Ini Tempat Makanan Halal di Kamboja

Ini Tempat Makanan Halal di Kamboja

Tempat makanan halal selalu menjadi masalah utama bagi seorang Muslim ketika berkunjung ke negara dimana umat Islamnya minoritas. Salah satunya seperti Kamboja yang penduduknya kebanyakan menganut agama Budha. Dua destinasi yang selalu jadi agenda traveler adalah Kota Phnom Penh dan Siem Reap.

Tapi don`t worry, sama seperti di negara minoritas Islam lain, selalu ada tempat makanan halal. Asal kita jeli mencari dan menemukannya. Salah satu cara paling mudah ialah mencari di mana ada masjid,  sebab biasanya di lingkungan dekat masjid banyak bermukim penduduk yang beragama Islam. 

Perlu diingat juga , carilah restoran yang memasang logo Halal resmi yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi halal (semcam MUI)nya negara tersebut atau rekomendasi dari sesama Muslim juga, sebab sering terjadi pemahaman yang keliru soal halal ini dari yang non muslim. Asal tidak ada babi lalu dibilang halal. Hehehe?.

Di Phnom Penh dan Siem Reap sebagian besar restoran dan rumah makan halal diusahakan oleh orang Malaysia yang menikah dengan wanita Kamboja. Jadi terasa lebih aman kan?  

Bahkan beberapa resto dan rumah makan memakai nama melayu dan Malaysia sehingga memudahkan kita yang sedang mencarinya. Di plang nama restoran dan rumah makan biasa diterakan logo Halal resmi. Bagi wisatawan Indonesia, tentu saja citarasa Malaysia lebih kena dan familiar ketimbang Kamboja. 

Tapi tak ada salahnya jauh jauh ke Kamboja kita juga mencoba merasakan kulinernya Kamboja karena di restoran itu juga disediakan masakan Kamboja. Sayang kan, jauh jauh ke negeri orang eh yang dicari nasi lemak.

Resto Halal di Phnom Penh
Bagi Anda yang melancong ke Phnom Penh, restoran halal antara lain Malaysian Restaurant - Street 13 di distrik Phsar Chas , Khan Daun Penh,  yang terletak di sebuah ruko dempet. Mudah sekali menandainya karena dipajang bendera Malaysia di kanan kiri pintu masuk.

Mamak`s Corner di jalan utama menuju ke Wat Phnom di belakang Caf? Malaya tak jauh dari Central Market. 

Caf? Malaya terletak di Street 118, Sangkat Phsar Thmey 1, Khan Daun Penh. Buka mulai jam 10 pagi sampai 8 malam kecuali hari Minggu. Dibanding Malaysian Restaurant, Caf? Malaya lebih bagus interior dan eksteriornya. 
D`Nyonya Penang, sebah restoran yang terletak di Psar Thmey  Central Market Phnom Penh. D`Nyonya menawarkan masakan Malaysia. Bisa dicapai beberapa menit saja  hanya dengan berjalan kaki menyusuri Street 130 dari Central Market.

Asmak 81 Restaurant terletak masih di kawasan Central Market, persisnya di Street 154 nomor 70, di sebelah Bunna Institute.

Selain di kawasan Central Market, restoran halal juga terdapat di New York Hotel di Monivong Boulevard, Phnom Penh. tak jauh dari Pasar Odyssey  yaitu D`Wau Restaurant. Letaknya di lantai dasar (ground floor) dan menyajikan makanan Malaysia dan Kamboja.

Restoran Halal di Siem Reap  
Mat Nor Muslim Family Kitchen Restaurant, restoran halal di kota Siem Reap, tepatnya di Steung Thmei Village Svaydangkum 069. Posisinya tidak jauh atau berseberangan dengan Masjid Neakmah (Neakmah Mosque) dan tak jauh dari Angkor Night Market (Pasar malam Angkor) yang terkenal itu.

Haji Musa Muslim Restaurant, terletak disebelah Siem Reap Mosque . 
D`Wau Restaurant , berada di Angkor Shoping Arcade, National Road No. 6, Siem Reap. 

Semoga informasi ini membantu Anda yang akan ke Kamboja, khususnya ke Phnom Penh dan Siem Reap. Have a nice trip? (diurnanta qelanaputra)

http://www.medanbisnisdaily.com/m/ne...al-di-kamboja/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel