3 Hal Ini Bikin Amalan Jadi Sia-Sia

3 Hal Ini Bikin Amalan Jadi Sia-Sia

Agar amalan agan nggak sia-sia, ada beberapa hal yang harus agan hindari. Apa saja ya?



Berinfak. (Wajibbaca.com)

Inibaru.id – Agan, umat muslim diwajibkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan untuk meraih pahala, salah satunya dengan beramal. Tapi, tahukah agan ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gugurnya pahala sebuah amal?

Menuurut Dr KH Hasan Basri Tanjung MA, ada tiga hal yang menyebabkan amal seseorang menjadi sia-sia gan. "Ada manusia yg beramal di dunia ini tapi hasilnya tidak ada atau rusak. Buya Hamka menyebutnya seperti perut kembung yg berisi angin jika keluar baunya busuk," katanya.



Mengaji. (Hidayatullah.com)

Lebih lanjut, dosen Institut Ummul Quro Al Islami (IUQI), Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat itu mengupas makna Surat Al-Kahfi (18) ayat 103-106 untuk menjelaskan hal-hal yang menggugurkan amal.

"Yang pertama, 'ujub terhadap diri sendiri. Kagum atas pencapaian ibadah ritual dan sosial sehingga cenderung meremehkan org lain," kata pengasuh Sekolah Dinamika Umat, Telaga Kahuripan, Parung, Bogor, Jawa Barat tersebut.

Kedua, menyebut-nyebut kebaikan yang dilakukan di masa lalu. "Termasuk, jika bersedekah menyakiti hati orang yang menerimanya, seperti dinyatakan Allah dalam Surat Al-Baqarah (2) ayat 262-264," lanjutnya.

Ketiga, riya dan sum'ah. Beramal hanya karena kepentingan duniawi atau pribadi. Ingin dipuji dan dihormati sebagai orang baik, bukan karena mengharap rida Allah SWT.

"Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam Surat Al-Insan (76) ayat 8-9. Juga, merasa lebih taat dan suci dari orang lain, sebagaimana ditegaskan Allah dalam Surat An-Najm (53) ayat 32," ujarnya.



Berdoa. (Tarbiyah.net)

Semua itu, adalah tipu daya setan untuk menjerumuskan manusia ke dalam neraka kelak. Jika agan melakukan ketiga hal tersebut, maka itulah manusia paling rugi amal perbuatannya.

"Menduga banyak dan baik amalannya ternyata tak bernilai apa-apa di hadapan Allah. Puasa mendidik kita ikhlas beramal semata karena dan untuk Allah," tandas Dr KH Hasan Basri Tanjung.

Yuk gan, kita jaga amal perbuatan kita dari tiga hal tersebut!



*SUMBER:inibaru.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel