Dokter pun Bisa Kena, 5 Akibat Tak Terduga dari Penggunaan Ponsel Seperti Ini

Foto: giphy.com



Spoiler for Pembukaan:



GanSis yang tengah membaca trit ini, khususnya yang berusia 30-an pasti tak pernah menyangka bahwa ternyata dunia yang begitu luas bisa diakses hanya dari genggaman tangan lewat sebuah alat yang dinamakan smartphone atau ponsel pintar. Beruntunglah GanSis yang mampu mengikuti perkembangan zaman digital sekarang ini. Sepertinya inilah era yang pernah diramalkan Steve Jobs yang pernah mengatakan bahwa suatu saat satu rumah memiliki satu komputer dan terhubung dari satu komputer ke komputer lainnya. Jka ada GanSis yang memiliki pemikiran yang sama di masa sebelumnya, sepertinya GanSis salah satu orang terpilih seperti Pakde Steve Jobs. Tepuk tangan deh buat GanSis!


Eits, tapi jangan senang dulu GanSIs. Ternyata, disamping segudang manfaatnya ponsel pintar juga bisa mengakibatkan banyak efek negatif. Ini juga berbanding lurus dengan cara mendidik yang diaplikasikan oleh Steve Jobs pada anaknya yang tidak memperbolehkan anaknya memegang ponsel pintar ini saat masih usia dini. Nah, jadi bagi GanSis yang udah punya buah hati ni, jangan merasa tenang begitu aja ngasih ponsel pintar sama putra-putrinya yang masih belia apalagi masih balita.


Mungkin GanSis sudah mendengar beberapa kali efek buruk ponsel pintar bagi kesehatan. Tetapi, perbedaannya pada trit ini lebih menitikberatkan pada kondisi kekinian yang sering terjadi dan pengamatan pribadi TS sebagai pengguna dan bukan sebagai dokter ya, GanSis. 


1. Penggunaan Ponsel sebelum Tidur



Foto: nytimes.com


GanSis pasti pernah melihat teman atau jangan-jangan pernah mengalami juga menggunakan ponsel pintar ini sebelum tidur. Biasanya posisi sudah siap-siap tidur, kemudian berniat melihat layar sekilas. Alih-alih menjadi pengantar tidur, malah gak bisa tidur. Setelah lihat jam, baru sadar bahwa ternyata waktu 8 jam lebih tersita hanya gara-gara instagraman, youtuban, apalagi malah stalking mantan. Tanpa sadar maka tubuh telah mengalami insomnia.

2. Aktivitas Multitasking 



Foto: cheezburger.com


Mentang-mentang ponsel pintar memiliki fitur multitasking, tak jarang penggunanya juga melakukan berbagai hal sambil asyik memegang ponsel. Paling sering ditemui biasanya ngobrol sama temen di dunia nyata disambi ngobrol sama temen di dunia maya alias chatingan. Jadinya, pesan yang mau diobrolin sama temen yang ada didepan malah dikirim ke pesan chat. Ngaku, GanSis pasti pernah kan? 
Ternyata tubuh manusia tidak dirancang untuk melakukan aktivitas multitasking karena bisa menyebabkan pikun dan linglung seperti pada gambar di bawah ini. Untung aja, di depan mejanya gak ada setrikaan.


Foto: giphy.com


3. Terlalu Fokus Menggunakan Ponsel



Foto: aimpro.net


Fokus memang salah satu sikap yang harus dimiliki setiap orang saat ingin mencapai sesuatu, tetapi fokus tersebut tidak diperuntukkan untuk sebuah ponsel dalam genggaman. Pasalnya tidak sedikit orang yang nyaris kecelakaan bahkan terkena musibah gara-gara terlalu fokus pada ponsel yang ada di tangannya. Bukannya udah sering kan GanSis melihat orang kecebur ke got gara-gara terlalu fokus pada ponselnya, pengendara mobil kecelakaan karena menelpon sambil mengemudi. Bahkan istri juga bisa kesal saat suaminya dipanggil "sayang" tetapi diem aja cuman liatin ponsel. Dikiranya lagi chating sama selingkuhan, dan bla, bla, bla masih banyak efek buruknya.


Foto: giphy.com


4. Penggunaan Ponsel di Toilet



Foto: youtube.com


Bukan lagi buang air besar sambil baca koran, tetapi zaman sekarang bisa mengintip orang lewat jendela kaca ponsel pintar sambil buang air. Sampai-sampai gak sadar kalau dia juga lagi diintip orang. Terlebih bahanya menggunakan ponsel saat buang air besar bisa menyebabkan membengkaknya rektum (anus) yang mengakibatkan ambeyen diakibatkan lamanya durasi jongkok dengan keadaan rektum terbuka dan mengejan.


5. Ketiduran saat Menggunakan Ponsel



Foto: kompasiana.com


Jangan dikira sepele ketiduran sambil memgang ponsel, apa lupa bibir GanSis pernah tertimpa ponselnya gara-gara pegang ponsel sambil tiduran. Kan gak lucu jadinya, ketika bibir jontor berobat ke dokter gara-gara ketimpa hape sebelum tidur. Lebih bahaya lagi jika ponsel menimpa pelipis dan urat sensitif lainnya. 

Foto: giphy.com


Kurang-lebih seperti itulah akibat dari penggunaan ponsel yang berlebihan sepengamatan TS. Jika merasa bermanfaat, jangan lupa komeng, share dan subscribe ya, GanSis. Jika merasa kurang bermanfaat, jangan lupa kasih saran di kolom komentar.


:toast:rate5:cipok:peluk


Jika berkenan di HATI GanSis, jangan lupa perkenankan juga di HT Kaskus

dengan mengisi form di mari 



Pengamatan Pribadai + Sumur



Spoiler for Trit HT lainnya::



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel