7 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Kegiatan Susur Gua



TEMPO.CO, Jakarta - Belasan remaja terjebak di Gua Tham Luang, Thailand, sejak 23 Juni lalu, bersama pelatih sepakbola mereka. Mereka menjelajah gua itu usai berlatih, namun tiba-tiba banjir bandang datang hingga menutup jalan keluar.

Saat ini sudah 7 korban berhasil dievakuasi, dan proses penyelamatan terus berlangsung. Peristiwa belasan ana terperangkap di gua ini dan proses evakuasinya yang sulit menjadi perhatian media dunia.

Masih belum diketahui apakah gua itu memang kerap dikunjungi orang kebanyakan, ataukah untuk menjelajahinya perlu ketrampilan khusus seperti dalam jenis olah raga susur gua (caving).

Namun, susur gua pada dasarnya bukan aktivitas luar ruangan atau outdoor biasa. Sedikit berbeda dengan kegiatan lainnya, diperlukan keahlian khusus dan pemahaman tertentu sebelum melakukannya. Beragam risiko pun harus siap dihadapi.

Itulah sebabnya susur gua, baik gua vertikal maupun horisontal, tergolong dalam kegiatan ekstrem. Meski demikian, gua-gua yang umumnya menawarkan petualangan seperti Gua Jomblang, di Yogyakarta, tetap bisa dinikmati wisatawan.

Ada beberapa tip aman susur gua menurut dua caver profesional. Tip ini disampaikan oleh Fathoel Arifin dari Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia (HIKESPI) dan Cahyo Alkantana, Presiden Asosiasi Wisata Goa Indonesia (ASTAGA) and President Indonesia Adventure Travel and Trade Association (IATTA) sekaligus pemilik Jomblang Cave Resort, saat dihubungi Tempo.

1. Kursus caving atau penelusuran gua

Spoiler for :


2. Memperhatikan keadaan cuaca

Spoiler for :


3. Membawa alat penerangan ganda

Spoiler for :


4. Mengikuti arahan pemandu

Spoiler for :


5. Mempersiapkan fisik dan mental

Spoiler for :


6. Memahami teknik tali tunggal

Spoiler for :


7. Menjaga ketenangan

Spoiler for :


Sumur: https://travel.tempo.co/read/1105517...lUtama_Click_4


Bila Berkenan:

:rate5 :cendolbig

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel