Di saat agan bekerja di kantor, mempunyai rekan kerja adalah hal yang penting. Mengapa? Karena mempunyai rekan kerja akan membuat pekerjaanmu tidak membosankan, ditambah lagi rekan kerja bisa saja membantu agan ketika bekerja, dan siapa tahu rekan kerja agan akan menjadi pasangan hidupmu :genit ! Rekan kerja seperti itu tentunya menyenangkan dan mungkin kamu tidak akan pernah menyesal mempunyai rekan seperti itu. Namun, apa jadinya jika rekan kerja yang ada malah justru memberi pengaruh negatif untuk kamu? :thumbdown:thumbdown
Pengaruh-pengaruh negatif dari seorang rekan kerja memang pasti ada, namun ada kalanya pengaruh negatif seperti itu membuat kamu harus menghindari rekan seperti itu. Pengaruh negatif tersebut bisa secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi agan, terutama dalam mental dan kualitas pekerjaan :anjing: . Lalu, tipe rekan kerja seperti apa yang harus dihindari?
Spoiler for TUKANG GOSIP:
Tukang Gosip
Tukang gosip adalah salah satu orang yang harus, mungkin sangat harus dihindari. Jika menggosip yang baik-baik tentang seseorang dan memberikan pujian, mungkin agan harus berteman dengan baik dengannya. Namun, jika rekan agan sangat sering menggosip yang jelek-jelek, dan mungkin bahkan hal-hal yang digosip merupakan sesuatu yang tidak pasti, alias fitnah, lebih baik dijauhi :shakehand .
Lagipula, jika yang rekan agan itu sering bergosip, dan agan berteman dengannya, bukan tidak mungkin ia juga akan menggosipi agan dari belakang dan berbicara yang tidak-tidak tentang agan dari belakang :tai ! Dan ditambah lagi, jika gosip tersebut diberitahu ke atasan, wah tentunya hal itu berbahaya untuk karirmu, gan!
Spoiler for PELEMPAR PEKERJAAN:
Pelempar Pekerjaan
Pelempar pekerjaan mungkin salah satu rekan yang paling dibenci dalam kantor. Mengapa? Karena pelempar pekerjaan berarti melepaskan tanggung jawabnya kepada orang lain, dan lebih parahnya lagi, jika gajinya sama, atau lebih buruknya, gaji sang pelempar pekerjaan lebih besar dibandingkan yang dilempar pekerjaannya. Hal seperti ini membuat rekan seperti itu bekerja sebagai big boss :anjing::anjing:
Rekan kerja seperti ini tentunya harus dihindari, karena hanya akan menjadi benalu dan parasit dalam kehidupan berkantor :D . Rekan seperti ini sudah harus dihindari hingga ia sadar diri bahwa dirinya kurang bijak dalam bekerja.
Spoiler for PENGELUH:
Pengeluh
"Aduh kerjaan gue banyak banget sih.", "Kerjaan lo enak deh, ga kayak kerjaan gue." 2 Kalimat ini sudah cukup menandakan seseorang yang suka mengeluh padahal tiap orang mempunyai pekerjaannya sendiri dan sudah sesuai dengan bobot pekerjaannya, sekaligus dengan gaji yang diberikan. Seorang pengeluh hanya akan mengeluh dan berkata tentang segala sesuatu yang negatif sehingga hanya akan membuat agan kesel dengan segala keluhannya.
Tipe-tipe pengeluh seperti ini, apalagi jika sudah membandingkan pekerjaan, harus dihindari. Para pengeluh hanya akan membuat agan juga menjadi pengeluh, ditambah lagi agan juga harus ikut mendengarkan keluhannya yang banyak dan panjang. Pengeluh-pengeluh seperti ini tentunya tidak baik dalam kehidupan bekerja agan :fuck3:.
Spoiler for TIDAK SUKA DIRINYA DISALAHKAN:
Tidak Suka Dirinya Disalahkan
Seseorang rekan yang pekerjaannya hanya menyalahkan orang lain hanya akan membuat agan mendengarkan keluhan-keluhannya, padahal rekan kerja agan juga mempunyai kesalahan tersendiri. Menyalahkan orang lain tanpa melihat diri sendiri itu sesuai dengan peribahasa "Lempar batu sembunyi tangan" yang berarti orang yang tidak berani bertanggung jawab dan menyalahkan yang lainnya. :fuck2:
Tidak suka dirinya disalahkan hanya akan membuatnya tidak disukai. Lebih baik agan juga menghindarinya, karena tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan ikut menyalahkanmu juga gan :norose:
Spoiler for EGOIS:
Egois
Siapa yang suka dengan orang egois? Orang-orang yang egois hanya mementingkan dirinya sendiri dan hanya mementingkan kepentingannya sendiri, dan nantinya cenderung tidak akan membantu kamu dalam bekerja, bahkan jika mungkin, ia akan menjatuhkanmu pelan-pelan agar ia mendapatkan sejumlah keuntungan yang tidak kamu dapatkan, seperti promosi jabatan, sedangkan kamu tidak naik jabatan dan gaji pun tidak ditambah. Rekan kerja seperti ini sudah seharusnya ditinggalkan, dan jika bisa, tidak perlu ada orang seperti ini di sekitar agan :shutup:.
Keegoisannya hanya akan membuat agan menjadi kesal dan emosi, dan agan akan menjatuhkan diri agan sendiri. Sebisa mungkin, jika agan mempunyai teman kerja seperti ini, sangat disarankan untuk ditinggalkan. Orang-orang seperti ini tidak akan bagus untuk kesehatan mentalmu. :D
Spoiler for PENUNDA PEKERJAAN:
Penunda Pekerjaan
Penunda pekerjaan biasanya merupakan orang yang pemalas. Apa-apa ditunda dahulu pekerjaannya. Ingat, dalam yang namanya bekerja, dibutuhkan kerjasama dalam tim. Jika dalam suatu tim ada orang yang suka menunda pekerjaan atau pun bermalas-malasan, tentunya target tim kamu terancam tidak tercapai. Hal ini akan membuat laporan tim agan tidak bagus, dan ada kemungkinan dimarahi atasan :mad
Rekan kerja seperti ini tidak perlu dihindari, namun sebaik mungkin jaga jarak, karena bisa saja sifat malasnya itu menular ke agan :think: ! Jika sudah menular ke agan, nanti satu tim agan yang kena. Jadi lebih baik, jangan terlalu dekat, karena target tim agan penting! Menunda pekerjaan akan hanya membuat sulit dalam bekerja.
Nah gan, pasti pernah ketemu orang-orang begini deh. Kalo yang unya rekan kerja begini, sebaiknya dihindari. Jika agan ternyata sadar agan begitu, lebih baik ganti sifat daripada dibenci :D