Dapatkah Seluruh Kota Berjalan di Sistem Blockchain?
Wednesday, July 18, 2018
Selamat siang teman-teman semua. Saya kembali membagikan insight menarik yang saya dapatkan dari Teknologi.id. Artikel kali ini akan mengulas mengenai kemungkinan dari sebuah kota untuk dapat berjalan di sistem blockchain. Yuk! Langsung simak artikel selengkapnya!
*****
Dengan lebih dari 83 juta penumpang yang bepergian melalui Bandar Udara Internasional Dubai, menjadikan bandara tersebut masuk di peringkat ketiga untuk bandara tersibuk di dunia pada tahun 2016. Kota Dubai sendiri saat ini sedang booming, dengan pertumbuhan populasi tahunan yang melebihi 10%.
Meskipun hal ini dirasa tidak terlalu diperlukan di Timur Tengah, Dubai nyatanya telah menetapkan tujuan ambisius, yakni: Menjadi kota pertama di dunia dengan pemerintahan yang didukung blockchain pada tahun 2020.
Langkah ini adalah transisi yang berani untuk sebuah kota, namun juga tidak terlalu mengada-ada seperti yang kamu pikirkan. Kota pintar yang didukung blockchain lebih dapat dicapai daripada yang dibayangkan orang. Penggunaan untuk blockchain dalam kota hampir tidak ada habisnya, tetapi ada beberapa area utama di mana blockchain akan mewakili peningkatan dramatis.
Mari kita lihat beberapa area untuk melihat bagaimana blockchain dapat memengaruhi kehidupan kota di tahun-tahun mendatang. Lagi pula, jika percobaan Dubai dengan pemerintahan yang didukung blockchainberhasil, kita tidak ada yang tahu siapa yang akan mengikutinya.
Inefisiensi
Banyak kota di seluruh dunia telah bekerja untuk menjadi apa yang kita sebut "kota pintar." Mereka menggunakan perangkat yang terhubung dengan Internet of Things (IoT) untuk melakukan semuanya – dari mulai mendeteksi tembakan hingga pemantauan lalu lintas dan kualitas udara.
Dan coba tebak? Semua perangkat IoT tersebut dapat didaftarkan pada blockchain.
Ada banyak peluang untuk menambahkan blockchain ke sistem kota yang sudah terhubung. Sistem ini mengumpulkan banyak data yang dapat ditempatkan di blockchain. Peningkatan ke blockchain akan mempermudah pemerintah kota untuk mengakses dan mengelola data tersebut.
Katakanlah, ketika cahaya di tiang lampu yang terhubung dengan IoT padam, itu bisa memicu pesan otomatis ke pejabat yang berwenang untuk menggantinya.
Saat ini, ada silo data. Tidak semua kamera keamanan atau kunci elektronik dibuat oleh perusahaan yang sama. Tidak setiap garasi parkir menggunakan sensor parkir yang sama untuk menentukan kapasitas. Jika kita dapat dengan aman mengatur semua data itu ke tulang punggung yang dapat dioperasikan, maka penegak hukum (atau pejabat pemerintah atau siapa pun yang diizinkan mengakses data) akan dapat memperoleh akses itu tanpa melalui beberapa pihak yang terpisah.
Blockchain dapat membantu memecahkan banyak inefisiensi kota dengan segera.
Keamanan publik
Komunikasi dan berbagi data dapat memiliki efek positif pada keselamatan publik juga. Baru-baru ini, penulis berbicara dengan sebuah perusahaan di Boston yang mencoba menggunakan ruang blockchain untuk data keamanan publik di departemen kepolisian. Data mereka terorganisasi dengan sangat longgar. Silo data tidak dapat diakses ke kantor polisi di berbagai lingkungan di dalam kota yang sama. Sistem saat ini sangat belum sempurna, sebagian karena tidak ada cara yang lebih baik untuk berbagi data sensitif antar departemen.
Blockchain dapat menyediakan sistem aman untuk berbagi data sensitif. Kabel tidak akan disilangkan, dan peluang tidak akan terlewatkan karena kurangnya komunikasi. Namun tentunya, hal Ini masih harus ditimbang terhadap hak warga negara atas privasi dan batas pemerintah untuk melacak individu. Tetapi hal ini juga sangat baik untuk melihat orang-orang berbicara tentang berbagi data dan bekerja pada tindakan pencegahan, seperti menganalisis statistik kejahatan dan merencanakan patroli polisi di sekitar informasi tersebut.
Kendaraan umum
Sebagian besar kota-kota besar sangat bergantung pada transportasi umum. Beberapa dari mereka tidak dapat beroperasi tanpanya. Ada peluang untuk menempatkan blockchain bekerja di sini.
New York City baru-baru ini memberikan kontrak $ 573 juta dolar untuk transisi dari MetroCard yang dapat diisi ulang ke pembaca elektronik. Saat ini, komuter New York harus menggesek kartu secara manual dan mengisi ulang dengan uang sesuai kebutuhan. Di kota-kota seperti San Francisco dan London, kamu bahkan tidak memerlukan kartu. Kamu dapat memindai teleponmu dan mengurangi pembayaran dari akun terhubung seperti Apple Pay atau PayPal.
Langkah selanjutnya adalah menggunakan sistem berbasis blockchain untuk membayar. Jika komuter memiliki dompet blockchain di ponsel cerdas mereka, mereka dapat membayar tiket transit, program loyalitas, atau pembelian tanpa kartu.
Dan itu dapat memberikan insentif tambahan untuk menggunakan transportasi umum.
Insentif Cerdas
Aspek lain yang menarik dari kota-kota yang didukung blockchain adalah bagaimana mereka dapat memberi insentif kepada warga untuk membuat keputusan yang positif.
Berikut hipotesisnya:
Katakanlah kamu memutuskan untuk menggunakan transportasi umum untuk bekerja setiap hari pada minggu berikutnya daripada mengemudi. Ketika dompet terdaftarmu digunakan untuk transportasi umum sepanjang minggu, kamu akan mendapatkan diskon pada tagihan supply energi milikmu untuk bulan itu. Atau mungkin kamu bisa dikreditkan untuk satu perjalanan bus gratis.
Apa pun itu, insentif harus dengan halus mendorong orang menuju cara yang etis, berkelanjutan, dan transparan dalam mengkonsumsi dan memproduksi barang dan jasa.
Tentunya hal ini bisa mengarah pada kota yang lebih lestari dan layak huni dengan masalah dan inefisiensi yang lebih sedikit. Di penghujung hari, itulah blockchain yang dapat membantu kita mencapai kota yang lebih cerdas dan lebih sehat. Dan jika Dubai mencapai tujuannya pada tahun 2020, kita mungkin memiliki contoh untuk diikuti hanya dalam beberapa tahun mendatang.
Artikel ini telah tayang di Teknologi.id. Baca artikel sumber.