Definisi Administrasi Keuangan

Uang merupakan alat tukar yang memiliki nilai dalam sosial dan digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga keberadaan uang merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia.

...

Uang merupakan alat tukar yang memiliki nilai dalam sosial dan digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga keberadaan uang merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia.

Dalam dunia pekerjaan, kegiatan mengatur keuangan disebut sebagai administrasi keuangan. Sedangkan menurut masyarakat awam, administrasi keuangan merupakan  kegiatan pembayaran atau transaksi dalam pertukaran barang maupun jasa.

Lalu apakah yang dimaksud dengan administrasi keuangan?
***

Pengertian Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan bukanlah istilah asing dalam keseharian kita. Namun apakah administrasi keuangan itu?

Dalam buku Mengelola Administrasi Keuangan yang ditulis oleh Karyawati (2010), dijelaskan bahwa administrasi keuangan adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan seperti penerimaan uang, pembayaran atau pengeluaran uang, penyimpanan uang dan rekonsiliasi bank.

Tidak hanya mencatat proses keluar masuknya uang, petugas administrasi keuangan juga bertugas untuk menyimpan bukti-bukti transaksi perusahaan atau organisasi. Bukti transaksi tersebut bisa berupa nota, faktur, maupun bentuk catatan tagihan lainnya.

Dalam prakteknya, administrasi keuangan harus memiliki sistem pengelolaan yang baik. Hal itu dikarenakan hasil laporan dari administrasi keuangan dapat digunakan sebagai dokumen untuk pengontrol kondisi di dalam perusahaan.

Melihat pentingnya pekerjaan dalam pengelolaan administrasi keuangan, maka petugas administrasi keuangan harus dibekali ilmu dasarnya yang berhubungan dengan proses penerimaan uang, penyimpanan dan pengeluaran uang guna melakukan transaksi pembayaran pada berbagai kebutuhan di perusahaan atau organisasi.
***

Dasar-dasar Administrasi Keuangan


Dalam sebuah kantor, perusahaan maupun organisasi, petugas pengelola administrasi keuangan paling tidak harus memahami dasar-dasar ilmu akuntansi
Karyawati (2010) dalam bukunya  Mengelola Administrasi Keuangan menjelaskan, bahwa petugas pengelola administrasi keuangan harus memahami seni tentang pencatatan, penggolongan, peringkasan dan pelaporan mengenai peristiwa-peristiwa keuangan yang terjadi di dalam perusahaan atau organisasi dengan cara yang sistematis serta memahami penafsiran dari hasil-hasilnya.
***

Manfaat Administrasi Keuangan

Berikut ini beberapa manfaat dari administrasi keuangan, diantaranya:

Keluar masuknya uang perusahaan atau organisasi dapat dicatat oleh petugas pengelola administrasi keuangan dengan rapi, sehingga perusahaan atau organisasi tersebut memiliki sistem dan kondisi yang lebih teratur.

Petugas pengelola administrasi keuangan akan bertugas menulis laporan kondisi keuangan perusahaan dengan rutin dan transparan, hal ini akan meminimalisir terjadinya penggelapan dana dalam perusahaan.

Petugas pengelola administrasi keuangan yang memiliki peran dalam melaporkan secara rutin kondisi keuangan perusahaan atau organisasi, sangat membantu perusahaan dalam mengontrol dan mengendalikan keuangan perusahaan.

Sekian, Semoga Bermanfaat.
Salam.
Referensi

SILAKAN KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL ASLINYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel