Satu-satunya dari Indonesia, BCA Masuk “BrandZ Top 100 Global Brands 2018”
Thursday, May 31, 2018
Jadi satu-satunya brand dari Indonesia yang bersaing dengan brand-brand top dunia, Bank Central Asia berhasil masuk dalam
"BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2018."
"BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2018."
Laporan yang berisi daftar 100 brand yang paling berharga di dunia ini resmi dirilis oleh WPP dan Kantar Millward Brown, Selasa lalu (29/05) waktu Inggris Raya. Kantar Millward Brown merupakan divisi Manajemen Investasi Data milik WPP dan telah menjadi salah satu grup konsultan, informasi dan pengetahuan terbesar di dunia.
Laporan BrandZ Top 100 Global Brands ini mengurutkan merek-merek paling kuat dan bernilai tinggi di dunia. Total brand value dalam BrandZ Top 100 tahun ini senilai $4.4 triliun dengan rekor peningkatan 21% - setara hampir $750 milyar.
Tahun 2018 ini Indonesia mendapat tempat dalam daftar Top 100 Brand Dunia Paling Berharga ini. Bank Central Asia menjadi pendatang baru dan merupakan satu-satunya brand dari Indonesia yang bersaing dengan merek-merek top dunia di daftar ini. Bahkan, BCA mampu mengalahkan merek Adidas di peringkat 100, dan berada tepat di bawah Instagram di peringkat 98. BCA mencapai brand value $12,674 juta, berada sedikit lebih banyak daripada Adidas yang memiliki brand value sebesar $12,456 juta.
Laporan BrandZ Top 100 Global Brands 2018
Dilansir dari laporan BrandZ Top 100 Global Brands 2018, disebutkan bahwa pendatang baru memiliki kekuatan di brand equity (ekuitas merek), dalam segala aspek yang terbagi tiga: Power, kekuatan merek dalam memenuhi permintaan saat ini; Premium, kemampuan brand untuk berpartisipasi lebih dalam kompetisi; dan Potential, prediksi akan permintaan pasar di masa depan. Pendatang baru adalah yang memiliki perbedaan yang berarti. Disebutkan dalam laporan tersebut, Bank BCA melayani basis pelanggan yang luas dengan inovasi seperti mobile app yang disebut eBranch, dan komunikasi media sosial.
Pada peringkat teratas BrandZ Top 100 Global Brands masih diduduki oleh Google dengan total brand value senilai $302,063 juta, meningkat sebanyak 23% dibanding tahun lalu. Peringkat teratas kemudian diikuti oleh merek Apple (2), Amazon (3), Microsoft (4), Tencent (5), Facebook (6), VISA (7), Mc Donalds (8), Alibaba Group (9), dan AT&T (10).
Ini tahun pertama dimana setiap kategori menunjukkan peningkatan. Kategori retail melonjak naik dengan peningkatan 35% karena pergeseran menuju e-Commerce. Merek-merek terkait teknologi seperti Amazon, Alibab, dan eBay mendominasi tidak hanya di kategori Retail tetapi secara umum di BrandZ Global Top 100.
Top 100 Global Brands 2018 datang dari 15 negara yaitu Amerika Serikat, Inggris Raya, Jerman, China, Australia, Kanada, Perancis, Hong Kong, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, dan Swedia. Inilah tahun pertama Indonesia masuk ke dalam BrandZ Top 100 Global Brands, terima kasih kepada Bank BCA tentunya.
Selamat, Bank BCA!
:2thumbup:2thumbup:2thumbup