Begini Susah dan Senangnya Jadi Pengendara Motor, No 3 Ngenes Banget Gan!
Ngomongin soal alat transportasi, rasanya kita pasti bakalan setuju kalau yang namanya sepeda motor adalah alat transportasi terfavorit. Nyatanya menurut data dari Badan Pusat Statisik per tahun 2017 saja pengguna sepeda motor di Indonesia tembus di angka lebih dari 13 juta, tepatnya sih 113 030 793. Gimana posisi sekarang yah gan, secara tiap hari makin nambah terus! 5cdc8f61e7120. Rasanya ga heran kalau motor jadi primadona, soalnya selain ga terlalu makan tempat pas di parkir di rumah, sepeda motor juga simpel kalau buat gerak cepet pas lagi buru-buru di jalanan yang padat merayap.
Meskipun keberadaan transportasi umum seperti bus, kereta listrik, ojek, atau angkutan umum tetap ada, mungkin beberapa Kaskuser lebih memilih nge-gas motor ketimbang pakai transportasi lainnya. Ya.. pasti dengan berbagai pertimbangan mulai dari berbagai hal, mulai dari ekonomis dan tentunya praktis karena bisa gercep alias gerak cepet!.
Tapi, jujur yah gan... udah sekitar 8 tahunan ini ane pakai motor demi mobilitas di Ibu kota, dan hampir sewindu lamanya mengaspal di jalanan Jakarta juga penuh dengan cerita susah dan senang yang dialami setiap harinya. Nah, berikut rangkuman susah senangnya jadi pengendara motor...
Hujan dan Panas Udah Bersahabat Deh Gan...
Sebenarnya kondisi panas atau pun hujan itu adalah nikmat, karena ketika lagi dingin dikasih panas maka akan berasa hangat. Sebaliknya, ketika panas dikasih hujan pun bakal jadi sebuah kenikmatan... Jadi perantau yang mengadu nasib di Ibu Kota memang kudu tahan banting, terlebih lagi yang namanya pemotor di mari udah pasti kudu bakalan bersahabat dengan yang namanya panas ataupun hujan. Ketika cuaca panas ga ketulungan udah pasti bakal baju lepek ketika sampe kerjaan. Tapi, kalau pas musim hujan ga bawa mantel, yang ada agan kudu rela basah-basahan ataupun meneduh di bawah fly over ataupun JPO kaya gambar di atas...
Macet..??? Udah Sarapan Tiap Pagi Gan!
Kayaknya ga cuman Jakarta aja deh gan, bahkan beberapa kota besar lain di Indonesia sekarang ini juga udah berasa macet, ayukkk yang wilayahnya udah kena macet komeng di bawah Gan... . Masuk akal, secara penjualan kendaraan tiap hari terus nambah, otomatis pengguna sepeda kendaraan pun ikutan naik yang berujung bisa bikin kemacetan kalau semua pengguna numplek di jalan. Kembali ke kasus ane sendiri nih gan, berdomisili di daerah Citayam, Depok... maka yang namanya macet itu sudah jadi hal yang biasa. Bahkan untuk ukuran ane yang kerja di daerah Mampang dan berangkat dari rumah Jam 5 Pagi menggunakan sepeda motor pun udah ketemu dengan macet,...! (padahal masih pagi buta lhoo.. ). Jalanan berasa lengang ketika ada hari kejepit nasional.. (mungkin kebanyakan orang pada libur panjang dan pada mudik ).
Makanya terkadang jadi pengendara motor ada sedikit enaknya, karena bisa selap-selip atau lewatin jalan tikus demi menghindari jalanan yang padat merayap .
Drama Ban Bocor
Pernah ngerasain tiba-tiba 'Ban Bocor'? Emang sih bisa dialami oleh siapa saja, mau tua atau muda .. mau cewek ataupun cowok..., terlepas dari ada oknum yang iseng ataupun karena memang kondisi ban motor yang udah 'gundul'. Ban Bocor memang hal biasa buat pengendara motor, tapi akan jadi momen luar biasa karena ada drama tambahan kudu dorong sepeda motor berkilo-kilo meter untuk cari tukang tambal ban . Terkadang sekalipun udah sampe di kios tambal ban, tapi ternyata tutup.. itu akan berasa lebih nikmatnya luar biasa Gan.... .
Turun Mesin di Saat Yang Kurang Tepat
Sebenarnya ada banyak penyebab turun mesin pada motor selain faktor usia motor, misalnya sering telat ganti oli, jarang servis besar, plus juga dari kebiasaan pengendara motor itu sendiri. Turun mesin emang bagus buat kendaraan bermotor, karena performa motor bisa baik dan enak lagi saat dipakai. Sayangnya, kadang turun mesin datang tak terduga, karena kejadian saat kondisi keuangan yang sedang kering kerontang alias tanggal tua. Sehingga mau tak mau kudu nunggu gajian tiba, barulah motor bisa dibenerin gan... Seumur hidup sih gan, ane pernah alamin turun mesin di saat yang ga pas, gajian masih seminggu tapi motor Shogun ane udah minta jajan... 5cdc8f61e7210.
Motor Sering Jajan...
Memilih mobilitas tiap hari dengan sepeda motor tentu karena praktis dan pertimbangan segi finansial agar lebih ekonomis. Namun itu semua tentu bakalan bikin ngenes kalau motor suka jajan alias boros konsumsi bahan bakar...! Beberapa orang mengutamakan performa motor yang ngebut, alih alih agar kendaraan biar performa mantul maka kondisi dompet pun jadi terkuras karena konsumsi BBM yang boros. Beli BBM emang ga berasa, tapi kalau misal kan seminggu ngabisin 100 ribu maka sebulan akan ada 400-500 rb buat isi BBM Motor, lumayan kan gan... kalau seandainya motor irit pasti bisa tambah-tambah nabung biar cepet ngelamar gebetan! 5cdc8f61e7186.
Ngomongin soal konsumsi BBM, udah pada kenal soal 'Dynaflex' belum gan? Ini adalah teknologi yang ada di Shell V-Power dengan kelebihan yang nggak cuman membersihkan mesin, tetapi juga membantu memaksimalkan energi dari bahan bakar. Jadi, kalau agan tiap hari gunakan Shell V-Power maka agan bakal ngerasain keuntungan dari teknologi Dynaflex berupa 3x molekul pembersih yang mampu bersihin endapan dan mengurangi gesekan sampai 80% sehingga menghasilkan efisiensi dan performa kendaraan yang semakin baik. Udah ada yang pake Shell V-Power? Ceritain dong di mari Gan...
Sebenarnya sih masih banyak lagi suka duka nya jadi pengedara sepeda motor, mulai dari kena razia gara2 surat ga lengkap sampai dengan dapet cewek cakep satu kerjaan yang nebeng .. Nah kalau versi agan sendiri gimana nih? Apa suka duka selama mobilitas tiap hari dengan sepeda motor???
Sambil ane kerja, ane pantau komentar Kaskuser... dan nanti bakalan balik lagi nangkring di thread ini ...