Perang Harga dan Dampaknya dalam Kehidupan

http://bit.ly/2YIkYX9

...

http://bit.ly/2YIkYX9

1024

1024

KASKUS

http://bit.ly/2WJNGpV

51

244

http://bit.ly/2HqnNWO

profile-picture
Dunia persaingan bisa dikatakan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan ada di sekitar kita mulai dari persaingan kecil hingga persaingan besar. Banyak macam persaingan yang bisa ditemukan mulai dari persaingan cinta hingga persaingan perebutan kursi pemerintahan, semua itu bukanlah sesuatu yang asing bagi kita. Begitu juga dalam hal bisnis tentunya seringkali kita akan melihat banyaknya persaingan yang hadir menyapa.
Perang Harga dan Dampaknya dalam Kehidupan

Credit : entrepreneurhub.id


Jenis persaingan pun beragam mulai dari persaingan secara sehat dan tidak sehat. Dunia bisnis memang menarik seperti halnya dalam berperang. Mereka yang bisa menetapkan strategi yang tepat tentunya akan berhasil dalam memenangkan persaingan dalam upaya meraih hati para konsumen. Segala cara pun tak jarang dilakukan dengan berbagai strategi pemasaran yang jitu meskipun dalam realisasinya tak sesuai yang diharapkan. Salah satu strategi dalam bisnis adalah dalam penetapan harga, tak jarang  perusahaan bisnis menetapkan harga yang lebih rendah demi memenangkan persaingan. Bila hal ini direspon oleh para kompetitor tentu akan terjadi sesuatu hal yaitu perang harga.

Perang harga memang bisa saja terjadi dalam dunia bisnis, tak jarang memang ditengah ketatnya persaingan perang harga pun seringkali terjadi. Seperti dalam persaingan operator seluler di negeri ini seringkali terjadi. Berawal dari promo telpon dan SMS murah di 2008, perang tarif pun mulai terjadi antar operator seluler di negeri ini dan terkadang saling menjelekkan satu sama lain dengan gaya penyampaian yang halus dan mengklaim diri produknya yang termurah sedangkan  yang lain lebih mahal, iklannya pun dulu seringkali bersliweran di televisi.

Begitu juga dengan perang harga di dunia smartphone pun mulai terlihat, Banyaknya smartphone yang harga murah namun spek yang lumayan menjadi buktinya. Bisa dibilang persaingan di dunia smartphone pun cukup sengit, cukup banyak perusahaan yang memproduksi smartphone yang menciptakan produk smartphone yang kualitas bagus namun harganya tidak mahal, semakin banyak smartphone yang murah tentunya semakin ketat persaingan dan "banting harga" pun tak jarang dilakukan. Pangsa pasar smartphone di indonesia yang cukup besar tentunya membuat para pembuat smartphone saling bersaing demi memikat hati para konsumen.

Lalu apa jadinya bila perang harga terus terjadi? perusahaan pun bisa merugi karena perang harga yang ada. Adanya perang harga tentu akan membuat perusahaan semakin terbebani dan mengalami masalah dalam memperoleh keuntungan, selain itu layanan dan kualitas produk pun menurun dan bahkan menjadi buruk hingga ujungnya mengecewakan konsumen dengan pelayanan yang kurang maksimal. Sedangkan bagi konsumen sendiri satu sisi akan teruntungkan dengan adanya perang harga ini dengan berbagai produk dan layanan yang "murah" namun ujungnya pasti konsumen yang dirugikan dengan kualitas produk serta pelayanan yang buruk.

Perang Harga dan Dampaknya dalam Kehidupan

Credit : media.suara.com


Perang harga sebaiknya dihindari karena bisa menjurus pada persaingan usaha yang tidak sehat, perusahaan yang terlibat perang harga tentu akan dirugikan dengan adanya perang harga itu sendiri dalam jangka panjang, konsumen menjadi tak peduli lagi dengan kualitas dan bergantung pada harga. Perang harga bukan hanya perusahaan yang dirugikan, konsumen pun pasti akhirnya akan dirugikan. Untuk itulah perang harga dalam dunia perbisnisan baiknya dihindari agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi banyak pihak. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber 6
Sumber 7
Sumber gambar via google images

Hari ini 03:54

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

profile-picture


SILAKAN KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL ASLINYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel