Sosial Media, Tempat Dimana Keluarin Semua Masalah, Setuju?

Assalamu'alaikum wr.wb.

Selamat pagi siang sore malam kawan Kaskus sekalian



Baru - baru ini lagi heboh soal Jerinx SID vs Via Vallen. Semua awalnya gara - gara cuitan Jerinx SID di sosial media. Iya sosial media, dan langsung heboh dan adu argumen sana - sini sampe rame hingga gua buka portal berita mana - mana isinya itu wkwk.


Yang bakal gua bahas kali ini bukan masalah itu, tapi yang jadi pemicunya. Ya, mengeluarkan masalah ke sosial media. Pantas kah itu? Boleh kah itu? Boleh - boleh aja dan sah - sah aja, selama itu masih gak melanggar UU ITE. But, apakah itu pantas?


Gua rasa gak pantas. Alasannya sederhana, Kalo masalah pribadi, intinya cukup lo dan gue aja yang tau, orang lain gak usah tau. Simple kan? Masalah gak akan melebar kemana - mana dan keliatan lebih dewasa gak kaya bocil yang selalu share kegiatan yang gak penting mereka di sosmed.


Banyak artis yang mengeluarkan masalahnya di sosial media. Entahlah maksudnya apa, mau ceri sensasi bisa di bilang iya, males ketemu sama orang yang bersangkutannya, bisa dibilang juga iya, atau gak punya nyali ketemu orangnya secara langsung? bisa juga iya. Lu liat deh di TV - TV udah berapa banyak masalah yang terjadi gara - gara instastory, caption, cuitan, status atau foto yang di share para artis.


Misal si A punya masalah sama si B, terus dia langsung koar - koar masalahnya di sosial media, ngasih tau kejelekan si B yang belum tentu bener, etis kah itu? Harusnya selesaikan dengan cara yang baik - baik. Ketemu langsung dan bermusyawarah untuk mufakat dan menyelesaikan masalah.


Sepertinya budaya tersebut sudah hilang dari bangsa ini. Sila ke empat di pancasila seakan hanya omong kosong belaka yang gak pernah diterapakan dikehidupan sehari - hari, melainkan hanya di ucap pas upcara ketika sekolah dulu.


Bukan cuman dikalangan artis doang, selebgram dan bahkan orang yang sok ngartis pun demikian. Masih sekolah, buat instastory yang nyindir si B, dia kek cabe lah, atau pelakor lah. Terus si B tau, akhirnya ribut dan jambak - jambakan.


Atau contohnya ini



Gara - gara saling ejek di FB saling bacok? Anjir ngakak gua. Gara - gara masalah di facebook sampe - sampe ke RL gitu. Kenapa gak langsung aja selesain di RL gak usah panas - panasan di sosial media. Kesannya kaya gak punya nyali gitu.


Iya memang lu bisa ngeluarkan pendapat lu ke sosial media, tapi konteksnya yang bener gitu. Lu boleh kok kritik orang gimana - gimana, misal si Syahrini kurang cantik masih cantikan Siti Badriah, goyang dribel Duo Serigala kurang mantep, atau apa gitu. Tapi janganlah bawa masalah yang konteksnya pribadi ke sosial media.


Gua udah kasih tau di atas, kalo dasarnya itu masalah pribadi, cukup selesain sama orangnya. Gak usah sok - sok jadi orang yang tersakiti di sosial media, konteksnya bukan kaya cari simpati. Tapi ALAY.



http://bit.ly/2Tky0YT

Atau yang di atas itu. Kalian semua pasti udah tau. Masalah idola dangdut gua, Dewi Persik (aduh, DP cantik bener dah walau udah janda berkali - kali :genit) dengan keponakannya. Itu masalah keluarga lhoo, yang harusnya bisa di selesaikan secara kekeluargaan. Tapi, gara - gara salah satu pihak keluarin masalahnya di sosial media, semua orang pada tau masalahnya. Apa gak malu gitu masalah keluarga yang sebenernya jadi aib ini malah di umbar - umbar? Urat malunya dimana?


Smart lah dalam menggunakan sosial media, sosial media itu luas banget. Bayangkan banyak yang tau masalah pribadi lu sama si siapa gitu, apa gak punya rasa malu. Misal si A ngehamilin si B, si A gak mau tanggung jawab, terus si B curhat di sosial media. Gua udah gak tau deh kalo kasus yang itu kaya gimana.

Yang seperti itu seakan seperti bocah yang gak paham tentang kegunaan sosial media itu sendiri. Boleh lah lu curhat, tapi curhat biasa aja. Curhat soal hidup yang memotivasi banyak orang, kan dampaknya positif dan bagus buat lu juga. Orang - orang bakal berpikir kalo lu orang yang luar biasa, bisa memanfaatkan sosial media untuk tujuan yang positif.


Bijak juga dalam menggunakan sosial media, telaah mana yang buat konsumsi publik dan mana yang buat konsusmsi pribadi, masa masalah lu di hamilin si A lu mau di angkat ke sosial media, apa lu gak malu gitu sama orang yang baca atau gimana.


Tapi kan itu hak gua, gua bebas doang mau share apa aja di sosial media! Lu gak usah sok ngurusin idup gua deh tod!

Iya memang iya itu hak lu, gua cuman mengingatkan aja, apa masalah yang konteksnya pribadi mau orang lain tau? Inget sama urat malu, kalo urat malu lu udah putus sih yahh gak jadi masalah. Malah gua seneng liat orang lain perang di sosmed, ngakak aja wkwk. Sama aja kaya ngasih makan wkwk, kenyataanya drama di sosmed lebih seru daripada drama di sinetron wkwk.


Pesan dari gua, yaa seperti yang udah gua jelaskan di atas. Intinya kita harus bisa memilih mana yang buat konsumsi pribadi, mana yang buat konsumsi publik. Kalo memang lu ada masalah dengan si seseorang yang sifatnya pribadi, lebih baik langsung ketemu orangnya dan sampaikan masalah tersebut, selesaikan secara baik - baik, kan gitu enak.

Terima kasih sudah membaca thread yang isinya tulisan ga jelas gua. Wassalamu'alaikum wr. wb.

Sumber dari pemikiran sendiri, kalo gambar dari google.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel