Innovator's Dilemma: Meruntuhkan Raksasa dengan Senyap
Friday, August 3, 2018
Apa yang sebenarnya membuat Raksasa Google terus berjaya? Kenapa Facebook dari dulu hingga sekarang masih menjadi aplikasi favorit? Mengapa Instagram mampu tetap eksis bahkan makin diminati? Lalu apa yang membuat BMW selama puluhan tahun terus menjadi ikon kemakmuran yang terus diburu orang?
Kenapa mereka bisa melakukannya? Kenapa harus mereka, tidak merek lain?
Google, Facebook, Instagram, BMW dan merek-merek sukses lainnya mampu terus berjaya dan eksis dalam persaingan karena mereka terus berinovasi. Dalam persaingan yang semakin ketat, inovasi menjadi kunci mutlak agar tetap berjaya dan eksis. Akan tetapi inovasi saja tidak cukup, bisa menjadi senjata makan tuan kalau tidak digunakan dengan bijaksana. Kok bisa?
Bagaikan pasukan khusus yang dengan senyap mendekati sasaran. Begitu sasaran sudah di jangkauan tembak, dor dor dor sasaran langsung OK. Kalaupun sasaran sadar kalau mereka telah dikepung, mau melakukan perlawanan sekeras apapun sudah sangat terlambat untuk bertahan. Cepat, Senyap dan Mematikan.
Ada tiga pelajaran yang dapat kita ambil dari fenomena Innovator's Dilemma.
Pelajaran Pertama: Mau Mendengar Oranglain
.
Pernah terpikirkan kenapa Instagram mampu tetap eksis bahkan makin diminati oleh penggunanya? Salah satunya karena Instagram mau mendengarkan oranglain (penggunanya). Yang dirasa bagus oleh pihak internal Instagram belum tentu bagus menurut pengguna Instagram. Inovasi Instargarm seperti filter foto, IGTV hingga Fitur bertanya di status oranglain merupakan inovasi karena Instagram mau mendengarkan keinginan penggunanya.
.
Pelajaran Kedua: Terlalu Cinta Dapat Membunuhmu
.
Terlalu mencintai produk unggulan dari brand sendiri, merasa produk sendiri lebih unggul dibanding produk kompetitor sering kali membuat kurang peka dengan lingkungan sekitar/ perubahan eksternal. Menjadi lengah untuk berinovasi dan merespon perubahan. Saat sadar biasanya sudah terlambat, penyesalan selalu datang saat situasi diluar kendali.
.
Pelajaran Ketiga: Serangan Muncul Dari Arah Tak Terduga
.
Musuh yang menakutkan ternyata bisa berasal dari arah yang tidak diperhitungkan sebelumnya. Mereka datang dari industri lain, bergerak dengan senyap/ silent movement masuk dan akhirnya mengacaukan keadaan pasar, bahkan menantang dan menjatuhkan raksasa lokal. Peta persaingan berubah dengan sekejap, maka bergerak cepat merespon perubahan adalah solusinya. Sebagus apapun inovasinya bila kompetitor lebih dulu bergerak, untuk tetap bertahan pun susah.
Sekian tulisan singkat ini, semoga bermanfaat. Kalau ada manfaatnya diambil pelajarannya, kalau ada jeleknya dibuang saja.
.
.
.
Promosi Gratis dengan Konversi Tinggi dan Menjangkau Prospek TEPAT secara Otomatis. Cara Promosi Jaman NOW! Senjata Rahasia Pemasaran Online. Jagoan Whatsapp Marketing