Ban Pecah karena Kekurangan atau Kelebihan Udara, Gan? Cek di Sini!

Sering ngalamin pecah ban, gan? Ane selama ini selalu ngira kalau ban pecah tuh karena kelebihan udara, tapi ternyata... cek jawabannya di artikel bawah, gan!

***

Ban Pecah karena Kelebihan Udara? Salah!


Keselamatan merupakan faktor utama saat mengemudi yang harus diperhatikan. Banyak hal-hal yang bisa terjadi yang dapat mengancam keselamatan kamu maupun pengemudi lainnya. Salah satunya adalah ban pecah yang kerap kali terjadi pada saat mengemudi. Lalu apakah penyebab ban pecah adalah karena kelebihan udara? Atau malah sebaliknya?

Ban Pecah karena Kekurangan Udara
Jika selama ini kamu beranggapan ban pecah karena kelebihan udara adalah anggapan yang salah. Ban pecah diakibatkan oleh tekanan udara yang kurang. Hal ini disebabkan oleh ban yang berlipat dan gesekan terus-menerus dengan aspal.

Sedangkan jika tekanan ban terlalu tinggi atau kelebihan udara dapat menyebabkan bantingan mobil yang terasa keras. Selain itu pengendalian mobil pun cenderung liar dan yang paling berbahaya adalah kemampuan pengereman akan menurun.

Selain itu yang harus kamu perhatikan mengenai ban mobilmu adalah berikut ini,
  • Benda-benda asing yang dapat merusak alur ban, seperti kerikil, paku, besi, dan sebagainya;
  • Bagian luar ban, apakah ada sobek atau retak;
  • Alur ban disarankan memiliki kedalaman alur ban 1,6 mm.

***



Mantul banget gan artikelnya! Selain ane tau jawaban yang benernya apa, sekarang ane juga tau gimana cara ngerawat ban. Kalau agan sendiri punya tips jitu nggak nih buat ngerawat ban?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel