Timnas Perancis : Kalah Di Final, Menang Di Final

Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia telah usai, banyak kejutan-kejutan yang menarik dari piala dunia edisi kali ini dimana tim-tim kuda hitam menunjukkan tajinya disini, selain itu tim-tim besar pun terkapar tak berdaya seperti juara bertahan  yaitu Timnas Jerman yang harus tersisih dan harus pulang lebih awal karena kalah di fase grup piala dunia, padahal di Piala Dunia edisi sebelumnya Timnas Jerman mampu menggulung Brazil dengan skor telak 7-1 di semifinal dan mengalahkan Argentina 1-0 di final, selain itu juga Timnas Jerman menjadi juara Piala Konfederasi 2017 yang juga di laksanakan di Rusia, Kutukan juara bertahan di Piala Dunia ini sepertinya memang masih berlanjut.


Credit : pojoksatu.id


Di final kali ini Timnas Perancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia, ini merupakan Piala Dunia yang diraih kedua kalinya setelah raihan  Piala Dunia pertama yang diraih tahun 1998 di laksanakan di negaranya sendiri dengan mengalahkan Brazil dengan skor telak 3-0. Di Piala dunia Kali ini Prancis mengalahkan Kroasia dengan skor yang cukup meyakinkan yaitu 4-2. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi Timnas Perancis tentunya yang kembali merasakan juara Piala Dunia setelah di final sebelumnya di tahun 2006 kalah oleh Italia melalui adu penalti.

Perjalanan yang dilalui oleh Perancis menuju tangga juara tentunya cukup panjang dan tidaklah mudah, di dua tahun sebelumnya Timnas Perancis yang diarsiteki oleh pelatih didier deschamps harus kalah secara menyakitkan oleh timnas portugal di EURO 2016 yang dilaksanakan di negaranya sendiri. Gol yang dicetak Eder di waktu tambahan tepatnya di menit 109 membuat Timnas Perancis yang bertindak sebagai tuan rumah harus merelakan Timnas Portugal yang mengangkat piala EURO 2016.


Credit : indosport.com


Kalah di final EURO 2016 tak membuat Timnas Perancis patah semangat, di babak kualifikasi piala dunia 2018 Zona Eropa Perancis tergabung di grup A bersama tim kuat Swedia dan Belanda dan berhasil menduduki peringkat pertama dengan mengemas poin 23 dengan rincian 7 kali kemenangan, 2 kali seri dan 1 kali  kekalahan. Unggul selisih 4 poin dengan Swedia di peringkat dua yang mengemas poin 19 poin dengan 6 kali  kemenangan, 1 kali seri dan 3 kali kekalahan.

Memasuki fase grup piala dunia, timnas perancis tergabung dengan Timnas Denmark, Peru dan juga Australia di Grup C, Timnas Perancis kembali menunjukkan kelasnya dengan menjadi juara grup C dengan mengemas dua kali kemenangan dan satu kali imbang dengan denmark yang menempati posisi kedua. Lawan Perancis di fase gugur tentunya buakn lawan enteng, di babak 16 Besar, Perancis bertemu dengan Argentina, dan beruntung Perancis bisa mengalahkan argentina dengan skor 4-3. Lolos ke Perempat Final timnas Perancis bertemu dengan tim Uruguay yang menjadi juara Grup A dan berhasil mengalahkan perlawanan Uruguay dengan skor 2-0. Di babak semifinal pun Perancis sudah ditunggu tim kejutan Belgia, dengan susah payah akhirnya Timnas Perancis berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor yang tipis yaitu 1-0.


Credit : tribunnews.com

Keberhasilan Timnas Perancis mengalahkan Kroasia 4-2 membuat Timnas Perancis Sukses memupus rekor buruk di final-final sebelumnya yaitu final Piala Dunia 2006 dan Piala EURO 2016. Hal ini tak lepas dari strategi cerdas yang dirancang oleh Pelatih Didier Deschamps yang mampu membawa Timnas Perancis Juara Piala Dunia baik sebagai Pemain di tahun 1998 Maupun Sebagai Pelatih di tahun 2018. Selain Itu juga kesuksesan Timnas Perancis tak lepas dari pemain-pemain bintang yang bersinar seperti Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe. Dari Piala Dunia edisi kali ini kita dapat belajar bahwa kekalahan bukanlah akhir dari segalanya karena bisa saja kemenangan di esok hari sangat mungkin bisa diraih, seperti Timnas Perancis yang gagal di dua final sebelumnya dan akhirnya berhasil menang di Final Piala Dunia 2018.


Sumber : Diolah dari berbagai sumber (via google)
Sumber gambar via google images

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel