Mari gan, berkenalan dengan “Plague Doctor” yang menyeramkan

Mari gan, berkenalan dengan
Mari gan, berkenalan dengan

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 
...
Mari gan, berkenalan dengan
Mari gan, berkenalan dengan

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Welcome di Thread sederhana ane gan emoticon-WowcantikMari gan, berkenalan dengan
Seperti yang diketahui "Black Plague" atau lebih dikenal sebagai wabah hitam, merupakan momok menyeramkan yang menginvasi dunia, khususnya eropa pada abad pertengahan. Tidak hanya karena banyaknya korban jiwa yang jatuh, namun juga karena kemunculannya yang terkesan "datang dan pergi" secara berulang-ulang. Mau tidak mau berbagai cara pengobatan bermunculan untuk mengatasi jatuh korban jiwa yang lebih banyak, hingga pada akhirnya "Plague Doctor" pun muncul sebagai salah satu aktor yang sedikit-banyak membawa pengaruh besar tentang "bagaimana cara berurusan dengan wabah hitam" yang benar. Bermodalkan jubah hitam kebesaran, topeng stylish, hingga topi kebesaran seperti penyihir, mereka pun mulai mengukir namanya dalam lembaran sejarah. Penasaran gan? Lanjut baca di bawah. Have a good read yak emoticon-Embarrassment

1. All Brand-New Doctor

Mari gan, berkenalan dengan

Ibaratnya merk sepatu, maka Plague Doctor bisa dikatakan sebagai Balenciaga yang baru memasuki medan pertempuran "sepatu", yang sebelumnya telah dikuasai Nike hingga Air Jordan. Pada eropa zaman pertengahan sendiri sebenarnya telah banyak bermunculan dokter-dokter dengan keahlian mereka masing-masing. Sebut saja Physicians yaitu dokter individual yang telah mendapatkan pelatihan medis teoritis dari universitas, Surgeon yang sering diasosiasikan sebagai individu yang memahami tentang pendarahan, atau Apothecaries yang ahli dalam bidang penyebaran obat-obatan, herbal, manisan, hingga parfume. Bahkan terdapat –Knowledgeable Women– ketika dokter lain biasanya seorang laki-laki – yang diketahui memiliki pengetahuan akan ramuan, pembersih, anti-racun, hingga herbalist. Namun ketika masa Wabah Hitam kembai muncul, muncul pula dokter jenis baru yang disebut sebagai Plague Doctor yang memiliki spesialisasi dalam mencegah dan juga memperlakukan wabah. Mereka menjadi primadona dan mendapat tempat di hati rakyat hingga 4 abad kedepan, atau tiap kali wabah hitam kembali muncul. Upgrade juga jaman dulu yak emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

2. Plague Doctor mulai menggunakan pakaian menyeramkannya lama setelah abad pertengahan

Mari gan, berkenalan dengan

Pada awal-awal kemunculannya, Plague Doctor sama sekali tidak menggunakan outfit sebagaimana mereka dikenal sekarang. Baru kemudian  pada abad ke 17, seorang Plague Doctor bernama Charles de l'Orme memperkenalkan konsep jubah hitam nan panjang, sepatu boots, sarung tangan, topi lebar, hingga masker eksentrik. Ide ini bertujuan untuk mengusahakan agar badan sang dokter sendiri menjadi tertutupi secara penuh, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Gile, pengen nanya jadinya "Dok, berapa harga outfit lo?" emoticon-Ngakak (S)

3. Tujuan sebenarnya masker wabah

Mari gan, berkenalan dengan

Masker wabah yang terkenal sendiri sebenarnya diasosiasikan dengan "kemurnian udara". Pada abad 17 hingga 18 sendiri para dokter sebenarnya telah mengenal konsep "miasma" atau penyakit dapat ditimbulkan melalui kontaminasi udara. Lubang dimata topeng dipasangi kaca agar dokter tetap bisa melihat. Sementara bagian hidung panjang nan besar yang menyerupai paruh burung sendiri sebenarnya berisi wewangian, herbal, mint, hingga kamper yang bertujuan untuk menghambat bau yang ditimbulkan oleh pasien, hingga untuk memurnikan udara. Sementara menurut rumor yang beredar cincin disekitar hidung, sama sekali tidak memiliki fungsi yang terkait akan wabah. Ada yang tau gak fungsinya buat apa? emoticon-Bingung (S)

4. Seringkali menggunakan tongkat, agar lebih steril

Mari gan, berkenalan dengan

Plague Doctor seringkali lebih menyukai menggunakan tongkat untuk memeriksa pasiennya ketimbang bersentuhan langsung menggunakan tangan mereka. Mereka biasanya menggunakan tongkat ini untuk menyentuh tubuh pasien, menyentuh bagian tubuh yang sakit, hingga membolak-balikkan tubuh pasien. Tentu saja penggunaan tongkat ini memberikan beberapa fungsi praktikal. Mulai dari dapat melindungi keluarga pasien dari penularan penyakit, hingga melindungi diri sendiri. Tapi kedengaran agak gimana gitu yak emoticon-Cape d... (S)

5. Plague Doctor melayani tanpa pandang bulu.

Mari gan, berkenalan dengan

Ibarat BPJS before it was cool. Plague Doctor biasanya mendapat bayaran tidak secara personal melalui pasien-pasien mereka, melainkan mereka memperoleh bayaran daripada kota itu sendiri, sehingga mewajibkan mereka untuk melayani semua pasien, mulai dari sobat misqueen, hingga sultan. Sebagai contoh Giovanni de Ventura diketahui melayani sebagai anggota daripada komunitas dokter wabah dikota Pavia pada tahun 1479. Sebagai gantinya dia memperoleh gaji bulanan, rumah dinas nan fancy, hak penuh sebagai bagian dari masyarakat, hingga kemewahan hidup lainnya. Dan dia tetap bisa mendapat bayaran pribadi dari pasien, jika para pasien menawarkannya. Banyak duit pasti emoticon-Malu (S)

6. Semakin sakit pasien, semakin buruk pengobatan yang didapatnya

Mari gan, berkenalan dengan

Medis menjadi salah satu part paling tidak menyenangkan untuk hidup di zaman pertengahan. Percaya atau tidak pasien seringkali disarankan untuk meminum urin sendiri, atau mengkonsumsi obat-obatan medis yang bisa terdiri dari cangkang telur, bunga, hingga akar tanaman. Pasien juga terkadang diharuskan untuk menggosok bagian tubuh mereka dengan berbagai hal mulai dari bawang putih, mahkota bunga, arsenik, mentega, hingga yang lebih buruk, kulit ular, bagian tubuh katak, atau sayap merpati. Itu saja? Tentu tidak. Bagi pasien yang mendekati kematian pengobatan terakhir mereka seringkali menggunakan salep merkuri, hingga . . . . . . . . . dipanggang beberapa saat didalam oven. Oh ya,dan juga terdapat teknik untuk memancing diare, agar dapat mengeluarkan, apapun yang saat itu telah iblis masukkan kedalam tubuh pasien. Bingung ane, ini wangsit dukun darimana coba emoticon-Hammer (S)

7. Merangkap menjadi tukang pukul

Mari gan, berkenalan dengan

Bagi mereka yang begitu agamis, penyakit seperti wabah hitam bisa saja disebabkan oleh kemarahan Tuhan atas kesalahan manusia. Sehingga mereka berinisiatif untuk menebus kesahan itu dengan cara menyiksa diri mereka sendiri, biasanya mencambuki diri. Dan bagi yang tidak mampu mencambuki diri sendiri, mereka akan meminta pertolongan Plague Doctor untuk mencambuk mereka emoticon-Takut (S)

8. Plague Doctor : nolep

Mari gan, berkenalan dengan

Pisahkan bagian wibu dan seluruh tetek-bengeknya maka Plague Doctor adalah salah satu individu paling nolife dan kesepian dimasa lalu. Diberikan tempat tinggal yang terpisah dari khalayak ramai, bertujuan agar Plague Doctor tetap aman daripada wabah yang tengah menyebar. Dalam kontraknya sendiri Giovanni de Ventura hanya di perbolehkan mengunjungi kota dengan kawalan ketat, kecuali dia memang tengah mengunjungi pasien. Diluar itu, setelah mengobati pasien, seorang Plague Doctor sendiri, diketahui akan mengisolasi diri selama 40 hari dari masyarakat, jarang berbicara, hingga diyakini bahwa mereka hidup didalam karantina yang mereka buat sendiri emoticon-Cape d... (S)

~~

Gimana gan? uda pada tau kan fungsi sebenarnya topeng yang lebih mirip sama paruh burung itu hehe, ada bisa nambahin ga ? kalo ada silahkan di koment yak emoticon-Malu (S)

and sekian buat threadnya, thanksbuat yang uda mau mampir dan baca, jan lupa komeng, rate, dan cendolnya hehe emoticon-Ngakak (S)

Stay tune for another thread yak emoticon-Malu (S)

Sumber : disinidisana, dan dimari
Sumber Pict : google gambar

SILAKAN KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL ASLINYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel