Kesan di Balik 19 Tahun KASKUS : Kisah Ane Sang Pemungut Receh



========================================== Pendahuluan =================================================

Permisi Gan/Sist kembali lagi ke tulisan ane yang newbie ini. Ane disini cuma mau mencurahkan pengalaman ane selama ngaskus, baik itu pengalaman sedih, senang, sampe merasa terpuruk Gan. Sebelumnya ane mau kenalin diri nih, nama ane sebut saja "Miss M" ane anak terakhir dari 3 bersaudara. Latar belakang keluarga ane adalah keturunan Tionghoa dan bisa ditebak keluarga ane semuanya pedagang kelontong di wilayah Jakarta Barat. Ya kalo agan2 nonton film "Cek Toko Sebelah" ya seperti itulah ane kira2, dulu ane dipaksa untuk menjadi penerus bisnis dagang toko kelontong bokap ane. Namun apa daya dominasi bokap ane yang gak fleksibel dan mendengarkan ide dari anak muda yang membuat ane tidak bisa menduduki kursi singgasana kerajaan toko kelontong ane yang cukup fenomenal di wilayah ane. Maklum aja gan, toko ane berdiri sudah lebih dari 25 tahun saat itu. Dan toko itu juga yang membuat kedua kakak ane bisa kuliah di sebuah universitas terkemuka, namun hal tersebut tidak berlaku buat ane. Ane gagal kuliah gan, karena bisnis toko ane bangkrut karena hutang kartu kredit dan tutup, ane sempet kecewa dan marah kepada keadaan kenapa cuma ane yang gak bisa kuliah, sedangkan temen2 ane bisa kuliah, sedangkan ane cuma lulusan SMA yang gak tau masa depannya mau kemana. Btw sebelumnya ane udah sempet tes di salah satu universitas swasta dan udah DP juga karena ane dapat harga khusus, tapi sayang DP hangus dan ane gak ngerasain bangku kuliah.

========================================== Putus Asa ====================================================

Hari demi hari berlalu, ane mulai rajin cari pekerjaan dengan cara browsing internet di warnet. Kerjaan apa pun ane lakuin gan, mulai ngelamar jadi pekerja lipat bungkus kotak teh celup yang 1 kotaknya cuma dibayar 250 perak, namun pas hari interview pas ane ke kantornya ga ketemu gan dimana itu kantor berada (mungkin bukan jodohnya ane buat kerja disitu) Mulai ngelamar jadi admin yang kualifikasi nya cuma berlatar pendidikan lulusan SMA, padahal jiwa ane memberontak kalo disuruh kerja begituan, tapi apa daya demi bertahan hidup dan ingin kuliah. Ane berasa semua jalan tertutup, gak ada satu pun pekerjaan yang mau menerima ane. Sampai akhirnya om ane (Kakak tertua dari nyokap) menawarkan dana segar untuk menyelamatkan bisnis toko ane ini, beliau membantu keluarga ane dengan melunasi semua hutang bank dan memberi modal untuk membuka toko lagi.

========================================== Ada Harapan ===============================================

Akhirnya ane bisa memulai bisnis toko kelontong lagi dengan bantuan om ane gan, tapi ada syaratnya nih, keluarga ane harus mencicil pinjaman dari om ane saat itu 260k perhari. Dan saat pembukaan toko ane yang baru, om ane mendadak jadi auditnya gan, semua barang dagangan ane dicek satu persatu, mulai dari modalnya sampe jumlah stoknya. Ya karena ane udah ditolong mau gak mau ikut aja gan. Ane juga kebagian dana segar gan, waktu itu ane mencoba bisnis snack kiloan dengan berjualan di sekolah ane yang lama, ane keliling ke kelas2 sampe ane nawarin siapa pun yang bisa ane tawarin. Dari situ ane merambah ke dunia online waktu itu mulai dari facebook gan.



Pic: Fesbuk jualan ane
*btw momod jangan delete thread ane dan ga lolosin thread ane ya,
karena ini murni bukan promosi ini hanya ilustrasi dan lapak ane udah ga ada yang ini
;)


Ane saat itu belom kenal yang namanya Kaskus FJB gan, jadi ane cuma masarin di fesbuk aja, coba aja dulu ane udah kenal Kaskus mungkin dagangan ane bisa terkenal ke seluruh Indonesia :cendolgan
Berbekal dengan foto ala kadarnya, ane masih ingat foto produk ane itu pake hp nokiyem yang pada masanya udah ketinggalan sama kompetitor buahberry, sampe akhirnya ane bisa beli gadget buahberry dari hasil jualan ini, karena saat itu demi memudahkan pemasaran produk dan chatting sama customer ane.
Puji Tuhan, bisnis snack ane laku keras dan AKHIRNYA ANE BISA KULIAH dari hasil biaya jualan snack ini :ultahhore

====================================== Kena Musibah = Kenal Kaskus ====================================

Ane berhasil masuk ke Universitas jurusan Broadcasting sesuai dengan cita2 ane, jadi kuli dibalik layar. Dari sisi nilai akademis semuanya berjalan mulus, ane juga kuliah sambil jualan snack. Puji Tuhan karena ane ngerti rasanya gak punya duit tapi mau kuliah, makanya ane belajar yang bener dan kerjain semua tugas dengan baik, sampe akhirnya ane dapet beasiswa sampe ane lulus :toast
Di pertengahan semester sayangnya bisnis snack ane tutup karena perubahan zaman dan gak bisa lanjut lagi karena semakin banyak kegiatan dan tugas kuliah ane. :sorry
Namun masalah datang kembali disaat menjelang kelulusan ane, toko ane kembali bangkrut lg gan, kali ini bukan karena hutang kartu kredit tapi bokap ane divonis terkena penyakit "Hypertiroid" :sorry
Toko ane babak belur karena harus mencukupi kebutuhan kuliah ane dan berobat bokap, akhirnya terpaksa toko ane ditutup dan ane terancam gak bisa menyelesaikan kuliah karena kurangnya biaya. Saat itu tugas akhir ane adalah PKL di salah satu stasiun TV dan membuat drama televisi, tentu membutuhkan duit yang banyak gan. Akhirnya ane mulai browsing2 internet lagi seperti pengalaman dulu, bukan mencari pekerjaan tapi mencari produk apa yang bisa saya jual kembali untuk menutupi kebutuhan hidup. Bisa dibayangkan gan saat itu mau makan aja sulit, beli beras aja gak bisa, tunggu kakak ane gajian baru bisa beli beras, makan seadanya aja. Dan tentu saja itu memperburuk kesehatan bokap ane. Pernah suatu hari bokap ane hampir meninggal dunia di rumah sakit gan, karena saat itu kondisi bokap udah kurus kering (yang ga tau gejala penyakit nya seperti apa bisa browsing). Ane pusing gan sambil harus PKL dan mencari uang buat kehidupan keluarga ane, akhirnya saat itu ane menemukan KASKUS FJB disana ane belum buat lapak gan , tapi berawal dari suka beli paket data inject murah yang populer pada masa itu, ane mulai jalin hubungan komunikasi dengan seller yang kebetulan seller nya ramah dan baik banget. Saat itu ane ditawarin untuk join bisnis jualan paket data murah gan, untungnya memang receh, tapi kalo laku dan banyak yang beli diitung2 kan lumayan bisa beli beras 1 liter. Ane memulai modal pertama ane dengan uang 10 ribu rupiah dengan modal saldo deposit akun inject paket internet. Ane dilatih sama si seller ini hingga akhirnya ane mantap , mulailah jualan ke temen2 kampus dan laku keras juga karena saat itu jarang dan asing jualan paket internet murah dibawah harga operator. Ambisi ane bukan cuma sampai disitu, ane mulai ingin mendapatkan customer lebih banyak lagi dan akhirnya ane buat lapak di KASKUS.



Pic : Lapak Ane di KASKUS
*Mimin Momod kembali lagi ane ingatkan ane gak promosi cuma kasih ilustrasi aja,
ini beneran kisah nyata dan gak dibuat kayak sinetron :toast


Ane buat lapak di FJB tahun 2015 dengan menggunakan id saudara ipar ane, saat itu ane belom buat id sendiri (belum kepikiran) :sorry
Di ID tersebut ane buat lapak segala macam apapun ane jual gan, ane juga jualan powerbank dan ipong generasi ke-4 itu semua barang dari temen ane yang ane markup harganya demi mendapat keuntungan. Ane juga sampe jualan kulkas rumah ane, sampai berpikir apa pun yang bisa dijual di FJB ane jual dah :wkwkwk

Saat ane posting Lapak belum kelihatan pembeli gan, tapi setelah ane sundul beberapa kali mulai lah datang pembeli satu persatu. Sampai akhirnya banyak customer ramai belanja di lapak ane buat beli paket data. Ane memulai bisnis itu gapake modal sama sekali gan! Modal nomor rekening kakek ane dan motor untuk bolak balik ATM untuk isi saldo deposit. Jadi setiap ada yang beli dan transfer baru ane isi saldo deposit, dan setiap keuntungan jualan perhari ane kalau udah mencapai 50 ribu rupiah, ane tarik dan belanjain beras 1 liter, indomie, kerupuk, dan cabe. Makan dengan lauk nasi , kerupuk sama sambel aja udah enak gan! Apalagi masakan nyokap ane luar biasa enaknya. :wagelaseh

Namun gak cukup pendapatan ane untuk membantu biaya pengobatan bokap dan studi ane, akhirnya keluarga ane memutuskan untuk menjual rumah kesayangan ane :sorry sedih dan berat rasanya karena ane udah tinggal disitu dari ane lahir dan berharap masih tinggal disana. Namun nasib berkata lain, bokap harus sembuh dan kuliah harus lulus. Ane posting lah lapak rumah ane di KASKUS FJB dengan harapan bisa laku terjual :nyepi



*PIC : Lapak rumah ane yang dijual :(
Btw Lapak tersebut sudah ane edit karena sudah laku terjual :beer:



======================================== HIDUP BARU = KASKUS ========================================

Singkat cerita rumah ane laku dibeli tetangga, dan ane bisa melanjutkan kuliah. Ane inget DP rumah baru ane terima saat H-1 besok sidang laporan PKL ane, Puji Tuhan dan Thanks God banget ! Dan bokap ane mulai membaik kesehatannya cuma perlu berobat jalan aja sampai sekarang :peluk
Ane mulai mencari rumah mana yang dijadikan tempat singgah hidup ane yang baru, dan ane browsing dan menemukan sebuah lapak di KASKUS. Sebuah apartemen yang harganya masih masuk dalam budget, ane mulai survei dan tawar menawar dan akhirnya deal. Thanks KASKUS ane punya rumah baru!



Pic : Rumah baru ane yang dibeli dari Lapak KASKUS


Singkat cerita ane tinggal di rumah baru tersebut dan ternyata dibonusin 1 buah treadmil sama pemiliknya gan! Btw ane beli apartemen ini full furnished gan. Kebetulan treadmil ane gak pake secara berat badan ane proposional ;) ane jual lagi deh di Lapak KASKUS :matabelo:



Pic : Lapak threadmil ane yang udah laku :wowcantik


Puji Tuhan setelah berbulan2 rajin sundul akhirnya laku juga gan! Pembeli nya adalah KASKUSER, gak pake nawar lagi. Threadmil ane langsung diangkut pembeli dari rumah ane. Ane bersyukur banget gan banyak peristiwa menarik yang berhubungan dengan KASKUS dan mendatangkan berkah tersendiri buat ane dan keluarga ane.


============================================ Happy Ending ==============================================

Dari peristiwa tersebut ane mendapatkan pengalaman dan rasa untuk bersyukur dengan rejeki dan penyertaan yang Tuhan sudah berikan untuk keluarga ane , dari KASKUS ane mendapat suatu pengalaman baru berjualan online yang gak ane sangka bahwa manfaatnya luar biasa! Ane secara ga langsung belajar bagaimana mempromosikan produk ane supaya menarik dan enak dilihat, mulai kenal bb code KASKUS itu kayak gimana, bikin lapak sesuai kategori supaya ga dihapus sama momod, rajin sundul lapak supaya makin laris manis dagangan ane. Ane bisa menghargai setiap penghasilan ane perhari, walaupun receh tapi kalo sedikit demi sedikit lama2 jadi bukit (itu pepatah beneran terbukti gan!) :wagelaseh

Happy Birthday KASKUS! Tanpamu mungkin aku tidak menjadi seperti yang sekarang. Tanpamu mungkin aku tidak mengerti bagaimana caranya menulis thread, membuat lapak, dan mengenal dunia (mungkin ini lebay, tapi ini beneran terjadi di dalam hidup saya bahwa secara tidak langsung dunia maya membantu kehidupan saya untuk lebih maju lagi dan berkembang)
Semoga di ulang tahun ke 19 ini, semakin banyak Kaskuser yang merasakan manfaat Ngaskus, semakin dibukakan pintu rejekinya lagi, dan KASKUS semakin menjadi The Largest Indonesian Community :thumbup karena ane tau untuk menjadi bangsa yang besar diperlukan suatu wadah (Forum) untuk saling berdiskusi untuk memajukan bangsa Indonesia kita tercinta ini :thumbup
Sukses juga untuk inovasi terbarunya! Dan apapun hobby lu ekspresikan #AslinyaLo di KASKUS & #KeepNgaskusGan
:shakehand

Sumber : Kisah Nyata TS
Gambar : Screencapt Lapak ID Kaskus Ipar Ane & ID Kaskus penjual apartemen yang ane beli
:toast

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel