantaranya usia wanita saat melahirkan.

Riwayat Memiliki Anak Kembar dalam Keluarga
Quote:

Menurut dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD ; penyebab pasti dari kehamilan kembar masih misteri. Namun, banyak penelitian menunjukkan faktor-faktor yang memberi kontribusi terjadinya kehamilan kembar. Kembar monozygotic twin (MZ) merupakan kembar yang berasal dari sel telur yang sama yang sering disebut kembar identik. Kembar MZ lebih cenderung dilihat sebagai kejadian yang acak (kebetulan) dalam populasi. Namun beberapa penelitian menunjukkan adanya pengelompokan keluarga (family clustering) pada kejadian kembar MZ. Yang artinya adanya faktor genetik yang berperan dalam menimbulkan kehamilan kembar MZ.

Berat Badan Ideal
Quote:

Berat badan wanita yang cenderung lebih kurus, peluang untuk mendapatkan bayi kembar semakin kecil dibandingakan seorang wanita yang memiliki badan ideal. Terdapat juga beberapa makanan yang dapat dikonsumsi yang telah diteliti berperan meningkatkan kemungkinan hamil kembar. Konsumsi makanan yang mengandung estrogen dan insulin growth factor tinggi. Seperti; susu, telur, kurma dan masih banyak lagi.

Angka Kehamilan
Quote:

Untuk wanita, semakin banyak anak yang dilahirkan maka semakin tinggi kemungkinan untuk mendapatkan bayi kembar. Hal ini dituturkan oleh dr. Benny Johan Marpaung, Sp.OG ; Ini dikarenakan sistem reproduksi wanita bekerja dengan bagus dan tidak ada masalah dengan ovulasi. Sehingga memungkinkan menghasilkan lebih dari satu sel telur saat ovulasi menjadi lebih besar


Sekali lagi, faktor dan metode di atas merupakan usaha untuk meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi kembar. Terlepas dari itu semua, syukuri apapun yang Tuhan berikan. Memiliki bayi laki-laki, perempuan, kembar atau tidak itu atas kuasa dan anugrah yang telah Tuhan titipkan. Tidak ada cara yang menjamin 100% seseorang akan mendapatkan bayi kembar. Yang terpenting adalah ibu dan bayi dalam keadaan sehat dan selamat. 


Sekian thread sederhana tentang beberapa cara dan peluang untuk menghasilkan bayi kembar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita ya Gan Sis. 


Melansir dari berbagai sumber dan penelitian yang telah dirangkum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel