WAJIB BACA! Daftar Komponen Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik

http://bit.ly/30QpvbI

...

http://bit.ly/30QpvbI

1024

1024

KASKUS

http://bit.ly/2WJNGpV

51

244

http://bit.ly/2VYbOE7

profile-picture
Wuidih bentar lagi lebaran nih gan. Bakalan mudik nggak tahun ini? Kalau mudik lewat jalur darat dan bawa mobil sendiri pastiin mobil agan layak jalan, ya. Cekidot aja deh di bawah ini apa aja yang harus dicek sebelum berangkat mudik!

Persiapan Mobil Sebelum Mudik yang Harus Kamu Lakukan


WAJIB BACA! Daftar Komponen Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik

Tak terasa lebaran semakin dekat yang artinya mudik pun sebentar lagi. Apakah kamu salah satu yang akan mudik melalui jalan darat? Jangan lupa untuk selalu pastikan mobil udah layak jalan, ya. Cek persiapan mobil untuk mudik berikut ini!

Oli Mesin
Sebelum mudik jangan lupa untuk cek volume oli mesin dan batas kilometer pemakaian oli. Pastikan level oli berada di garis antara tanda L dan F. 

Aki
Pastikan aki mobilmu dalam kondisi prima dan terpasang dengan benar. Selain itu juga cek kembali apakah air aki cukup atau nggak untuk menghindari mobil mogok di tengah jalan.

Air Radiator
Agar saat mudik bebas mogok, jangan lupa pastiakn air radiator dalam kondisi penuh. Jangan lupa untuk mengecek kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir dalam kondisi baik.

Kondisi Filter dan Selang Bensin
Pastikan nggak ada keretakan atau kebocoran di filter serta selang bensin mobilmu. Selain itu, cek pula apakah filter dan selang bensin tersumbat atau nggak.

Timing Belt
Jika timing belt sudah digunakan sejauh 50.000 km, kamu harus segera menggantinya. Walau nggak terlihat ada kerusakan, tapi jika sudah mencapai jarak tersebut sangat direkomendasikan untuk menggantinya.

Saringan Udara
Sebaiknya saringan udara dibersihkan sebelum setiap menempuh perjalanan jauh. Pengecekkan ini berguna untuk mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, dan mesing bermasalah.

Tekanan Angin Ban
Pastikan tekanan angin ban mobilmu dalam kondisi yang cukup. Nggak berlebih dan nggak kurang. Hal ini penting untuk dilakukan untuk mobil yang stabil saat dikemudikan pada kecepatan tinggi atau tikungan, menghemat bahan bakar, dan menghindari ban pecah mendadak.

Shock Absorber
Rute mudikmu melewati jalanan yang belum rata? Nah, pastikan shock absorber mobilmu dalam kondisi prima. Sehingga tetap nyaman walau melewati jalan yang nggak rata alias berlobang.

Minyak Rem dan Minyak Kopling
Tentunya kita semua setuju kalau rem adalah komponen vital yang harus bekerja secara optimal. Maka dari itu minyak rem harus kamu cek apakah cukup atau dalam kondisi baik atau nggak. Selain itu jangan lupa juga untuk cek minyak kopling dalam kondisi baik agar kamu bisa melakukan transmisi dengan lancar.

Lampu
Jangan sepelekan kondisi lampu mobil, apalagi kalau kamu akan berkendara pada malam hari. Pastikan lampu mobilmu dalam kondisi layak pakai. Selain lampu utama, pastikan lampu sein juga bekerja dengan baik.

Wiper
Jangan sepelekan juga wiper yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobilmu. Dengan begitu pengemudi pun dapat melihat jalanan dengan jelas dan nggak terganggu.

Semoga agan (dan keluarga kalau dah punya) mudiknya lancar-lancar sampai kampung halaman ya emoticon-Big Grin

Kemarin 20:59

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

profile-picture
hmm mungkin tugiditsnya emoticon-Embarrassment Kemarin 21:16
profile-picture
Kaskus Maniac Posts: 6,994
Yg paling penting sebelum mudik..
Cek saldo ke ATM... Hari ini 05:48


SILAKAN KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL ASLINYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel