Karoseri Bus Indonesia Siap Menembus Pasar Global
Saturday, August 4, 2018
Quote:
Quote:
Karoseri Laksana merupakan salah satu karoseri kenamaan di Indonesia yang berbasis di Ungaran, Jawa Tengah. Laksana memiliki beberapa model produk untuk bus besar dan bus sedang yang bisa difungsikan untuk BRT, bus kota, bus antarkota dan bus pariwisata. Salah satu model unggulannya yaitu All New Legacy Sky SR-2 series, seperti; All New Legacy Sky SR-2, All New Legacy Sky SR-2 HD Prime dan All New Legacy Sky SR-2 XHD Prime. Untuk bus besar model All New Legacy Sky SR-2 series ini hanya diperuntukan bagi chassis bermesin belakang.
Bus yang merupakan sarana transportasi massal tentunya harus memperhatikan aspek keselamatan bagi penumpang/penggunanya khususnya dari sisi konstruksi bus. Untuk memastikan keselamatan itu, Laksana sudah melakukan uji guling (rollover test) pada produknya sesuai standar regulasi internasional ECE-R66, hal itu menjadikannya sebagai karoseri bus pertama yang melakukan rollover test di Indonesia. ECE–R66 adalah standar pengujian kendaraan yang berlaku di negara–negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). Standar ini mengatur tentang kekuatan superstruktur kendaraan ketika dilakukan uji guling (rollover test).
Aturan ini hanya berlaku untuk kendaraan jenis bus berlantai satu (single deck) yang dibuat untuk mengangkut penumpang lebih dari 22 orang ditambah dengan pengemudi dan krunya. Dalam standar ECE-R66 yang dianalisis adalah kekuatan superstrukturnya, bukan bodywork. Superstruktur adalah komponen-komponen dari kendaraan yang berpengaruh langsung terhadap kekuatan dan penyerapan energi ketika kecelakaan rollover terjadi.
Sedangkan bodywork adalah semua struktur komplit dari kendaraan yang sudah siap jalan yang mencakup ruang penumpang, ruang sopir, bagasi dan bagian-bagian mesin lainnya. Standar ECE R66 menekankan bahwa superstruktur kendaraan harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menjamin keselamatan penumpang, sopir dan awak bus jika terjadi kecelakaan terguling. Untuk itu didefinisikan ruang aman penumpang (residual space) dengan persyaratan sebagai berikut:
Menurut standar ECE-R66 ada beberapa metode pengujian rollover terhadap kekuatan superstruktur bus yaitu:
Sekarang kita bergeser membahas soal desain. All New Legacy Sky SR-2 series menggunakan desain floating roof, yakni pada pilar A dan pilar Z, pilar paling depan dan belakang sebuah bis diberi warna hitam yang membuat atap terkesan mengambang, terpisah dari bodi. Perbedaan antara All New Legacy Sky SR-2 dan versi Prime sendiri terletak pada bagian depan, All New Legacy Sky SR-2 menggunakan single glass sedangkan versi Prime menggunakan double glass.
Pada Juli 2018, Karoseri Laksana mendapat Anugerah Good Design Indonesia 2018 pada kategori design bus All New Legacy Sky SR-2 HD/XHD Prime. Ke 26 produk yang mendapat Anugerah Good Indonesia 2018 ini, termasuk Laksana akan mewakili lomba Good Design Award di Jepang.
GDI adalah sebuah pengakuan yang diberikan kepada hasil karya desain terbaik Indonesia untuk memperkenalkan kualitas dan desain tersebut ke dunia luar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan. Penyelenggaraan GDI bertujuan untuk menemukan desain superior baru di Indonesia, serta sebagai gerbang untuk meraih pengakuan global dimana produk Indonesia dapat masuk dalam tatanan desain internasional.
Lebih jauh lagi, GDI bertujuan untuk mendorong semakin banyak produk berbasis desain yang memenuhi prespektif Pasar. Dimana tujuan akhirnya ingin menunjukkan dan mempromosikan desain yang baik untuk masyarakat serta memicu pengembangan produk di masa depan.
Melalui Good Design Indonesia diharapkan peraih penghargaan dapat mempermudah promosi produknya di pasar internasional.
Mundur sedikit ke belakang.. sejak sejak 2009 Laksana telah menerima pesanan bus dari luar negeri. Pesanan tersebut datangnya dari Rep. Kepulauan Fiji. Awalnya, bus produk Laksana dipesan sebuah hotel namun kini pesanan berkembang, beberapa perusahaan jasa angkutan bus di sana ikut memesannya. Produk pertama mereka yang diekspor adalah model Nucleus III. Pesanan, gak cuma bus besar, tapi juga bus-bus sedang. Semua model bus Laksana yang beredar di Indonesia juga bisa ditemukan Fiji, mulai dari Legacy Sky SR-1, Tourista, Nucleus, New Proteus, Discovery, All New Legacy SR-1, Legacy Sky SR-2 dan model custom lainnya.
Model-model tersebut dibangun di atas chassis Scania K360IB, Hino R260, A235 maupun Hino RM yang didatangkan dari Thailand. Setelah hampir satu dekade mengekspor bus ke Fiji, Karoseri Laksana, yang bermarkas di Ungaran, Jawa Tengah, memperluas pasar mereka ke Asia Selatan, tepatnya Bangladesh.
Referensi, referensi 2, referensi 3, referensi 4
Bus yang merupakan sarana transportasi massal tentunya harus memperhatikan aspek keselamatan bagi penumpang/penggunanya khususnya dari sisi konstruksi bus. Untuk memastikan keselamatan itu, Laksana sudah melakukan uji guling (rollover test) pada produknya sesuai standar regulasi internasional ECE-R66, hal itu menjadikannya sebagai karoseri bus pertama yang melakukan rollover test di Indonesia. ECE–R66 adalah standar pengujian kendaraan yang berlaku di negara–negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). Standar ini mengatur tentang kekuatan superstruktur kendaraan ketika dilakukan uji guling (rollover test).
Spoiler for Rollover test:
Aturan ini hanya berlaku untuk kendaraan jenis bus berlantai satu (single deck) yang dibuat untuk mengangkut penumpang lebih dari 22 orang ditambah dengan pengemudi dan krunya. Dalam standar ECE-R66 yang dianalisis adalah kekuatan superstrukturnya, bukan bodywork. Superstruktur adalah komponen-komponen dari kendaraan yang berpengaruh langsung terhadap kekuatan dan penyerapan energi ketika kecelakaan rollover terjadi.
Sedangkan bodywork adalah semua struktur komplit dari kendaraan yang sudah siap jalan yang mencakup ruang penumpang, ruang sopir, bagasi dan bagian-bagian mesin lainnya. Standar ECE R66 menekankan bahwa superstruktur kendaraan harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menjamin keselamatan penumpang, sopir dan awak bus jika terjadi kecelakaan terguling. Untuk itu didefinisikan ruang aman penumpang (residual space) dengan persyaratan sebagai berikut:
- Tidak ada bagian dari kendaraan yang berada di luar residual space pada awal pengujian (seperti pilar, safety ring, bagasi) tetapi menjadi masuk ke residual space selama atau setelah pengujian.
- Tidak ada bagian-bagian bus yang berada di residual space seperti kursi penumpang yang keluar dari daerah tersebut selama pengujian berlangsung.
Spoiler for Rollover test:
Menurut standar ECE-R66 ada beberapa metode pengujian rollover terhadap kekuatan superstruktur bus yaitu:
- Pengujian dinamik dengan menggunakan badan kendaraan dalam kondisi lengkap.
- Pengujian dinamik dengan menggunakan body section
- Pengujian kuasistatik dengan menggunakan body section
- Menggunakan simulasi computer dengan pembebanan dinamik.
Spoiler for Rollover test:
Sekarang kita bergeser membahas soal desain. All New Legacy Sky SR-2 series menggunakan desain floating roof, yakni pada pilar A dan pilar Z, pilar paling depan dan belakang sebuah bis diberi warna hitam yang membuat atap terkesan mengambang, terpisah dari bodi. Perbedaan antara All New Legacy Sky SR-2 dan versi Prime sendiri terletak pada bagian depan, All New Legacy Sky SR-2 menggunakan single glass sedangkan versi Prime menggunakan double glass.
Spoiler for Floating roof All New Legacy Sky SR-2 HD Prime:
Pada Juli 2018, Karoseri Laksana mendapat Anugerah Good Design Indonesia 2018 pada kategori design bus All New Legacy Sky SR-2 HD/XHD Prime. Ke 26 produk yang mendapat Anugerah Good Indonesia 2018 ini, termasuk Laksana akan mewakili lomba Good Design Award di Jepang.
GDI adalah sebuah pengakuan yang diberikan kepada hasil karya desain terbaik Indonesia untuk memperkenalkan kualitas dan desain tersebut ke dunia luar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan. Penyelenggaraan GDI bertujuan untuk menemukan desain superior baru di Indonesia, serta sebagai gerbang untuk meraih pengakuan global dimana produk Indonesia dapat masuk dalam tatanan desain internasional.
Spoiler for Good Design Indonesia 2018:
Lebih jauh lagi, GDI bertujuan untuk mendorong semakin banyak produk berbasis desain yang memenuhi prespektif Pasar. Dimana tujuan akhirnya ingin menunjukkan dan mempromosikan desain yang baik untuk masyarakat serta memicu pengembangan produk di masa depan.
Melalui Good Design Indonesia diharapkan peraih penghargaan dapat mempermudah promosi produknya di pasar internasional.
Mundur sedikit ke belakang.. sejak sejak 2009 Laksana telah menerima pesanan bus dari luar negeri. Pesanan tersebut datangnya dari Rep. Kepulauan Fiji. Awalnya, bus produk Laksana dipesan sebuah hotel namun kini pesanan berkembang, beberapa perusahaan jasa angkutan bus di sana ikut memesannya. Produk pertama mereka yang diekspor adalah model Nucleus III. Pesanan, gak cuma bus besar, tapi juga bus-bus sedang. Semua model bus Laksana yang beredar di Indonesia juga bisa ditemukan Fiji, mulai dari Legacy Sky SR-1, Tourista, Nucleus, New Proteus, Discovery, All New Legacy SR-1, Legacy Sky SR-2 dan model custom lainnya.
Spoiler for Ekspor ke Fiji:
Spoiler for Ekspor ke Fiji:
Model-model tersebut dibangun di atas chassis Scania K360IB, Hino R260, A235 maupun Hino RM yang didatangkan dari Thailand. Setelah hampir satu dekade mengekspor bus ke Fiji, Karoseri Laksana, yang bermarkas di Ungaran, Jawa Tengah, memperluas pasar mereka ke Asia Selatan, tepatnya Bangladesh.
Spoiler for Ekspor ke Fiji:
Spoiler for Ekspor ke Fiji:
Referensi, referensi 2, referensi 3, referensi 4
Spoiler for BUKA:
Quote:
Official Thread yang Berkaitan dengan Bus:
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Quote:
Thread terkait:
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE]
Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP
Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Menggunakan Kursi yang Beda dari Biasanya, Gan!
Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan
Jangan Remehkan. Pengemudi Bus Juga ada Kompetisi Resminya
Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta
Bus AKAP Ini Punya Lebih dari Satu Layanan Kelas dalam Satu Busnya
Rumah Makan Ini jadi Tempat Servis Makan Favorit Penumpang Bus AKAP
Serba-Serbi Gemar Naik Bus
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Pesona Warna-Warni Lampu Bus di Malam Hari
Multimedia On Demand yang Memanjakan Penumpang Bus
Naik Bus Tiketnya Jangan Dibuang. Desain Tiket Busnya Collectable, Gan!
Tak Sengaja Menikmati Nyamannya PO Mulyo Indah Kelas Eksekutif
Estafet Denpasar - Jakarta Bersama Surya Bali dan PO Haryanto
Keren, Gan! Inilah Bus Ekonomi Non-AC Termewah di Kelasnya
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE]
Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP
Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Menggunakan Kursi yang Beda dari Biasanya, Gan!
Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan
Jangan Remehkan. Pengemudi Bus Juga ada Kompetisi Resminya
Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta
Bus AKAP Ini Punya Lebih dari Satu Layanan Kelas dalam Satu Busnya
Rumah Makan Ini jadi Tempat Servis Makan Favorit Penumpang Bus AKAP
Serba-Serbi Gemar Naik Bus
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Pesona Warna-Warni Lampu Bus di Malam Hari
Multimedia On Demand yang Memanjakan Penumpang Bus
Naik Bus Tiketnya Jangan Dibuang. Desain Tiket Busnya Collectable, Gan!
Tak Sengaja Menikmati Nyamannya PO Mulyo Indah Kelas Eksekutif
Estafet Denpasar - Jakarta Bersama Surya Bali dan PO Haryanto
Keren, Gan! Inilah Bus Ekonomi Non-AC Termewah di Kelasnya
Quote: