Kuliner Legendaris Di Jogja Meski Kaki Lima Wajib Dicoba

Jika liburan di kota Jogja tidak hanya dihargai atau mengunjungi tempat wisata dan budaya, tetapi juga kegiatan kuliner tidak boleh dilewatkan. Kuliner Jogja terkenal dengan masakan tradisionalnya yang akan membuat Anda ingin terus mengunyah. Salah satu spesialisasi kulinernya adalah Gudeg. Dapur ini sebenarnya terkenal dan ikon dari kota Jogja. Tapi bukan berarti Anda harus mencoba hanya panas, ada berbagai jenis masakan legendaris di kota-kota lain di Yogyakarta. Berikut adalah rekomendasi kuliner Jogja yang tidak boleh Anda lewatkan, meskipun hanya hidangan kuliner.

Es krim Gandul

Camilan ini adalah masakan yang sangat tradisional dan legendaris karena populer beberapa dekade yang lalu. Namanya Gandul Ice, mungkin untuk Anda, anak-anak tahun 80-an dan 90-an, Anda harus mencoba es krim ini. Jika di masa lalu es kayu ini diikat dengan tali. Es krim berbasis kerak ini adalah es yang ditumbuk atau dicetak dengan tutup kaca dan diberi sirup manis lalu diikat dengan tali. Jadi, cara makan dari bawah terlebih dahulu dengan mengangkat tali. Anda dapat menemukan es steril ini di kota Jogja.

Kupat Lontong Pak Pangat

Salah satu masakan legendaris lainnya adalah Kupat Lontong Pak Pangat, yang terletak di Jalan Panembahan Senopati n. 12, Kimirirejo, Magelang Tengah. Dapur ini berisi potongan kupat dan tahu. Namun jika berada di stand Pak Pangat, itu cukup lengkap karena ada tambahan bakwan goreng yang cukup kering dan renyah dan apa yang tidak bisa dilewatkan adalah pretzel. Dapur ini memiliki rasa yang enak dan harga yang murah yaitu Rp. 10.000 per porsi. Dan tentu sangat memuaskan. Nyaman sebagai menu sarapan jika Anda sedang berlibur di Jogja.

Klathak Satay

Jika Anda berada di Jogja, Anda dapat dengan mudah menemukan dapur ini karena ada banyak di Jogja. Untuk sate klathak ini, sedikit trik mutlak diperlukan agar sate daging yang mereka sajikan tidak sulit. Di toko Pak Jito, mereka menawarkan 3 jenis sate yang bisa Anda coba, yaitu sate goreng, sate kecap dan sate klathak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel