#IniIndonesiaku Kepraktisan Dibalik Implementasi Kearifan Lokal Pada Bangunan Rumah



Quote:


Mungkin kutipan tersebut bisa sedikit menggambarkan betapa bangganya ane kepada Indonesia. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki berbagai macam suku, adat, dan ras. Dengannya pun muncul kearifan lokal yang unik dari berbagai sudutnya. Pada thread kali ini, ane mencoba untuk mengulas sedikit dari implementasi kearian lokal yang berujung pada kepraktisan bangunan rumah. Semoga thread ane tidak :reposts :reposts :reposts dan menjadi informasi buat agan dan sista sekalian. Tidak lupa doa ane buat agan dan sista sekalian semoga yang masih jomblo cepat mendapat jodoh. :malus :malus :malus.



1. Rumah Gadang Tahan Gempa

Spoiler for Mulus:


Mungkin agan dan sista sudah pada tau kalau rumah gadang tidak memakai paku untuk menyatukan rangka kayunya. Rumah gadang meggunakan pasak yang bersifat fleksibel. Hal tersebut membuat rumah gadang menjadi rumah yang tahan gempa. Selain itu, rumah gadang tidak langsung menapak ke tanah, melainkan menapak pada batu sandi. Alas batu tersebut berfungsi sebagai peredam ketika terjadi gempa. Ketika terjadi gempa, maka rumah gadang akan bergoyang dan berayun mengikuti getaran.

2. Rumah Panggung Multi Guna

Spoiler for Mulus:


Jika kita perhatikan, banyak sekali rumah adat di Indonesia yang memiliki arsitektur berupa rumah panggung. Berbagai macam alasan kenapa rumah adat memiliki desain seperti itu. Seperti di pulau komodo, rumah sengaja dibentuk mempunyai kaki agar hewan buas seperti komodo tidak bisa dengan mudah masuk ke area rumah. Atau ruma adat jineng yang mempunyai kolong untuk menyimpan padi.

3. Lubang Gunungan Rumah Penahan Panas

Spoiler for Mulus:


Pada rumah jaman dahulu, sebelum desain minimalis merajalela, biasanya gunungan rumah terdapat lubang. Lubang - lubang tersebut biasa berbentuk nomor rumah ataupun hanya bentuk biasa. Nah, lubang - lubang tersebut ternyata bukan sembarang lubang untuk mempercantik rumah. Lubang tersebut berfungsi sebagai sirkulasi udara yang mengalirkan panas dari atap ke luar rumah. Dengan begitu, panas yang berasal dari atap bisa direduksi sebelum mencapai bagian dalam rumah.

***


Para leluhur tentunya sudah mengalami banyak proses dalam menghadapi tantangan di tempat mereka tinggal dengan karateristik masing masing. Dengan proses panjang itulah terciptalah juga kearifan lokal yang diimplementasikan dalam berbagai aspek. Beruntunglah Indonesia dianugerahi berbagai macam kearifan lokal yang satu sama lain mempunyai keunikan tersendiri. Negeri ini adalah negeri yang kaya akan budaya, adat, dan lain sebagainya. Semoga keutuhan negeri ini bisa terjaga selama - lamanya. Kalau ada saran, kritik dan tambahan, jangan sungkan - sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar. Sekian dulu thread dari ane. Jiak ada salah kata dan ucap tolong dibukakan pintu maaf yang sebesar - besarnya.

Quote:




Ane dengan senang hati menerima :cendolbig :cendolbig :cendolbig dan :rate5 :rate5 :rate5

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel